February 26, 2013

Alergi Eropa

dalam rangka menindak lanjuti posting dibawah..jd kira2 begini kronologisnya..

rabu, 20 feb 13
ci uud, balik dr kantor tau2 langsung demam panas dingin. berasa demam biasa, jadilah abis makan cuma dikasih obat demam. malemnya masih demam, tp menjelang subuh..badan udah oke lagi..

kamis, 21 feb 13
gw yg lg muter2 urus bahan pertukangan, di telpon ci uud. dy mau balik cepet n minta gw langsung anter ke dokter. begitu sampe di UGD RS Premiere Jtnegara, cek suhu..ternyata udah 38,5 ajeeeh! dokter nyuruh cek lab krna ada indikasi ke arah DB atau tipus. malemnya, menggigil bukan main..

jumat, 22 feb 13
bangun pagi, segernya gak ketulungan. kayak orang gak sakit. dan dengan PDnya nyiap2in apa2 yg kelupaan dimasukin ke koper. telpon2 temen kantor, tanya soal bagasi buat ke swiss, jadwal berangkat, dkk. intinya muka udah hepi bgt bsk mau terbang ke swiss.

ternyata eeh, ternyata.....malemnya menggigil lebih parah dr sebelumnya. gigi sampe bunyi. tidur jg gak nyenyak. skitar jam setengah 4 gw kebangun, ci uud lg duduk di kasur. pas di tanya knp cuma bisa pusing. gw ajak baring lagi. gak lama, ci uud bilang "de, aku gak kuat. ke UGD skrng yuk.."

sabtu, 23 feb 13
sampe UGD ci uud langsung cek suhu, tensi, ambil darah. suhu badannya sama, 38,5. trus akhirnya disuruh rawat inap. masukin infus, gw urus kamar..langsung uud pindah kamar. paginya dapet hasil lab, ternyata trombositnya jd 122rb (normal minimumnya 150rb). dr lab, ketauanlah klogejala2nya ci uud cinderung ke arah DB.

siangnya, ci uud seger lagi. gak brenti2 gw suruh minum air putih. di tambah lagi, si uni slalu kirim makanan + jus. jadilah makin napsu makannya. makanan yg di kasih di RS sama skali gak di makan. paling cuma formalitas aja di cuil2..makin malem ci uud makin seger. gak betah di kamar, mondarmandir keliling koridor RS. dan ci uudpun udah bs tidur dengan damai. sama skali gak demam.

fyi, pesawat ke swiss..terbangnya hari ini, sabtu 23feb jam 8.30 malam..

minggu, 24 feb 13
jam 7an pagi, infusnya ci uud udah abis. begitu hasil lab keluar..trombositnya naik drastis jadi 142rb. dan sperti yg udah di janjiin dokter, kalo hasil lab trombositnya ada kenaikan yg signifikan, ci uud boleh pulang. jadilah, ci uud pagi itu jg udah di perbolehkan pulang...

senin, 25 feb 13
hari senin pagi, abis mandi baru gw n ci uud ngeh kalo ada ruam2 pink di badannya ci uud. awalnya kita kira alergi sama antibiotik yg di suruh minum setelah di rawat. lapor lagi ke UGD, n kita disuruh dateng lagi untuk di observe lebih lanjut. akhirnya, ketauanlah klo ci uud skarang sakit rubella. ato klo bahasa awamnya campak jerman!


pas gw tau klo ci uud kena campak jerman gw cuma mesem2 ajah. sedih bener laki gw. udah gak di ijinin ke swiss gratis..di kasih campak jerman pulak. hahahahaaa...!!! tp alhamdulillah skrng udah sembuh. dan kayaknya emang udah kodratnya ci uud gak boleh ke eropah...hihihii :p

love you sayang...

February 21, 2013

50:50

bulan ini, ci uud full melala keluar jakarta buat meeting. sebulan 3x! awal bulan ke bali, tengah bulan ke palembang n minggu ini dy ke swiss!! gw? yaaaa, jaga kandang! rese bgt itu kantor, masa istrinya di tinggal2 muluk?! 

rencananya, hari sabtu ini ci uud terbang ke swiss. eee, kemarin..pulang2 badannya panas dingin. bandel gak mau di bawa ke dokter, n kekeh buat masuk kantor. tp akhirnya pulang cepet n langsung ke dokter. panasnya 38,5 aje sodara2 sekalian. menggigilnya makin gak karuan. belon sampe swiss udah menggigil..! dokter blm bisa mastiin penyakitnya apa, bsk baru di check lab. ada indikasi bakteri atau tifus. tp mudah2an gak kenapa2..masalahnya yg lg sakit tetep ngebet terbang ke swiss -__-


naaaah, yg begini hal baru buat gw. slama 5bulanan ini kita nikah alhamdulillah baru kali ini ci uud sakit yg bikin gw senewen macem gini. gw sempet bingung 'gimana ini rawat orang sakit?!' di keluarga gw, hampir gak pernah sakit yg gimanaaaa gt..jd gak paham mesti gimana2nya..

gw sempet clingak-clinguk "okee ica, apa yg mesti lo lakuin??" gw malah sempet bingung mesti ngapain pas masuk bilik periksa IGD. tarik napaaas.....n let it flow! alhamdulillah, skrng ci uud panasnya udah turun 0,3derajat! mudah2an gak kambuh lagi. ini kali pertama gw ngurus orang sakit. ternyata susah2 gampang. sebenernya tugas intinya cuma 1; 'gimana caranya kita bikin si sakit senyaman mungkin jd dy gak ngerasain sakitnya..' mudah2an gw lulus ujian yg satu ini..

dan.....pertanyaannya adalah : "jadikah ci uud ke swiss??"

February 18, 2013

{kakakecil} PCO n The Diet

sebelumnya gw pernah posting soal perkembangan proses gw ngedapetin ci kakakecil di sini & di sini. br bbrapa hari lalu, gw yg bener2 googling soal 'kelainan' yg ada di gw ini. dan, posting ini gw dedikasikan buat perempuan2 diluar sana yg sama2 ter-vonis PCO..semoga bermanfaat ya :)

PCO ituuu....
klo bahasa ribetnya 'gejala anovulasi kronis'. klo bahasa gw-nya 'gangguan kesehatan wanita yg mempengaruhi kesuburan si penderita'. menurut mbah google, perbandingannya di setiap 20 wanita kemungkinan ada 1 wanita penderita PCO. btw, PCO itu gak kenal usia. bocah msh smp klo gak bisa ngontrol makan, bisa PCO dy..

penyebabnya....
ketidakseimbangan hormon. knp bisa gak seimbang? 1. karna faktor keturunan dan 2. karna faktor makanan. kalo kebanyakan makan makanan yg enak2 (mengandung karbohidrat tinggi), jd punya insulin (hormon yg menatur perubahan gula, pati & makanan lainnya menjadi energi) yg berlebihan. karna insulin banyak, ituuu yg bikin produksi androgen (hormon laki2) meningkat..

gejalanya....
beda2 di tiap perempuan..tp mencakup :

  • infertilitas > na'udzubillah min dzaliq...! insya allah enggak..!
  • mentruasi gak teratur > ini yg lg di obatin. mudah2an gak berkepanjangan
  • pertumbuhan rambut yg berlebihan pada wajah, dada, perut, punggung, dll > ada rambut, cm gak lebay :)
  • kista > udah di cek. alhamdulillah enggak ada.
  • obesitas, ekstra di pinggang. > naaaaah..obesitas si enggak, cuma emang kelebihan aja...hihihi.
  • adanya pola penipisan rambut > rasanya enggak ada :)
  • kulit pd leher, lengan, payudara atau paha lebih tebal > gimana cara ngebedainnya??
  • adanya kelebihan kulit pada ketiak & leher > kayaknya baik2 aja..
  • sering nyeri panggul > kayaknya enggak pernah..
  • suka cemas/depresi > aaaah, bukan gw ini mah..
  • mengalami sleep apnea (berhenti bernapas sejenak saat tidur) > gak tau klo yg ini...

cara ngobatinnya...
fyi, PCO itu gak ada obatnya sodara2...!! kalaupun dikasih obat, lebih kepada obat diabetes (nahan kadar gula) n obat kesuburan, yg sifatnya seperti vitamin untuk memicu datangnya haid. sisanya...kembali lagi ke lifestyle...! *yg begini niih yg susyeeeh -___-!

makanan2 yg mesti di hindari penderita PCO,
  • makanan berkarbohidrat buruk. nasi putih, tepung, roti putih, dll
  • sayur & buah yg mengandung zat tepung : kentang, pisang, jagung, dll
  • makanan awetan yg banyak mengandung gula : softdrinks, permen2..
  • buah kering! penderita PCO mesti makan buah segar..
  • say no to semangka!
  • makanan berprotein tinggi (hewani & nabati), seperti daging merah, susu & keju..keturunannya kedelai
  • stop ngopi2..
makanan2 yg bagus di konsumsi penderita PCO,
  • banyak minum air putih.
  • sayur & buah segar. yg tidak mengandung zat tepung yg tidak terlalu manis. 
  • gandum.

intinya adalah....
benerin lifestyle. makan yg sehat2 n olah raga. tapi kalo kata dokter gw pas di tanya ada pantangan makanan apa enggak "gak ada...yg penting jgn stress!" bener jg dokter gw bilang, perempuan kn klo stress jadi gila makan. apaan aja jg di embat. ngajarin jg buat berpasrah diri sama Allah. yaaaa..anggep aja ini salah satu ujian pernikahan. Allah knows best! positive thinking itu obat yg mujarab loooh. 

tetep semangat ya.....siapapun disana yg senasib :p

February 8, 2013

icavin's on sketch!!

dr beberapa temen blogger gw yg senasib *sama2 kewong dlm waktu dekat* cuma sama nanda yg akhirnya temenan di fb. pas lg iseng buka fb, nongolah tuh upload-an si nanda di timeline. trus gw comment, minta contact person yg bikin *bikin apaan?? tunggu duluuuu...* eee, si nanda bales "itu aku yg bikin ca, mana kalo ada fotomu yg aku jiplak.." waaaaa, gak bakal gw sia2in kesempatan kayak gini!! dengan segera gw cari foto gw n ci uud yg paling kece *msh jaman pacaran, badan singset, muda lonjong!* langsung gw email ke nanda..

tadi, dapet email balesan dr nanda, dan inilah isinya..



"hihihiiii, sukaaaaa bgt! aciiih ya nandaa. muach muaaach!!"