December 10, 2016

belajar jepang | Greetings in Japan

greetings ato yang Bahasa Indonesianya adalah salam, ini selalu yang pertama kali diajarin sama seluruh guru bahasa, bahasa apapun. karena itu cikal bakalnya percakapan. naah, gw mau share disini greetings ala Jepang yg menurut gw biasa dipake sehari2, jadi gak cuma selamat pagi sampe malem. 

tapi gw mau kasih info dulu soal culture di Jepang pas ketemu sama orang. membungkuk ato Ojigi ( お辞儀 ) semacam tatakrama yang paling crucial di Jepang, diajarin dari kecil. dan dari beberapa nara sumber yang gw baca. orang2 Jepang membungkuk bukan cuma asal bungkuk. tujuan, maksud dan perkiraan derajat bungkuk-nya juga ada arti.

anggukan kecil. kira2 5derajat lah.. biasanya kalo ketemu trus mau say hello sama temen / keluarga / orang2 di lingkungan kita yang emang udah kenal lama. jd ini anggukannya cuma kepalanya doang yg nunduk, bahu ke bawah tetep di tempat.  

bungkuk salam ( eshaku | 会釈 ) , kira2 15derajat, mulai dari yang ini bahunya ikut nyondong. biasanya dipake kalo mau salam sama temen / senior / keluarga / temen yang kita kenal, tapi gak deket2 amat. bungkuk hormat ( keirei | 敬礼 ) , kira2 30derajat. ini bungkuk versi formal. biasanya dipake kalo ketemu orang yg dituakan / boss. bungkuk hormat tertinggi ( Saikeirei | 最敬礼 ) , kira2 45derajat. yang ini dipake kalo lagi minta maaf. dan biasa juga sebagai penghormatan kepada Kaisar Jepang.

salam yang paling sering di pake ;
  • hello : konnichiwa (こんにちは ) -- juga dipake buat ucapan selamat siang
  • hello : moshi moshi ( もしもし ) -- cuma dipake pas angkat TELPON!
  • selamat pagi : ohayou gozaimasu ( おはようございます )
  • selamat sore  : konbanwa ( こんばんは )
  • selamat malam : oyasuminasai ( おやすみなさい )
  • selamat datang : irasshaimase ( いらっしゃいませ )
  • bye : sayounara ( さようなら )
  • terima kasih : arigatou gozaimasu ( ありがとうございます )
  • terima kasih kembali : dou itashimashite ( どういたしまして )
  • permisi : sumimasen ( すみません )
  • maaf : gomenasai (ごめなさい )

trus lanjut ke percakapan perkenalan sederhana ;
  • A: perkenalkan, saya Ica. senang berkenalan > hajimemashite. Ica desu. douzo yoroshiku. > はじめまして。わたしはイチャです。どうぞよろしく。
  • B: saya Suzuki. senang berkenalan. > watashi wa Suzuki desu. douzo yoroshiku. > わたしはすずきです。どうぞよろしく。
ato bisa juga 
  • A: siapa namamu? > anata no namae wa nan desu ka. > あなたのなまえはなんですか。
  • B: saya Ica. saya orang Indonesia. > watashi wa Ica desu. watashi wa Indoneshiajin desu. > わたしはイチャです。わたしはインドネシアじんです。

yang lain2nya ;
  • iya : hai ( はい )
  • tidak : iie ( いいえ )
  • apa kabar? : ogenki desu ka ( お元気ですか )
  • sampai ketemu lagi : jaa maata ne! ( じゃあまたね !)
  • semoga berhasil / semangat! : gambatte ne! ( 頑張ってね )
  • have a nice meal ( klo gini, bahasa-nya apa? mari makan?! ) : itadakimasu ( いただきます )
  • ini harganya berapa? : kore wa ikura desu ka ( これはいくらですか )
  • sekarang jam berapa? : ima, nan jin desu ka ( イマなんじですか )
  • toiletnya ada dimana? : toire wa doko desu ka (トイレわどこですか )
  • ayo pergi! : ikou! ( いこう! )
  • saya tdk bisa berbahasa Jepang : watashi wa nihongo wa dekimasen ( わたしはにほんごはできません )
  • apa kamu bisa berbahasa inggris? : anata wa eigo ga dekimasu ka. ( わたしはえいごができますか )

sementara ini dulu yaa.. bhay!
じゃあまたね!

No comments:

Post a Comment

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^