December 27, 2016

homemade | Tuna Kimchi Stew

gegara bertaun2 nonton Running Man (yang taun depan udah gak ada T-T.. kesel gw!), gw jadi demen sama yang kekorea-korean. dari drama sampe ke makanannya bikin gw penasaran. satu yang gw acungin jempol buat orang2 Korea sana. mereka sangat menghargai makanan (kalo yang gw liat di tv yaaa..)! dan bener siiih, beberapa masakan Korea yang pernah gw coba, enak2 emang..

dan Kimchi, entah kenapa gw doyan. padahal beberapa orang di sekitar gw gak nemu enaknya Kimchi. yang biasanya nasi putih + telor ceplok + kecap udah enak banget, kalo di tambah Kimchi makin sedep. sumpah gak boong!


beberapa kali gw nonton, orang Korea sana seneng banget masak Kimchi Stew. dan gw-pun penasaran. ternyata bikinnya gampang..

bahan :
  • 150 gr kimchi
  • 2 sdm minyak wijen
  • 1 kaleng tuna kaleng (yang di rendam minyak)
  • tahu kuning (ini tambahan aja, ngabisin yang ada di kulkas.. hehe)
  • 240 ml air putih
  • 4 siung bawang putih, iris halus
  • 1 sdt gochujang 
  • 1 sdt cabe bubuk
  • daun bawang secukupnya, iris
  • garam - gula sesuai selera
cara membuat :
  1. panaskan minyak wijen, tuang Kimchi dan tahu. masukan minyak tuna kalengan.
  2. masukan daging tuna kaleng. irisan bawang putih. aduk rata.
  3. setelah bau bawang putih sudah keluar, masukan air putih, gochujang dan cabe bubuk aduk rata.
  4. masukan garam - gula. ketika mulai mendidih, masukan irisan daun bawang. test rasa.

jadi deh! makannya pake nasi putih. digadoin juga enak kok. 

kalo ada yg gak tau gochujang itu apa, itu bumbu yang gw rasa paling penting di Korea. gochu artinya cabai. jang artinya bumbu. bahan utamanya beras ketan dan bubuk cabai yang difermentasi. tapi biar di kata cabe, menurut lidah gw sih gak ada pedes2nya. cenderung ke pedes manis. 

kalo belinya dimana. di Bali sih kebeneran banyak market Korea-Jepang jadi cukup gampang carinya. kalo di Jakarta, yang gw tau cuma di Lotte. di tempat lain gw paham deh...


okelah kalo begitu.. selamat mencoba yaaa :)

2 comments:

  1. AAAAAAAAkhhh akhirnya ada resep bikin kimchiii yg gampang dibaca dan sepertinya mudah dibuat nya hahaha .. aku juga suka bgd kimchi inihhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehee.. kalo koki rumahan kelas abal2 kayak gw mah maennya yang gampil2 Qiah.. hahahaa

      Delete

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^