February 17, 2017

Antara Juventus atau PSSI

..pic taken from google..

Tadi gw browsing ngalur ngidul disalah satu portal berita. Ada satu hal yang menarik perhatian. Gw baru tau aja loh ada kiper Juventus keturunan Indonesia. Blesteran Lombok - Italy. Namanya Emil Audero Mulyadi. 

Karena gak nyangka, akhirnya gw browsing lebih dalam soal dek Emil ini. Jadiii, tahun lalu seorang Emil yang dielu-elukan banyak orang Indonesia karena jadi salah satu kiper Juventus, tahun ini Emil dinyinyirin habis-habisan sama banyak orang Indonesia karena nolak pas diajak gabung sama PSSI.

Hmmmm.. heloooooowww, ya iya laaaaaaah..!! 

Jadikan PSSI makin kesini makin membaik tuuh.. dalam rangka dinaturalisasi Timnas Indonesia buat U-22, mereka nyari pemain-pemain bola keturunan Indonesia. Naah, pas PSSI nawarin Emil buat masuk Timnas Indonesia, dia nolak. Kalo kata bapaknya Emil, Edi Mulyadi, "Emil lebih memilih untuk menjadi warga negara Italia. Dan dy udah masuk Timnas Italia buat olimpiade Jepang nanti." langsung deh pada ribut orang-orang..

Bingung gw, orang tuh kalo udah nyinyir.. buseeeng, kayak dia yang paling bener sedunia. omongannya macem-macem, dari yang "Kacang lupa kulitnya", "Penghianat bangsa""Skill cemen" dll. Duuuh, ibu-ibu bapak-bapak.. ini orang yang sama loh yang tahun lalu mungkin anda-anda yang nyinyir sekarang ikutan muji dia..

Salah emang kalo Emil lebih milih jadi warga negara Italia dibanding Indonesia? 

Salah emang kalo Emil lebih milih berkarier di Juventus dibanding PSSI?

Yang bilang 'penghianat bangsa', liat dari perspektif sebelah mana coba? Emil emang blesteran Italia (ibunya) - Indonesia (bapaknya). Dan dari yang gw baca soal UU status hasil anak dari perkawinan campuran, kalo setelah si anak udah berumur 18tahun.. dia yang tadinya berkewarganegaraan ganda harus milih salah satu negara asalnya. Di kasusnya Emil, dia harus milih Italia ato Indonesia. 

Dan saat Emil milih Italia. Itu SAH! Maksud gw, emang dari UU-nya udah ngebebasin buat milih. Naaah, kenapa pada ribut?! Negara yang Emil pilihpun emang negaranya dia keleeeuus..!! Mungkin kata-kata 'penghianat bangsa' lebih nyambung kalo kasusnya kedua orangtua Emil sama-sama orang Indonesia, terus emil lebih milih jadi warna negara Italia demi masuk Timnas-nya dibanding PSSI.

Soal PSSI dan Juventus, gw yang orang awam soal bolapun, pasti bakalan milih Juventus. Kenapa? yaaaa.. Juventus gituuuu, perlu dijelaskan dengan kata-kata kah?! 

Hmm, tapi gimana kalo kita ganti topiknya ke yang lebih luas. Soal berkarier di luar negeri. 

Kebeneran ada beberapa dari keluarga dan temen gw yang tinggal dan kerja di luar negeri. Dan mereka lebih milih tetep tinggal di negara tersebut daripada harus kembali for good ke Indonesia. Ada banyak hal yang memberatkan mereka buat tinggal di Indonesia. Terutama soal profesionalisme, kebiasaan masyarakat, dan tetek bengek lainnya.

Simplenya deh, soal kerjaan. Udah pasti dapet gajinya sedikit dibanding tempat kerjanya di luar negri. Soal aturan ketenagakerjaan-nya pun lebih jelas dan lebih manusiawi dibanding Indonesia. Kalo ada yang melenceng dengan gampangnya si korban bisa 'ngadu' ke pemerintah. Yang kemudian pemerintah-nya bakal ambil tindakan. Kalo kata sodara dan temen gw.. selama kita berkarya, kerjaan bagus.. orang-orang bakal ngeapresiasiin kita. 

Soal kebiasaan masyarakat, yaah.. ini mah pasti yang baca mengakui. Gak usah jauh-jauh ke negeri antah berantah macem di Eropa ato Amerika. Singapore aja yang deketan. Kurang cakep apa coba itu negara? Bersihnya ampun. Warganya taat hukum luar biasa. Coba bandingin sama kita yang orang Indonesia?

Kebanyakan dari orang Indonesia (gw bilangnya kebanyakan loh yaaa.. gw gak pukul rata. tapi justru orang-orang yang kebanyakan ini yang nutupin sebagian kecil orang Indonesia yang berperilaku proaktif demi kemajuan bangsa) masih doyan nyampah! Masih sering gw liat orang di mobil depan gw buang sampah ke jalan. Maen lempar aja gitu. 

Tapi, yang lebih dikeluhkan sama temen dan keluarga gw adalah.. soal kebiasaan basa-basi yang kepo. trus kalo ternyata jawaban dari pertanyaan basa-basinya gak sesuai sama pendapat mereka jadi panjang kemana-mana.. nyahaha, kalo denger gini gw tawain aja udah. Same here, i am a victim also..

Gw rasa, saat WNI lebih milih tinggal dan kerja di luar negeri.. alasannya satu. Karena itu pilihan yang lebih baik.

Adek gw. Sekarang kuliah di Jerman. Kenapa bokap dengan sangat ngedukung dan merelakan adek gw buat kuliah di Jerman? Yaa.. karena lebih baik. Mau UI *no offence* sekalipun, saat ada yang nawarin buat kuliah di Jerman.. pasti universitas di Jerman lah yang dipilih. Iya kan?!

Pesannya adalah, teruntuk the-nyinyir-es.. ayolaaah, gimana kalo kita sama-sama belajar buat menilai sesuatu dari berbagai macam perspektif. Kubus, punya 6 sisi.. biar bentuknya sama, tapi gak fair kalo lo cuma liat dari satu arah. Jangan posisi kubusnya yang lo pindahin.. tapi lo yang pindah. Lo akan ngeliat kubus dengan background yang berbeda di tiap sisinya. Ngerti kan maksudnya..


Jadi.. jadi.. jadi... lumrah aja kan kalo Emil lebih milih Juventus..?!

No comments:

Post a Comment

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^

< > Home
icavin.etc © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.