April 19, 2018

wheretogo - Yogyakarta | 6 days Itinerary

Gak nyangka gw, akhirnya jadi juga gw dan beberapa temen sepergeng-gongan jalan-jalan ke Yogya. Ternyata ada juga temen gw yang tipe-tipe traveling berencana gini.. aaaah, hepii akoooh. Kita ke Yogya berempat plus satu bayi. Yup, bayi 6 bulan. Maka dari itu kita gak jadi turis yang ambisius. Pokoknya si bayi musti nyaman dulu selama perjalanan.

DAY 1

AYAM GORENG SUHARTI
Hahaha, padahal mah di Pramuka juga ada. Tapi kaaaan, di Kupang gak ada!! Gegaranya kita kan pakai flight malam di hari partama, sampai Yogya laper luar biasa. Pas lagi browsing-browsing.. terpampang nyata di depan mata plang 'Ayam Goreng Suharti' segitu gedanya. Ya udah aja, “Suharti aja apa?!” Ya udah deh, belok. Temen-temen gw anaknya gampangan emang.

Pas mesen, temen gw lagu-laguan “Nasi 3, ayam setengah aja lah ya.. udah malem.” Ngamuk gw. “Noooo.. 1 ekor!” Setengah jam kemudian, temen gw bilang “Untung pesen 1 ekor yaa..” sambil cengengesan.

DAY 2

KOPI KLOTHOK
Lokasinya di Kaliurang, dan emang menurut mbah Google, dari semua kedai kopi klothok.. yang inilah yang rekomen, alias no.1 nya. Well, kalo soal tempat.. okelah yaa. Dapet suasana pedesaannya. Tapi kalau di rasa.. sorry sorry maap nih yaa, B aja Sis!

MUSIUM ULLEN SENTALU
Kelar sarapan lanjut ke The Famous Museum in Yogya, Ullen Sentalu Museum. Cerita detailnya menyusul yaa, gw bikin postingan tersendiri.

RESTORAN JEJAMURAN
Dulu, sekitar 4 tahunan yang lalu gw pernah ke Restoran Jejamuran.. pas kemarin kesana lagi, wuiihhh.. geda banget sekarang. Sekarang rasanya udah bisa nampung ribuan orang.. dulu mah boro-boro, musti ngantri berlama-lama dulu.

Seinget gw rasanya gak berubah dari waktu gw dating pertama kali. Tetap enak. Yaa, walau gak pakai banget.. tapi gw tetep ngerekomendasiin Restoran Jejamuran buat didatengin.

JEEVA
Awalnya sempet bingung mau makan malem dimana. Browsing-browsing, cari-cari di IG.. akhirnya kita mutusin buat ke Jeeva. Dan Alhamdulillah pilihan yang tepat. Semua menu yang kita pilih gak ada yang failed.

DAY 3

Setelah sarapan sekedarnya di hotel, kita langsung jalan ke airport.. jemput kloter terakhir yang dateng. Habis itu langsung lanjut ke Solo buat makan siang! Kelewat niat emang cewek-cewek ini tanpa supir lagu-laguan lunch di Solo. Tapi mah, don't worry.. rasanya kayak Jakarta-Bogor kok. Jalanan aspal lempeng.. kira-kira satu setengah jam sampai.

RESTORAN KUSUMA SARI
Malam sebelumnya kita sempat telpon-telponan sama salah satu temen kita yang gak disangka-sangka orang Solo. Menurut dia Selat Solo yang endeess itu di Kusuma Sari. Ya udah aja kita kesana, secara si orang-orang Jakarta ini kan gak pernah makan Selat Solo selain pas lago kondangan.

SURABI NOTOSUMAN
Yang ini hukumnya wajib kalo ke Solo. Sumpah enak banget! Apalagi pas masih anget.

CANDI RATU BOKO
Di Solo, bener-bener buat makan siang sama beli oleh-oleh. Habis itu lanjut balik ke Yogya, mumpung searah kita belok dulu ke Candi Ratu Boko dan sunsetan di Candi Prambanan. Tapi berhubung kemarin itu langit sorenya berawan banget.. ya udah aja kita lanjut sampai menjelang magrib di kawasan Candi Ratu Boko. Cerita detailnya gw bikin postingan tersendiri yaa..

captured by : Timeh Harahap

ANGKRINGAN LIK MAN
Setelah dibrowsing-browsing, Angkringan Lik Man itu angkringan yag paling famous se-Yogya. Yaudah aja kita makan malem disini. Kalo di lidah gw sih B aja, gw kesini cuma mau foto kopi jossnya aja sebenernya.. hehe.

DAY 4

GUDEG BASAH BU MANDEK
Sehabis check out, kita langsung cari sarapan. Berhubung selama di Yogya belum makan Gudeg, kita cari Resto Gudeg yang paling dekat sama hotel. Dan Alhamdulillah rasanya cukuplah buat obat kangen.

TAMAN SARI
Selesai sarapan langsung ke Taman Sari. Puas banget kita disana. Ada kali tuh kita muter-muter, foto-foto sampai 3 jam-an. Cerita lanjutannya di postingan selanjutnya yaa..

TEMPO DEL GELATO
Yup, musti banget kesini. Gelato paling hits di Yogya. Pas gw lihat pilihan rasa es krimnya, ngingetin gw sama Gusto Gelato di Bali. Jadi enak mana sama yang di Bali.. kalo gw sih, masih enak yang di Bali. Hehehee..

CANTING
Hari ke-empat, pas banget sama ulang tahunnya Medina. Jadideh kita makan di resto yang cakepan di Yogya. Review di postingan selanjutnya yaa ^^

DAY 5

HAYATI COFFEE
Pagi-pagi dengan niatnya kita skip sarapan di hotel dan langsung jalan menuju Ayam Geprek Ibu Made. Sengaja banget si Ibu Made ini ditaruh di hari terakhir, save the best for last ceritanya. Lahhh, sampe sana tutup!! Asli keselnya luar biasa. Ya udah aja kita ke hayati Coffee yang kebeneran emang gak jauh dari Ibu Made.

Alhamdulillah gak mengecewakan. Reviewnya menyusul yaaa..

KEBUN BUNGA MATAHARI PANTAI GLAGAH
Again, keniatan yang sungguh luar biasa. Selesai dari Hayati Coffee kita lanjut kearah Bantul. Yang ternyata jauh, sekitar 2 jam perjalanan. Tapi kan yee, demi foto kece ya udah aja kita bablas, karena pikir kita pun sehabis itu akan lanjut sunsetan di Queen of The South.

Sampai Kebun Bungan Matahari, ternyata gak banyak bunga yang lagi mekar. Tapi untungnya foto bisa menipu. Cerita lengkapnya di postingan selanjutnya yaa ^^

Lalu Queen of The South-nya? BATAL! Gak disangka ternyata dari Kebun Bunga Matahari masih ada 3jam lagi. Salahnya kita, pas lihat di Maps, gak dizoom.. jadi kesannya deket. Pas dizoom.. ternyata masih 3 jam perjalanan lagi Sis. Ya udah aja balik ke kota Yogya.

Tapi sebelumnya kita mau mampir ke Bakso Goreng Ibu yang kebetulan ada di Bantul.. cuma aja info yang ada gak banyak, jadilah kita nyasar-nyasar. Gw yang nyetir.. udah kesel gak dapet Ayam Geprek Bu Made.. makin kesel lagi gara-gara Bakso Goreng.

AYAM BUMBU RUJAK PAK SHOLEH
Akhirnya kita makan malam di Ayam Bumbu Rujak Pak Sholeh. Untung enak.. kalo enggak hari itu gw bakalan judes seharian kali tuh.. hahahaaa. Untung gw barengan sama temen sedari TK, jadi ya mereka bodo amatan mau gw judesin kayak apaan juga. Hihihi..

DAY 6

Hari terakhir, kita gak ngapa-ngapain.. tinggal tunggu pulang aja. Sarapan bareng, ngaso-ngaso di pinggir kolam, cipak cipuk imut sambal tunggu gocar masing-masing buat ke airport.

Gw, berhubung gak dapet tiket pulang ke Kupang hari Minggu.. jadi gw extend sehari lagi, dan balik Kupang Senin pagi.

Jogja, biar udah kesekian kalinya didatengin.. tapi kalo datengnya sama sahabat rasanya beda.
Well, see you in the next trip bu-ibuuu.
Muacchh!

All photos and posts are MINE. Do not use them without my permission.
Kalo mau pake foto / artikel gw, permisi dulu sama yang punya ya. Be smart!