May 9, 2019

wheretostay | East Nusa Tenggara - Utopia Rote Lodge, Rote Island

Sebelumnya, nonton ini dulu..



Pas dapet tiket ke Rote, Uud langsung booking Utopia Lodge. Udah kesemsem sama hotel ini dari berbulan-bulan sebelumnya, cuma aja kesempatan gak datang-datang. Dan untungnya pas Uud coba hubungi, Alhamdulillah masih ada sisa kamar.

Sampai Utopia Lodge pas matahari sudah turun, capek gegara motoran sejam akhirnya kita mutusin buat makan malam di hotel. Sebelumnya kita diantar sama Aimon (owner) ke kamar sambil dikasih beberapa penjelasan soal kamar kami. Dan gw, awalnya agak ngeri sama gara-gara gak ada pintu dan jendela sama sekali. Udah gitu, kebetulan kamar kita di malam pertama lumayan jauh dari area penerimaan.

Tapi setelah gw melihat dan meresapi lingkungan sekitar, gak seseram itu juga kok. Takutnya lo bakalan hilang sama angin sejuk dan cahaya bintang yang bertebaran di langit. Plus, karena gw dan Uud kesana pas bulan purnama.. malam itu jadi terang.




Bangun pagi, sebelum gw dan Uud jalan-jalan.. kita sempetin buat keliling hotel. Selayaknya hotel pada umumnya, tetap ada area buat nongkrong kayak cafe, kolam renang dan balkon besar untuk menikmati sunset. Menuju area-area di atas kita lewatin taman yang ditata sedemikian rupa.

Jadi konsep dari hotel ini tuh membumi banget. Semuanya kembali lagi ke alam. Di area hotel ini lo gak bakalan liat kabel listrik melintang dari tiang ke tiang. 100% pakai tenaga matahari. Bahkan senter malamnya pun harus kita charge tiap hari. Penghawaannya juga alami, gak ada AC. Tapi yang paling canggih mah kamar mandinya. Tapi gak gw jelasin di paragraf ini.




Malam kedua, kami pindah kamar ke kamar paling depan. Nama kamarnya Pride Rock Suit. Tepat di pinggir tebing dan menghadap ke laut. WOW deh pokoknya! Sebenarnya di kamar ini juga ada semacam bale-bale, cuma gak kefoto karna berantakan terus sama kita.


Gak cuma kamarnya aja yang tak berpintu tak berjendela. Kamar mandinya pun juga. Walau sebenarnya sudah banyak hotel yang pakai konsep seperti ini tetap ada yang bikin wow. Pertama, air panasnya. Air panas yang digunakan, pemanasnya bukan berasal dari panel surya. Tapi dari mataharinya langsung.

Gw dan Uud sempat diajarin konsep dan eksekusinya gimana, dan kita pun terkagum-kagum. Karena benar-benar alami, jadi suhu dari air panasnya pun tergantung dari cuaca di hari itu. Semakin malam kita mandi, hangatnya pun semakin gak berasa.

Kedua, toiletnya. Segala toilet di hotel berbintang kejora di luar sana, gak ada apa-apanya dibanding toiletnya kamar gw dan Uud.


Nah ini dia toiletnya. Yup, sesimple itu. 

Buat temen-temen, jangan komen yang negatif dulu kalo lo belum pernah menikmati toilet ini. Sumpah, ini tuh kenikmatan yang gak dikasih dari hotel manapun! Bayangin, lo melalukan apapun yang lo lakukan di toilet itu sambil memandang samudera dengan ditemani suara alam. 

Terus itu flushnya gimana? Cukup 2 centong aja sodara-sodara.

Bukan 2 centong air, tapi 2 centong serbuk kayu. Jadi setiap kamar mandi di hotel ini disediakan 1 wadah yang berisi serbuk kayu. Serbuk kayu sebagai pengganti air untuk ngeflush. Sesuai dengan konsep hotel ini, jadi serbuk kayu yang ditaburkan semacam media yang membantu pembentukan pupuk.


Tenang, yang mempertanyakan soal aroma.. gak ada aromanya sama sekali. Gak bakalan ada bau-bau tak sedap menyebar ke penjuru kamar. Mungkin di serbuk kayu ini juga berfungsi sebagai penghilang bau.

Pupuk yang dikumpulkan, memang dipakai untuk keperluan kebun hotel. Bukan cuma bangunannya, tapi semua bahan masakannya pun tumbuh dengan alami tanpa pestisida. Jadi bener-bener sehat. Gw si penyuka makanan tak sehat ini ternyata sangat menikmati semua menu yang disajikan Utopia. Yang pikir gw gak enak bisa jadi enak disini. 

Our kind of breakfast.

Di post sebelumnya gw ada mention kalau sunset's spot terbaik di Pulau Rote adalah di kamar kami. Dan itu bukan hoax sodara-sodara. Alhamdulillah saat itu gw lagi ada di tempat yang oke dengan cuaca yang pas dan dengan orang yang tepat. Nikmat mana lagi yang mau didustakan?



Buat teman-teman yang mau ke Pulau Rote, Utopia Lodge rekomen banget. Ya memang siih, kayaknya yang bakalan nyaman dengan hotel ini tipe yang senang alam. Tapi seenggaknya coba deh mampir buat lihat sunset atau sekedar makan malam. Soal harga, mungkin rasanya kemahalan untuk hotel yang "cuma gitu doang", tapi sekali lagi.. coba dulu, baru komen. Karena kami, kalau ada kesempatan ke Pulau Rote lagi.. pasti bakal ke Utopia Lodge lagi.

Thanks for your hospitality Kim & Aimon!



**
All photos and posts are MINE. Do not use them without my permission.
Kalo mau pake foto / artikel gw, permisi dulu sama yang punya ya. Be smart!

No comments:

Post a Comment

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^

< > Home
icavin.etc © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.