May 29, 2018

Kemalingan di Bali

Sabtu kemarin.. sekitar jam 4an pagi, gw dapet telpon dari nomor yang gak gw kenal. Pas gw angkat, ternyata Uud yang telpon. Gw yang masih setengah sadar.. langsung seger pas Uud bilang "Nde, aku abis kecurian". Alhamdulillahnya, Uudnya baik-baik aja. Jadi tuh, Uud emang lagi di Bali karena keperluan kerja.. jadinya gw gak ikut dan tetep di Kupang.

Awalnya gw gak dibolehin sama Uud buat cerita soal ini di blog. Cuma aja pas gw denger ceritanya.. pikir gw, "Kok begitu sih..?!" Iya gw tau, musibah itu bisa dateng dimana aja dan kapan aja. Gak pandang bulu. Cuma rasanya di kasus Uud, gw merasa pihak hotel gagal untuk memberikan rasa kenyamanan, keamanan dan keselamatan ke tamu hotel. (fyi, Uud nginep di salah satu hotel berkonsep villa di Seminyak.)

Yang dimana, kenyamanan.. keamanan dan keselamatan adalah HAK yang harus pelanggan terima dari pihak hotel. 

Kenapa gagal?

Kejadian kecuriannya di dalam kamar dan Uud-pun ada di dalam kamar tersebut. Lagi tidur. Waktu kejadian pastinya kurang tau jam berapa, cuma perkiraan Uud antara jam 1 sampai jam 3 pagi. Ketika itu, Uud yang lagi tidur kebangun gegara kamar tiba-tiba jadi banyak nyamuk. Pas melek, lihat pintu belakang (akses menuju pool) terbuka. 

Kaget dan bingung.. Uud spontan nengok ke arah nakas di samping tempat tidur. Handphone gak ada. Nyari dompet, dompetnya juga gak ada. Barulah kesadar kalo dia abis kemalingan. Pikir Uud, gw musti lapor kedepan. Pas jalan ke pintu depan, di taman villa.. Uud lihat kertas-kertas dan beberapa note berserakan di taman. "Lah, ini kertas-kertas yang ada di tas gw! Anjrit.. laptop gw mana??" Akhirnya sadar juga kalau laptop dan ipad juga ikut digondol maling.

Uud dateng nyamperin security hotel, yang ternyata cuma ada 2 orang.. dan lagi tidur. Gw gak permasalahin si bapak satpam yang ketiduran pas lagi tugas. Tapi pas Uud tanya, "Saya mau lihat CCTVnya pak." Jawabannya adalah, "Disini gak ada CCTV pak."

Gimana bisa gak ada CCTV??

Helooow, hotel yang gw inepin di Ende kemarin.. yang jelas-jelas kota kecil bersedia invest perangkat keamanan CCTV di seantero hotel. Mereka lebih ngutamain fasilitas keamanan di banding fasilitas lainnya. Lah ini, di Bali coy.. gak ada sama sekali! 

Jadi gak salah dong kalo gw bilang mereka gagal memberikan apa yang udah jadi haknya konsumen?! Uud yang jadi korban sangat gak terbantukan sama keadaan hotel. Andai hotel ini dilengkapi CCTV, bakalan memudahkan Uud dan pihak kepolisian buat nangkep pencurinya. Atau seenggaknya tetap ada kemungkinan barang-barang yang diambil kembali ke tangan Uud.

Di kantor polisi, Uud dikasih 2 pilihan. Bikin surat kehilangan atau investigasi. Dan Uud milih investigasi. Lalu kembali ke hotel bareng polisi.. pikir Uud kan kayak di film-film gitu. Petugas foto-foto TKP, trus ubek-ubek cari sidik jari yang tertinggal. Ternyata enggak loh.. cuma diliatin doang. 

Ya ya yaaa.. ekspetasi ketinggian emang. Kebanyakan nonton CSI jadi gini. Hahahaa..

Sehabis urusan sama kepolisian selesai, Uud ke kantor buat login lewat PC kantor. Dan ternyata, Hp terakhir nyala menjelang jam 4 pagi dan lokasinya ada di jalan belakang kantor! Bener-bener di belakang kantor. Dan berhubung Uud jam 10 paginya harus terbang balik ke Kupang, jadi Uud cuma print out hasil tracking yang kemudian bakal dikasih ke polisi.

Hari Minggu-nya, sempat ada notifikasi masuk.. kalo ipad nyala dan ada di daerah Jl. Teuku Umar, Denpasar. Yang mana di sepanjang jalan itu berjejer toko-toko handphone. Macam ITC, bedanya mereka punya gedung sendiri-sendiri. Ya sudah semua yang ilang, Wassalam.

Gw sempet tanya ke Uud, soal tanggapan hotel atas kecurian ini. Ternyata mereka gak ada komen apa-apa. Maksud gw, ini kan kejadiannya di hotelnya mereka.. yang gw anggap mereka lalai dan gagal kasih service yang baik ke tamunya, tapi kok rasanya kayak gak ada empati dan rasa tanggung jawab gitu. 

Jadi, Uud yang jadi korban kemalingan.. rugi sendiri aja gitu. 


*
Gw yang ada di Kupang, habis sahur dikasih kabar kalo suami kemalingan semacam langsung laper lagi. Gak bisa tidur sama sekali sampai akhirnya gw jemput Uud di airport dan ngelihat dia baik-baik aja gak kurang satu apapun. Secara aksi pencuriannya dilakuin pas Uud lagi tidur. Kalau saat itu Uud sampe kebangun, bisa-bisa ada pertumpahan darahkan?!

Pikir gw, "Alhamdulillah Allah masih sayang". Sayang sama gw maksudnya. Allah tau kalau gw masih butuh Uud. Kalau udah gini tuh rasanya segala dompet dan benda-benda elektronik yang lenyap jadi gak ada harganya.

Kita menganggap musibah ini tegoran buat gw dan Uud, mungkin kita masih egois gak mikirin orang lain. Insha Allah kejadian ini bikin gw dan Uud jadi manusia yang lebih baik lagi..

Teruuss, gara-gara ini bikin gw dan Uud trauma ke Bali gak? 
Tentu tidaaaakkk.. Bali, Im comming!! ^^


**
Buat temen-temen yang mempertanyakan nama hotelnya apa, maaf gw dan Uud sepakat untuk merahasiakannya. Gw rasa kejadian ini juga bakal jadi pelajaran buat pihak hotel untuk lebih meningkatkan fasilitas keamanan di sekitar hotel. 

No comments:

Post a Comment

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^

< > Home
icavin.etc © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.