October 24, 2012

thought | A Letter to Mrs. Ratna Handini

dulu, gw ngelamin pertemuan yang gak disangka2 sama seorang perempuan yang sampe sekarang masih gw kagumin. 

-----

12.02.2012

di pesawat balik ke jakarta. gw duduk bareng sama seorang ibu dan adiknya. mereka terbang dari Perth (sama2 kena delay!). si tante dengan ramah nyapa gw duluan 'kmu pesawat dari bali atau transit?' yuuup.. dan pelajaran berharga gw pun di mulai....

si tante, wow! seorang ibu2 cantik yang down to earth. gw gak boong. beliau pakai jeans, blouse hitam, tas LV, riasan wajah simple dan rambut di gulung keatas. so much pretty. entah kenapa, gw sangat enjoy ngobrol dengan beliau. banyak banget cerita dan pengalaman hidup yg gw dapet. selama 1setengah jam penerbangan, beliau ajarin gw apa arti hidup, arti cinta dan bagaimana menjadi seorang wanita.

beliau tanya, apa tujuan gw ke Bali. pas gw kasih tau klo gw ke Bali cuman untuk meeting, beliau senyum. beliau tanya tentang pekerjaan gw and all about architecture stuff. alhamdulillah, spertinya beliau puas sama jawaban gw. saat gw di mintain kartu nama.. jedeeeng! aaah.. sebel!! gw kan belon bikin kartu nama :(

saat beliau tau klo gw yg paling bocah pas meeting. beliau langsung cerita, bahwa gw harus bersyukur sama kesempatan yang gw dapet. manfaatkan kesempatan yang ada, karna kesempatan gak pernah dateng 2kali. 

kata beliau "kmu harus banyak belajar sama orang tua, karna sebenernya kami-pun yang tua2 juga belajar sama yg muda. kita jg sebagai yg tua gak boleh merasa yg paling benar, yang punya kuasa, gak mau akui kesalahan. yang tua menghargai yang muda dan yang muda juga harus menghormati yang tua. kamu, biar bagaimana adalah pengganti kami2 yang sudah tua ini.

beliau jg bilang "tante tau, pekerjaan kmu itu kan kadang adaaa hambatannya. yg di proyek gimana, ato kmu harus rubah design. coba deh, tiap kmu berangkat kantor, berdoa dan dengan dengan ikhlas kmu kerjakan semuanya untuk allah. insya allah kerjaan kmu nantinya lancar terus,klopun ada hambatan..pasti bisa kamu lalui..."

"saya Ratna" kata beliau perkenakan diri. awalnya gw kira, gw gak akan pernah tau nama beliau. kira ini hanya sebuah pertemuan satu setengah jam. walaupun ini cuman setengah jam. tapi gw seneng banget.

tante Ratna tanya asal gw. pas gw bilang, klo gw adalah campuran padang dengan padang tante ratna langsung cerita, kalau dy sering sekali ke bukit tinggi. dan suka banget sama mukena bordir dari Padang. huuump... tp kayaknya beliau kecewa sama gw karna terakhir gw ke padang pas gw SMA! beliau cerita tentang betapa kayanya indonesia. dan betapa rakyatnya yang gak bersyukur akan itu. 

"sebenarnya kita itu bisa. liat aja.. Indonesia itu kaya dan indah looh. sayang aja pada gak kuat mental smua. diperusahaan tante, tante sengaja memperbanyak pekerja asing. biar mereka tau.. kita, pribumi yang berkuasa di tanah sendiri. kalo di bilang bule2 itu pinter.. aah,gak juga! kita gak kalah pinter kok dari mereka. cuma bedanya adalah, mereka punya mental yg kuat. mental orang2 Indonesia tuh mental2 suka bolos!!"

gak lama, tante ratna tanya "kmu sudah punya pacar??" awalnya gw cengengesan...hihi :p gak nyangka, klo pertanyaan ini bakalan keluar. dan beliau cerita bahwa menikah itu sekali untuk selamanya.. 

"niih,tante kasih tau. ica, kamu jangan pernah menikah dengan orang yang kamu cintai. kamu akan makan ati nantinya. tapi menikahlah kamu dengan orang yang mencintai kamu. kamu akan menjadi seorang putri. kalo kamu mau tau cara lihat orang yang mencintai kamu. dia sayang dengan keluarganya. kalau seorang laki-laki sayang dengan keluarganya, pasti dia juga sayang dengan kamu dan keluarga kamu. yang namanya menikah, itu gak hanya mengawinkan 2 orang. tapi 2 keluarga. kadang, kita sebagai wanita suka di rugikan. susah sekarang ini mencari laki2 yang berkualitas. makannya, kamu harus bisa jaga diri. kalau sudah rusak. gak akan bisa di perbaiki."

"nantinya,dengan siapapun kamu menikah.. kita harus kembali kedapur. didik anak kmu, lihat bagaimana dia dewasa. jangan sampai klo nantinya anak kmu jd anak pembantu! dan kalaupun kamu bekerja. bekerjalah di rumah. dan kmu harus tau.. kalau kamu bekerja, itu adalah untuk kamu. untuk tabungan kamu. sisanya biar jadi urusan suami kamu. karna itu adalah tanggung jawabnya. kita, wanita, memang harus kuat!" lalu tante ratna cerita ke gw tentang pengalaman 'cinta' beberapa staffnya sebagai contoh. contoh yang harus jd pelajaran buat gw.

gak ngerti di liat dari mana.. tante ratna bisa nebak kalo gw adalah anak pertama. beliau tanya, tentang ade2 gw. dan beliau pesan "sekarang, mumpung kamu jg belum nikah.. kamu nikmatin waktu sama ade2 kmu. nantinya berantem2nya kalian bakalan jd hal yang ngangenin loh. tante, gak pernah nyangka. tadinya tante pikir, tante yang pertama kali ninggalin anak2. ternyata tante yang ditinggal duluan. kmu ngertikan yg tante maksud?! kalau semuanya ini bukan milik kita. semua itu cuma titipan. jadi seandainya, na'udzubillah min'dzaliq orang yang kita sayang meninggal.. kita gak boleh marah. orang di ambil sama Yang Punya kok.."

ada satu, yang sangat 'kena' buat gw. saat beliau tanya gw suka mengkaji al-quran atau datang ke pengajian atau enggak. gw cm jd apa adanya gw.. dan saat gw jujur dengan orang lain, berarti gw juga jujur sama diri sendiri. 

lalu gw jawab, kalau sekarang gw agak ribet luangin waktu untuk dateng ke pengajian. dan alasan gw adalah kerjaan gw. jawaban tante ratna, "kita beruntung banget sebai manusia yang punya Allah. kita kadang sebagai manusia suka ngerasa ribet sendiri sama hal2 yang seperti itu. tapi, coba deh kamu pikir2..Allah gak pernah ribet sama kita. Dia selalu inget kita dan Dia gak bakalan tinggalin kita." gw bener2 terenyuh sama kata2 tante ratna. sombong banget gw sampe ngerasa ribet!! padahal smua2 yg gw dapet, yg gw punya adalah pemberianNya...

satu stengah jam ngobrol sama tante ratna gak kan pernah cukup buat gw. pas pesawat lg proses landing. tante ratna bilang "kalau tante duduk di depan, kita gak akan pernah ngobrol kayak gini. kmu cantik, muda, pinter.. tante seneng bisa ketemu dan ngobrol sama kamu. nice talking to u ica" wow!! ngerasa terhormat banget tante ratna ngomong begitu. gw gak tau mesti ngomong apa lagi, gw cuma bilang "alhamdulillah, thank you very much tante.. nice talking to you too." i have a right answer, right?!

dan kitapun bertukar pin bb! im so much happy. tante ratna pasti punya kesan sendiri ke gw klo qta sampai tukeran pin bb. ini tuh kaya, gw di kasih jalan untuk tetep berkomunikasi dengan beliau. wow, pelajaran apa lagi yang bakalan gw dapet nantinya klo stengah jam aja udah banyak banget pelajaran yg gw dapet.

pas qta ngantri buat ambil cabin (posisi sama2 berdiri). ada percakapan simple antara gw dan tante ratna

tante ratna : ica suka nonton??
ica : suka tante..
tante ratna : uda nonton the tourist belum??
ica : uda tante..
tant ratna : iiiyh, keren yah Angelina Jollie-nya...
ica : gw ngangguk mengiyakan sambil ketawa..
tante ratna : klo The Mechanic??
ica : udah donk tante... Jasonnya oke yah tante..hihi
tante ratna : hahaha.. iya.. (beliau nutup ketawanya dengan semyuman)


ini alasan kenapa gw kasih judul satu setengah jam yang mengagumkan. dan gw gak mau nyimpen sendiri pengalaman n pelajaran yang gw dapet. tante ratna bener2 menginpirasikan gw... i adore u tante :)



-----

dan sekarang....setahun kemudian, gw gak ada contact sama tante ratna. slain krna gw udah gak pake BB jg krn waktu itu sempet re-install.. jd musnahlah smuanya. maksud gw nulis ini.. yaaaaa, sapa tau sampe ke tante ratna..



dear tante Ratna..

assalamualaikum. kalau tante inget, kita pernah ketemu tahun bulan februari tahun 2011. kita sama2 satu pesawat tujuan jakarta keberangkatan dr bali. kita duduk bersebelahan yg akhirnya kita terus ngobrol selama penerbangan. saya bersyukur banget bisa ngobrol sama tante. sampe detik ini...saya masih inget hampir semua cerita2 tante waktu itu. saya mau cerita ke tante,ato..lebih tepatnya laporan ke tante tentang saya sekarang. 


saya udah gak lagi yg hampir sebulan skali meeting di bali. sebulan abis kita ketemu..saya ngajuin surat resign n secara resmi keluar dr kantor bulan mei. dan saya dengan berani n siap nanggung resiko..saya buka usaha sendiri. biro arsitektur mechta graha n biro photographer keola projects. semuanya saya kerja sama dengan sahabat. saya tau keputusan yg saya ambil mungkin kelewat berani. tapi..kayak yg tante bilang, "kesempatan gak dateng dua kali!" and the best part is, i do what i love..n i love what i do..!

saat ini saya gak ambil pusing soal berapa yg saya dapet. yg ada di kepala cuma "kalau rejeki gak kemana. toh, Allah tau yg terbaik..n saya juga yakin kalau Allah selalu mencukupkan rejeki hambanya. gak kurang..n gak lebih.."

tentang pacar, skrng saya udah gak pacaran lagi. alhamduliilah saya udah punya suami. "jangan pernah menikah dengan orang yg kamu cintai, nanti kmu makan ati. tp menikahlah dengan orang yg mencintai kmu, maka kamu akan jadi princess." bukan princess lagi tante, saya jadi first lady buat suami saya. insya allah saya yakin dy sayang sama saya n keluarga saya. malahan skrng dy jd kesayangannya mama. 

banyak perubahan setelah saya nikah tante. salah satunya saya jadi perempuan yg kembali kedapur. padahal sebelumnya gak pernah kedapur. suami dukung saya untuk bekerja, punya duit sendiri...tp dy sangat gak dukung kalau keluarga jd nomer 2. persis seperti yg tente bilang. insya allah saya bisa jd istri n ibu yg baik buat keluarga saya..pekerjaan menjadi istri ini..sangat menyenangkan tante! mudah2an pernikahan kami selalu di berkahi Allah.

satu hal lagi tante, dgn bangga saya mau bilang ke tante.. akhirnya saya pulang kampung!! hihihihiii. sebulan stelah kmi nikah, kami liburan sekaligus ketemu keluarga di sumatra barat. bener tante, kampung saya indahnya luar biasa. seinget saya, saya gak pernah sesenang itu pas pulang kampung. dan insya allah, awal tahun depan..saya kesana lagi ^^

tante, terima kasih yaa.. semua cerita tante tahun lalu bener2 ngebekas buat saya. sayang banget aku gak punya contact tante.. makannya saya post di blog saya ini. insya allah, kalau kita emang berjodoh... pasti kita ketemu lagi tante. semoga tante selalu dalam lindungan dan keberkahanNya.. amiien.


wassalam..

9 comments:

  1. ica....
    nice posting...
    smpe nangis aku bacanya...
    ga tau knp...
    kykny kna aj di hati...
    hehehehe...
    makasih yah...

    ReplyDelete
  2. lagi ga bisa tidur lalu iseng dan menemukan artikel yg sangat menarik dan bagus unt dbaca lewat cerita mba ica ini...
    beliau mampu unt mengajarkan kpn org yg sudah dkenalnya maupun kpn org yg baru dtemuinya..
    smoga jika mmg bener org yg dmaksud itu adalah ibu Ratna handini mgkn saya dpt menyampaikan cerita ini kpd yg bersangkutan langsung..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi mas yudha,
      woow..kalo emang bener2 mas yudha kenal dengan tante ratna, sampaikan salam aku ke beliau. mudah2an tante ratna masih inget aku..

      btw, thanks before ya mas :)

      Delete
  3. Kalau sy sdg mencari seseorang yg bernama ratna handini juga... asal kota malang. Dl pernah jd finalis rambut indah sunsilk era 80 an.... orangnya cantik, pintar... pokoke paket lengkap....

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya gak tau asalnya dari mana.. saya cuma tau namanya saja..

      Delete
  4. Halo kakak-kakak...
    Ini nyari Ibu Ratna Handini asal Malang? Yuk main ke Malang nanti bisa ketemuan dan ngobrol bersama... ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya gak tau asalnya dari mana.. cuma tau namanya saja..

      Delete
  5. Ibu ratna handini teman dekat saya kala smp .memang beliau orang yg baik .sampaikan jg salam saya .terakhir saya bertemu sewaktu pergi peresmian pembangunan masjid di pekalongan.kita beramai ramai naik bis bluebird.ibu ratna sangat mengenal saya .sampaikan salam saya kepd ibu ratna yg cantik .

    ReplyDelete

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^

< > Home
icavin.etc © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.