January 29, 2018

wheretogo - East Nusa Tenggara | Perbatasan Indonesia - Timor Leste

Sekitar dua minggu yang lalu gw dan beberapa temen kantor Uud spontan mutusin buat jalan-jalan ke Timor Leste. Jalan darat pula, padahal mah Kupang - Dili butuh perjalanan sekitar 10 jam. Berhubung gw penasaran sama PLBN (Pos Lintas Batas Negara) Mota'ain yang tahun lalu diresmiin sama Pak Jokowi, jadi gw dan Uud ikutan ke Timor Leste.

Mota'ain letaknya di Belu, kita jalan dari Kupang menuju Atambua (ibukota kabupaten Belu) kira-kira jam 9 malam. Dan sampai di Atambua sekitar jam 2 pagi. Istirahat beberap jam di salah satu hotel di Atambua, selesai sarapan ngelanjutin lagi 1 jam perjalanan ke Mota'ain. Sambil urus surat-surat dan paspor, gw dan Uud iseng jalan-jalan muterin PLBN.

Walaupun sudah diresmikan sama Pak Jokowi, PLBN secara keseluruhan belum selesai 100%, tapi sih bangunan utamanya udah jadi dan berfungsi. Tinggal merapikan beberapa bangunan lagi dan beberapa spot taman. Yang kalau udah selesai semua, sumpah bakalan kece banget.

Gw yang awalnya gak paham alasan Timor Leste mutusin buat pisah sama NKRI, sebelum bikin postingan ini gw sempet browsing dulu soal ini itunya. Dan dari hasil browsingan gw, barulah gw tau kalau ternyata Timor Leste itu 'telat' masuk jadi bagian NKRI. Selama ini gw pikir Timor Leste itu emang merdeka bareng Indonesia alias dari awal merupakan bagian dari Indonesia. Ternyata enggak! Nyahahaa.. kayaknya tidur gw pules banget pas pelajaran sejarah.

Jadi Timor Leste itu jadi bagian NKRI pada tahun 1976 dan keluar dari NKRI tahun 1999. Jadi cuma 23 tahun Timor Leste barengan sama Indonesia. Dari yang gw baca-baca, alasan Timor Leste gabung dan keluar dari Indonesia ngebingungin banget. Semua info yang gw baca ngejelimetin, intinya mah penuh dengan kepentingan politik dari berbagai pihak. Bikin pusing.

Tapi ya sudahlah yaaa, yang penting mah sekarang Indonesia - Timor Leste akur-akur aja.

Sebelum kita nyebrang pakain mobil, gw dan Uud nyempatin buat jalan kaki lebih jauh masuk ke arah pos batas negaranya Timor Leste. Berhubung gak banyak yang bisa dilihat, akhirnya gak sampai setengah jalan kita mutusin buat balik. Nah, pas balik itu ituu.. somehow gw punya rasa bangga sama negara gw sendiri. Waktu itu tuh salah satu momen di mana dalam hati gw ngomong "gw bangga!". Selain bangga, juga ada rasa aman dan nyaman pas ngelewatin portal pembatas.

Disamping gerbang masuk, ada mess TNI yang emang berjaga di PLBN. Jadi kalu misal (amit-amit) terjadi apa-apa sama Indonesia dan Timor Leste, mereka yang jadi lapisan pertama buat ngelindungi Indonesia. Semangat pak!

Kemarin itu jadi pengalaman pertama gw berdiri di antara 2 negara. Fyi, Timor Leste sama Nusa Tenggara Timur beda satu jam. Biar satu pulau tapi beda zona waktu. Badan gw yang kanan jam 10 yang kiri jam 11. Trus rasanya gimana? Ya biasa aja sih.. hihihii. Tapi tetep, ini jadi salah satu pengalaman yang WAW buat gw!

Sekian, bye!

All photos and posts are MINE. Do not use them without my permission.

Kalo mau pake foto / artikel gw, permisi dulu sama yang punya ya. Be smart!