December 20, 2017

20 Life Lessons in 32 Years



Bulan lalu, tepatnya tanggal 3 november.. umur gw jadi 32 tahun. Yess baby, 32 years old! Gak ada perayaan apa-apa di tanggal itu. Uud sempet tanya, "Kalo aku kasih tau mereka (temen2 Sumba kami) gimana?" dan gw jawab, "Noo.. gak usah". Kayaknya Uud tanya ini biar gw gak ngerasa sendirian aja di hari ulang tahun gw, karena hari itu dia harus ngantor dari pagi sampe malem. 

Kayaknya gw udah masuk angkatan paruh baya deh. Tadinya gw tipe cewek yang suka ngerayain hari yang spesial. Misal ulang tahun, anniversary, dll. Bukan pesta besar, sesimple dinner bareng keluarga / teman udah cukup. Tapi tahun ini, kita jalanin hari-hari spesial itu selayaknya hari-hari lainnya. 

Ada yang lucu di hari-hari sebelum gw ulang tahun.. biasaaa, Uud tiba-tiba mendadak pusing. Pusing mau kasih gw kado apa. Gw sempet heran, kok tiba-tiba Uud mau pinjem laptop gw?! Di bawa pulak tuh laptop ke ruangan lain. Trus balik-balik, "Duuuh... aku bingung, kamu mau make up apa siih?" lah kan gw bingung tau-tau Uud ngomong itu. Kesambet apaan coba tiba-tiba mau beliin makeup, biasanya jg tarik napas dalem-dalem kalo gw ajak ke Sephora.

Taunya dia abis scanning history di youtube. Yang emang, pas gw di Sumba gw demen banget nontonin youtube beauty vlogger. Gw ngakak pas Uud cerita apa yang habis dia lakuin. Jadi gw dapet make up apa dari Uud? Gak ada.. gw bilang ke Uud kalo kadonya di-pending sampe batas waktu tak terhingga.

Selain gw ulang tahun, di tanggal yang sama.. om-nya Uud meninggal dunia di usia 80tahun. Jadilah besokannya kita balik ke Jakarta. Yang kemudian, gak disangka-sangka 5 hari setelah itu sahabatnya Uud juga meninggal dunia di usia 34 tahun. 

Ke-speechless-an gw sama apa yang terjadi di sekitaran tanggal 'special' gw.. bikin gw mikir, selama gw hidup.. apaan aja sih yang udah gw pelajarin?! Setelah merenung panjang.. akhirnya gw berhasil bikin 20 life lessons in 32 years ;

1. Hidup Itu Adil
Yang bikin gak adil itu cara-pandang lo terhadap dunia. 

2. Gak Ada Kata Tua Buat Belajar Hal Baru
Pas kemaren itu gw belajar bahasa Jepang, gw amazed banget sama kemampuan gw yang ternyata otak ini masih mau dipakai buat belajar. Yaaa, walaupun sejak balik dari Jepang 80% yang gw pelajari hilang smua sih emang.. hahahaa

3. Kalo Salaman, Yang Niat
Pernah gak si lo ngalamin, saat lo salaman dengan orang lain tapi orang tersebut gak ngegenggam tangan lo dengan kuat. Macem kayak ogah-ogahan gitu ngasih tangannya. Gw sering banget ngalamin kayak gini. Kok ya rasanya gimanaaa gitu.

4. Bilang Makasi dan Balas Kebaikannya
Kata 'makasi', buat gw adalah ungkapan untuk menghargai apa yang udah orang lain lakukan ke kita. Pasti pada sering deh denger orang pada ngomong, "Bilang makasih kek!" Intinya adalah, orang itu siapapun dia pingin dihargai. Dan soal balas kebaikan, se-simple lo ngomong makasi dengan melihat orang tersebut sambil tersenyum.. udah cukup kok.

5. Eye Contact
Dulu pas diomelin sama ortu atau guru, pasti suka dibilang.. "Kalo lagi di kasih tau tuh nunduk mukanya. kamu nantang yaa.." gw sering dibilang gini pas jaman-jaman sekolah. Dan menurut gw ini aneh. Bukannya kalo kita gak ngeliat lawan bicara jadi malah kayak 'ngelengos' ya?!

Gw juga sering ngalamin ketika gw kenalan atau ngobrol sama orang (terutama yang baru kenal), ngulurin tangan tapi mukanya gak ngadep ke gw.. yang begini nih yang bikin gw ngangkat alis.

6. Datang Tepat Waktu
Gw lebih suka nunggu dari pada gw ditunggu. Soal nunda-nunda waktu ini mah sebenernya bunyak oknumnya di sekitaran gw. Tapi terserah kalo orang laen bermasalah sama management waktunya, yang penting sebisa mungkin gw gak nunda-nunda kalo udah janji.

Uud, suami tercintanya gw ituuuu.. dalam setahun ini dia ditinggal pesawat ada tuh 5 atau 6 kali. kurang panjang apa lagi coba tuh tarikan napas gw kalo tiba-tiba dapet wasap, "Nde, gak keburu.. pesawatnya udah jalan."

7. Jadi Pendengar Yang Baik
Gak tau kenapa, gw lebih suka jadi pendengar dari pada gw yang di suruh cerita. Dengan adanya orang yang curhat ke gw artinya orang itu percaya sama gw. Yang kemudian gw belajar jadi orang yang emang bisa dipercaya dan gak memihak.

8. Jangan Telpon Orang Sebelum Jam 9 Pagi Dan Setelah 9 Malem
Karena gw gak suka kalo Uud ditelpon orang di jam-jam itu..! Gw tau rasanya jadi istri yang punya suami suka ditelponin di waktu yang gak tepat.. gwpun akhirnya gak pernah mau nelpon orang sebelum jam 9 pagi. Bingung sama orang-orang yang suka nelpon gak kenal waktu. Gak ada manner!

9. Open Minded
Ini penting dalam sosial. Apa lagi zaman now, orang makin ekspresif ngutarain apa yang ada dipikirannya atau apa yang diinginkan. Selama gak ngelanggar aturan agama dan gak menyakiti orang lain.. sah-sah aja menurut gw. Ini bukan persoalan benar atau salah, everything is about understanding.

Yang gw rasain dengan gw belajar open minded adalah, akhirnya gw terbiasa buat nilai suatu dari banyak perspektif.

10. Senyum Ke Orang Yang Gak Dikenal
Pas baru sampe Bali, gw sempet sendirian cafe hopping gitu. Pokoknya gak tau gimana tau-tau gw ketemu mata sama pengunjung lain. Dan gw disenyumin. Ternyata yang dia lakuin bikin mood gw on seharian. Brightening my day!

Pengalaman ini yang bikin gw mikir, lo gak pernah tau seberapa besar efeknya sebuah senyuman buat orang lain. Dan itu bukan hal yang susah buat di lakuin.

11. Unplug Social Media
Gw udah me-non-active-kan beberapa sosmed gw. Twitter, Facebook, Path.. gw udah ucapkan bhay sama mereka sejak awal 1 Januari kemaren. Dan yang gw rasain adalah hidup gw jadi lebih tenang. Kalo Instagram masih berjalan.. soalnya gw ngerasa lebih banyak dapet manfaatnya dari pada mudaratnya.

12. Be Eccentric!
Atau lebih tepatnya be you. Gak ngikutin arus. Rasanya tuh gimanaaa gt, kalo lo ada di antara ibu-ibu kekinian dan lo jadi yang beda sendiri. Anti-mainstream lah pokoknya..

13. Hidup Itu Terlalu Sebentar Buat Gak Dinikmati
Seize the day! Dont over thinking sama suatu yang udah terjadi atau yang belum tentu terjadi.

14. The Best Is Yet To Come
Kalimat ini tuh semacam kalimat penyemangat gw kalo tiba-tiba galau. semacam ngomong sendiri, "Sabaarrrrr, belum saatnya.. pasti selalu indah pada waktunya." Dan yang biasa bikin gw galau biasanya soal gw dan Uud yang belum punya baby.

Insha Allah, soon :)

15. Jauh-jauh Dari Orang Yang Berenergi Negatif
Pertama, karena nular. misal si A ngejelekin si B.. tanpa kita sadari lo akan ikut-ikutan kesel sama si B, padalah sebelumnya lo gak alami pengalaman buruk bareng si B.

Kedua, karena capek. Capek ngeladeninnya.

16. If You Cant Be Kind. Be Quite
Contohnya adalah haters di comment-comment social media. Gak abis pikir gw, kok gampang banget ya ngetik kalimat yang luar biasa jahatnya dan gak malu, karena comment-nya bisa dibaca sama orang seantero jagat raya.

Gw, sebenernya mulut gw termasuk mulut yang pedes. Gak ngeluarin seisi ragunan, tapi gw kearah sarkas. Entah sejak kapan, mulut gw udah gak cuap-cuap lagi dengan gamblangnya. Ya itu, gw memilih diam. Bernegosiasi sama diri sendiri dengan moment apapun yang terjadi saat itu.

Cuma efeknya, mulut gw diem.. mata gw berbicara! Yang kalo kata temen gw, gw tuh judes dari lahir.

17. Money Are Sensitive 
Beberapa waktu lalu gw dan Uud sempet ngalamin pengalaman gak enak yang berhubungan sama uang.  Dan dari apa yang terjadi, pelajaran yang gw ambil adalah.. Uang bisa bisa merubah orang, bisa ngerubah hubungan baik jadi gak baik.

18. Ucapan Adalah Doa
Gak tau kenapa, rasanya ada banyak ucapan spontan Uud yang di Aamiin-in sama Allah. Sejak gw sadari itu, gw selalu ingetin diri sendiri dan Uud biar gak asal kalo ngomong.

19. Dont Compare!
Karena manusia diciptakan beserta dengan takdirnya masing-masing. It's okay kalau dibawa kearah yang positif, sebagai penyemangat hidup agar lebih baik lagi. Tapi gak semua orang bisa, kebanyakan malah nimbulin energi negatif pada diri sendiri.. ini yang bahaya.

20. Make Your Inner Circle Small
Gw ada beberapa group line yang isinya ibu-ibu. Mending kalo cuma 3-4 orang, ini sampe 30an orang lebih. Awalnya sih seru, tapi lama-lama silih berganti drama yang satu ke drama yang lain. Gituuu aja terus sampe ratusan purnama. Ribetan amaaatt segala-galanya diurusin, heran. Bukan gw banget-lah pokoknya. Akhirnya gw mundur pelan-pelan, sampai akhirnya bener-bener menghilang.

Untung yang ribet di Line, ya udah aja Line gw uninstall dari hp. Dan sekarang, di wasap.. cuma ada group keluarga dan group sahabat yang kita emang udah kenal belasan taun. Hidup jadi lebih tenang.. suer.


Niatnya sih sampe 32, biar sama kayak umurnya gw. tapi kok yaaaa.. malah jadi bingung sendiri. Yang gini aja mikirnya sampe seminggu.. hihihii. padahal mah harusnya sih buanyaakk ya pelajaran hidup yang gw dapet. Tapi bener-bener blank euy.

Sementara segini dulu aja, kalo nunggu sampe 32 keburu basiii kaann. rencananya bakal gw update terus sampe dapet 32 point.

Sekian, dan terima kado ^^

No comments:

Post a Comment

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^

< > Home
icavin.etc © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.