December 23, 2017

Sekilas Tentang Depresi


Beberapa hari lalu heboh banget soal kematian salah satu penyanyi KorSel gegara bunuh diri. Padahal umurnya belom juga 30tahun. Sebenernya gw jg gak pernah meratiin SHINee sampe gw dapet berita ini. Ngehnya juga pas abis nonton Night Goblin, di-preview buat minggu depannya.. bintang tamunya yang meninggal itu.

Setelah gw ikutin beritanya, ternyata dia depresi yang akhirnya mutusin buat bunuh diri.. keracunan asap bricket yang dibakar di apartemennya. Sebelum meninggal, dia tulis surat yang inti dia udah gak kuat ngejalanin hidupnya lagi. Dan sebelum bunuh diri sempet pamit ke kakaknya, "It's been hard, let me go. Tell me i've worked hard. This is my farewell." 

Pikir gw abis baca surat yang Jonghyun tulis..... whattttt?!

Gara-gara ini, gw akhirnya browsing-browsing soal depresi. Dan ternyata menurut WHO, setiap tahunnya sekitar 350 juta orang di seluruh dunia ngalami depresi dan 800.000 di antaranya meninggal gara-gara depresi. Di KorSel sendiri, ternyata tiap tahunnya ada 100rb orang yang bunuh diri. Indonesia, 3% dari angka kematian ditiap tahunnya juga gegara bunuh diri. 

Bingung gw, apa sih yang bikin orang segitunya pingin bunuh diri?

Gw termasuk orang yang cuek dan males nanggepin segala drama kehidupan orang lain, ini yang bikin gw akhirnya mutusin buat stop ngePath dari tahun lalu. Dan selama ini kalo ada orang yang lebay (menurut gw) sama kehidupannya, biasanya gw mundur pelan-pelan. Karena orang-orang yang over-think ini rata-rata orang yang keras kepala. Curhatin hal yang sama terus, tapi pas dikasih masukan kebanyakan "tapi kan.."-nya. Bikin lelah.

Lalu kemudian gw cari-cari lagi info soal depresi dan stres, biar gw tau bedanya. Maksudnya biar gw gak salah tindak gituu.. 

Kalo kata dokter, depresi adalah salah satu gangguan kesehatan mental yang pengaruhi pola pikir, perasaan, mood dan cara menghadapi aktivitas sehari-hari. Biasa mengalami depresi kita akan merasa sedih berkepanjangan, putus harapan, gak punya motivasi untuk beraktivitas, kehilangan ketertarikan pada hal-hal yang dulunya menghibur dan menyalahkan diri sendiri.

Depresi itu ada macem-macem. Dan yang paling bahaya itu yang depresi mayor dan depresi psikotik. Yang dua-duanya bisa menyebabkan kematian kalau gak ditangani dengan cepat.

Setelah gw baca-baca, ada beberapa gejala orang yang lagi depresi ;
  • Kehilangan selera untuk menikmati hobi
  • Sedih berkepanjangan
  • Gampang cemas
  • Ngerasa hidup gak ada harapan
  • Gampang nangis
  • Ngerasa bersalah, tidak berharga dan tidak berdaya
  • Gak PD
  • Sulit mengingat-ingat
  • Pola makan berubah (bisa jadi kurus atau gendut)
  • Sensitif
  • gak ada motivasi
  • berpikir untuk bunuh diri
Nah, biasanya depresi itu ada pemicunya. Misal.. kehilangan orang terdekat, melahirkan (berarti baby blues termasuk depresi ya?!), masalah keuangan, terisolasi secara sosial, trauma, ketergantungan narkoba, dll. Kalo ke dokter, orang yang ngalami depresi biasanya cuma dikasih obat anti-depresi. Tapi itu gak akan berpengaruh banyak tanpa bantuan orang sekitarnya. 

Dari sekian banyak pemicu di atas, gw mau bahas lebih lanjut soal 'terisolasi secara sosial'.

Kalo kasusnya Jonghyun, pelajaran yang bisa kita ambil adalah.. kata siapa jadi orang terkenal itu enak? Gak punya privasi dan mungkin selalu dihantui perasaan biar gak ngecewain penggemarnya. Yang dimana terkenal banget penggemar KorSel itu posesif banget sama idolanya.

Mereka bisa loh, marah idolanya gegara nikah diem-diem! Seeet dah.

Lalu soal bullying. Menurut gw ini bagian dari terisolasi secara sosial deh. Mereka yang merasa 'lebih' ngerendahin yang di bawahnya. Pas kita masih kecil, saling mengejek teman seakan dilumrahkan dengan kalimat "Biasaa, namanya juga anak-anak". Yang akhirnya kebiasaan dibawa terus sampe tua.

Gw pun pernah jadi korban bully. Sedari SD gw sering diejek tompel, gara-gara gw punya tanda lahir di pipi. Pernah beberapa kali gw nangis di rumah gegara ejekan temen-temen gw. Sampe akhirnya bokap nyuruh buat ngelaser tanda lahir gw biar hilang pas gw udah gedean.

Pas SMP gw ditawari lagi sama bokap. Dan gw nolak. Tauk deh kenapa, lupa. Antara pasrah atau emang takut dilaser :)) Dan tahukah kamu, menurut survey 92% dari remaja perempuan pingin ngerubah tubuh mereka. Ngeri kann?!

Jadi, baik-baiklah pemirsa sekalian kalo ngomong. Jangan sampe omongan kita bikin orang sakit hati. Mending kalo sakit hati doang, kalo dibawa depresi kan panjang urusan. Oh iya, gw juga baca kalo orang yang punya keturunan yang pernah depresi.. maka dia akan lebih rentan ngalamin depresi juga.

Nah.. kalau stres, biasanya gara-gara kewalahan ngalamin tekanan dari luar dan dalam diri seseorang. Stres bisa bikin orang jadi semangat ada juga malah yang jadi patah semangat. Karena tiap orang punya cara tersendiri nanggapi stres yang mereka alami.

Orang yang depresi, orang yang stres.. mereka sama-sama butuh orang terdekat. Butuh orang untuk bercerita dan memahami mereka yang kemudian selalu kasih semangat. Tapi tetep percuma juga kalo si penderita semacam gak punya keinginan untuk lepas dari depresinya.

Biasanya kalo pikiran gw lagi kacau.. gw langsung shalat dan diudahi dengan curhat. Bukannya sotoy, tapi pikir gw depresi / stres bisa hilang kalau kita mendekatkan diri ke Allah SWT. Bersikap sabar, tawakal dan ikhlas. Emang siih, kalo ngomong mah gampang.. tapi percayalah dibalik kesusahan pasti ada kemudahan. Tomorrow is a new day bro! Just hold on, pain ends.

Terakhir.. pesen gw buat temen-temen,
orang terdekat lo sekalipun, gak tau apa yang ada di pikiran lo, di hati lo.. kalo lo gak cerita. 

Sekian, bye.

No comments:

Post a Comment

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^

< > Home
icavin.etc © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.