February 16, 2012

{the peacock wedding} Susunan Adat Minangkabau

huaaaaaah...udah lama bgt gak update blog. bukan krn males, tp krna isi kepala gw kebanyakan tentang website kantor gw yg udah deadline! hmmm.. kayaknya gw mw share tentang adat deh. di post2 mingguan yg lalu, gw sempet mention kalau acara lamaran gw n Avin ngikut adat. waktu ituuu, gw manut2 aja apa kata orang tua.. sampai akhirnyaaaaaa...... gw menemukan kebenaran!!


Maresek
penjajakan pertama sbg permulaan tata cara pernikahan adat. jadiii, pihak keluarga cpw datang ke keluarga cpp. disituu, tante2 dari cpw ngulik2 soal cpp apa dy berminat n cocok buat si cpw. trus acara ini bisa terjadi berulang-ulang sampaai ada kesepakatan.

- versi kita -
ini hubungannya sama pdkt kayaknya yah?! di kita gak pake tante2an buat ngulik2 si Avin. gak usah di kulik jg mau dy sama gw.. hihiihii :p pdkt cukup sebulan, sebulan setelah itu Avin minta ijin ke bokap buat ngebawa hubungan kita lebih serius. seruan yg begini kaaan?!


Maminang / Batimbang Tando (batukar tando)
keluarga cpw mendatangin keluarga cpp buat meminang. kalau pinangan di terima lanjut ke proses tukar tando. tukar tando ini sebagai simbol pengikat dan gak bisa diputusin secara sepihak. di acara ini, cpw n cpp gak ikutan apa2, cm orang tua, ninik mamak dan sesepuh dr masing2 pihak. keluarga cpw dateng bawa macem2, dari sirih pinang, carano sampe buah2an. benda2 yang ditukar adalah benda2 pusaka keluarga.

- versi kita -
maminang tuh klo di indonesia-in artinya lamaran ato tunangan kali yah?! sebulan lebih setelah Avin ijin ke bokap, orang tua Avin dateng ke rumah. dengan maksud yang sama, ngelanjutin maksud Avin buat hubungan yg lebih serius. dr situlah br segala persiapan dimulai. alhamdulillah udah ketemu tanggal buat lamaran versi resmi atau tunangan. insya allah, sebulan sebelum hari H keluarga gw dateng k rumah Avin. klo yang ini sih lebih kearah silaturahmi dan ngebales kunjungan. pas tau aslinya gimana, akhirnya kita sepakat gak pake acara tukeran songket dan ngikut yg versi umumnya aja, tuker cincin. dan alhamdulillah, hari minggu kemaren cincin udah dlm proses pembuatan :)


Mahanta Siriah
cpp n cpw mengabarkan ke seluruh keluarganya kalau mereka akan menikah. acara ini di lakuin di masing2 keluarga. tapi khusus buat yang cpw, dy di wakilin sama sodara perempuannya yang udah menikah. proses kabar-i ini dengan datengin mamak2, keluarga dari ayah dan sesepuh plus bawa gono-gini macem sirih n tembakau.

- versi kita -
kalau di keluarga gw, hmmmmm.. gak usah di kabarin jg udah pada tau semua.. hahaha *tepokjidat* entah emang ikatan batin yg terlalu kuat atau euforia keluarga gw yg lebay pas tau gw mau nikah. tp mungkin nanti pas uda deket2 akad, gw bakal datengin kakak n adeknya nyokap bokap sama yg adek2nya kakek gw yg masih ada.


Babako-Babaki
ini acara khusus antara cpw dengan keluarga dari ayahnya. keluarga ayahnya dateng bawa macem2 sebagai simbol kasih sayang. mereka dateng bawa macem2 dari sirih lengkap, nasi kuning sampe barang2 keperluan cpw kayak pakaian, perhiasan dll. prosesinya ituu, si cpw di jemput n di bawa ke rumah keluarga ayahnya, yg tetua ucap-ucap kasih nasihat n sisanya acara ramah-tamah. si cpw baru di pulangin lagi besoknya dan di arak!! *heee, di arak?!*

- versi gw -
huaaaah, ribet ah! nanti gw gak pake acara yg gini2. bukannya jadi malah merepotkan orang yaah?!


Salam Bainai
tradisi ini dilakuin sehari sebelum akad nikah. acaranya sendiri ada mandi-mandi n pemakaian inai di kuku. jadiii, si cpw keluar dr kamar pakai baju tokah n bersunting rendah di apit sama saudara atau teman sebayanya. mandi-mandi itu mercikin air harum 7 jenis kembang yg dilakuin oleh yg di tuakan dan orang tua dilanjutin sama pemakaian inai. pemakaian inai itu simbol ungkapan kasih sayang n doa restu dari keluarga cpw.

- versi gw -
awalnya niiiiih, pinginnya malam bainai gw itu acara cewawa-an an gw sama keluarga n temen2 gw. inti dari acaranya...makan-makan!! tp gw tetep pakai baju adat n sunting rendah. tapi berhubung gak jadi ada malam bainai.. kandas smuanyaaaaa..! :(


Manjampuik Marapulai
cpp di jemput dan di bawa ke rumah cpw untuk di langsungkannya akad nikah. di acara ini, cpp jg di kasih gelar sebagai tanda udah dewasa. pas jemput2 ini, keluarga cpw bawa sirih lengkap, nasi kuning dan makanan lainnya. tp buat yg di daerah pesisir sumatra barat bawaan di tambah sama payung kuning, tombak/pedang dan uang jemputan. *oooo..ini yg toh yg maksud orang2 klo laki-laki di beli.. * setelah semua prosesi selesai, si cpp di arak ke rumah cpw.


Penyambutan di Rumah Anak Daro
tradisi penyambutan cpp di rumah cpw biasanya di lakuin dengan meriah. ada musik2 dari talempong dan gendang tabuik. trus ada silat n tari Gelombang Adat Timbal Balik. saat kedatangan akan ada barisan perempuan2 yg bawa sirih lengkap dan sesepuh menaburi beras kuning. sebelum memasuki pintu rumah, kaki cpp akan di percikan air sebagai lambang mensucikan.. dan berjalan di atas kain putih menuju tempat akad.

- versi kita -
insya allah gw n avin akan menikah di hari dan gedung yang sama. soal prosesnya kayak gimana.. blm ada omong2an kearah sana. pengalaman gw wo biasanya, keluarga cpp ngumpul dl bebaris.. trus di sambut sama keluarga cpw. si cpp langsung di dudukin di depan penghulu n wali si cpw.. kemungkinan besar kayak gitu jg deh buat gw n Avin nantinya.. yang heboh2nya di pindahin di resepsi..


Akad Nikah
ada 5 acara adat minang yg dilakukan setelah prosesi akad berlangsung. mamulangkan tando ; pengembalian ikatan janji keluarga sewaktu lamaran, malewakan gala marapulai ; mengumumkan gelar pengantin pria, balantuang kaniang ; kening pengantin di bersentuhan yg hanya dipisahkan oleh kipas. saat kipas ditarik keatas, maka kening pengantin akan beradu, mangaruak nasi kuniang ; penganti berebut potongan daging ayam yg tersembunyi di dalam nasi kuning dan bamain coki ; main catur minang.

versi kita
kalo gw n avin mah abis akad.........ganti baju, touch-up n masang sunting! :p


baiklaaah.. hampir gak ada adat di semua prosesi a-z nya penikahan gw n avin nantinya. alesannya, rempong ciiiiynnt!! :p btw, mudah2 yg baca blog ini bisa ngertiin cara gw ngedeskripsiin tiap acara ato upacara, gw ambil intisarinya.. trus gw rangkum ala gw.. hehe. 


semoga bermanfaat...
cheers :)

No comments:

Post a Comment

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^