November 17, 2017

wheretogo - East Nusa Tenggara | Tanggedu Waterfall, Sumba


Sekitar 3 mingguan yang lalu, gw dan uud memutuskan buat jalan-jalan ke Tanggedu Waterfall. Yang kemudian, temen bule Hungaria yang satu villa dengan kita juga ikutan ngikut ke Tanggedu. Kenapa memilih Tanggedu, soalnya udah lama banget gw gak hiking nelusuri gunung masuk ke hutan. Belagu aja gituu, gak inget umur. Dan gak inget kalo ini tuh Sumba.. gunung batu karang. Gak sama rasanya kayak ngedaki gunung di Pulau Jawa. Hihihiiii..

Air Terjun Tanggedu lokasinya di ..... hmm, gak tau nama daerahnya. Tapi yang pasti dari Waingapu cuma 1 setengah jam perjalanan sampai ke parkiran. Menuju kesana, kita lewatin Puru Kambera (ini area favorite gw di Sumba Timur). Terus nanti ada petunjuk jalan arah Air Terjun Tanggedu, belok deh. Teruuuuuusssssss aja susurin jalan sampe nemu parkiran. 'Terus'nya panjang bener sis?! Yooooiihh, perjalanan emang masih panjang bro.

Sumpah panjang. 

Tapi indah.


Tinggal ikutin aja jalur yang warna putih. 
Fyi, ini foto gw ambil di awal perjalanan.. sedangkan untuk sampai mentok masih nun jauh disana..


Perkampungan yang kita lewatin.

Lo bakalan nyusurin perbukitan tak berujung, beberapa lembah, banyak perkampungan dan nyetir di pinggir jurang.. yang misal lo jatoh, gak kan ada yang tau. Tapi apa yang lo lihat, gila.. indah! lucunya, si spot yang indah ini bakalan hilang setelah lo sampe puncak bukit, yang itu cukup lama biar sampe puncak dan tetiba lo akan bosen dengan apa yang lo lihat. Lalu udah sampai puncak lo turun bukit.. terus lo temuin lagi keindahan yang berbeda, yang di mana si indahnya itu hilangnya pas lo mulai nanjak.. lalu lo bosen lagi. Gitu aja terus sampe lo parkir mobil. Hahaha, ngerti kan maksud gw?

Yang gw maksud parkiran disini sebenernya area perkampungan. Jadi kita numpang parkir disana. Tapi tenang lo gak bakalan nyasar manuju desa yang gw maksud. Karena jalannya gak belok-belok, tinggal ikutin aja sampe mentok. Dari parkiran, baru deh kita jalan. Pertama-tama kita turun lembah, nyebrangin kali, naik lagi.. jalan terus nyusurin beberapa perkampungan (yang ini tanah datar) jalan mentok sampe lo lihat jurang. Naaah, si Air Terjun Tanggedu ada di bawah jurang itu.


Perjalanan biar sampe bawah jurang, menurut gw lumayan modyaarr..! Bukaan jalan cuma buat satu orang, di tambah lagi teksturnya yang bukan tanah. Tapi batu. Batunya batu karang pula, jadi banyak pecahan batu kecil dan pasir yang bikin licin. Gw saranin kesana mending pake sepatu gunung aja. Kebeneran gw pake sendal gunung, dan Uud paka sendal jepit. Alhasil di beberapa spot kita gak beralas kaki karena licin.

Pas sampai dasar jurang yang gw lakuin pertama kali adalah ngerendemin kaki sambil bengong. Kemana mata memandang, yang di pandang kece semua. 




Air terjun Tanggedu ternyata kumpulan beberapa air terjun. Yang kelihat mata so far ada 5 air terjun di satu area.. tapi entah masih ada lagi apa enggak kalo kita jalan makin jauh. Foto yang terakhir adalah ujungnya. Yang saat air udah ngelewatin tebing batu berubah jadi aliran sungai biasa. Airnya, sumpah jernih banget dan dalam. Udah gitu, banyak cekukan batu yang bikin kita bisa berendam dan ngedapetin spa alami. 

Kalau di total, kita jalan dari kota Waingapu sekitar jam 1 siang, sampai parkiran jam setengah 3an, sampai air terjun jam setengah 4an, dan balik dari air terjun sekitar jam 5 sore. Satu setengah jam cukup kok buat nikmatin air terjun sambil foto-foto dan ngobrol. Dan gwpun nyaranin untuk gak jalan pagi kalo mau ke Tanggedu. Bukan apa-apa, yakin mau panas-panasan? Matahari di langit Sumba beda. Panasnya mentereng dan jarang pohon.





Kira-kira begini medan dataran rendah yang gw maksud sebelum sampai ke pinggir jurang.
Sorry, fotonya agak gelap.. karena emang fotonya pas perjalanan balik. Gw gak sanggup megang kamera di perjalanan awal. Puanas banget, sumpah!


Dan di akhir perjalanan, Mimi.. si anak bule dari Hungaria tiba-tiba metik bunga kering dan kasih tuh bunga ke Uud. katanya, "This is for you Malvin. I get this from Sumba, so you must take care of it..".

Yang suka aktifitas outdoor sok masukin Air Terjun Tanggedu ke itinerary Sumbanya. Rekomen. Soalnya sampe sekarang gw ngetik ini gw masih gagal move on, dan masih nginget detail soal perjalanan gw ke Tanggedu kamaren itu. Cumaaaaa, kalo di ajak kesini lagi sih.. gw memilih tidak. Aku tak sangguuuupppp.. hihihii.

Oiya, kesini bawa bekel dari rumah yaa.. snack ataupun air mineral. Gak ada warung sama sekali soalnya. Dan, hati-hati di tiap langkah yang lo buat. Kalo sampai terjadi apa-apa, lo bakal kesusahan buat ngedapetin pertolongan pertama.

Sekian cerita gw. Semoga berhasil bikin yang baca beli tiket ke Sumba.. hehee 




**
all those photos and posts are mine. do not use them without permission.
kalo mau pake foto / artikel gw, permisi dulu sama yang punya yaa..

No comments:

Post a Comment

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^

< > Home
icavin.etc © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.