April 29, 2018

wheretogo - East Nusa Tenggara | Kelimutu Lake, Ende - Flores

Beberapa hari yang lalu Uud ada keperluan kerja di Ende, Flores.. dan gw ikut. Taruhan, pasti banyak yang gak ngeh sama kota Ende yang ada di pulau Flores deh. Jangankan Ende.. masih ada aja kok temen atau keluarga gw yang gak tau Propinsi Nusa Tenggara Timur ada di sebelah mana Indonesia. Mmpph, so sad! Padahal buat gw, Propinsi Nusa Tenggara Timur itu jadi propinsi paling kece yang pernah gw datengin. 

Okay, balik ke Ende. Ende itu nama salah satu kota di Pulau Flores. Kotanya sendiri bukan kota yang besar, tapi sebenernya Kota Ende termasuk salah satu kota bersejarah buat Indonesia. Karena Presiden Soekarno pernah diasingkan Belanda di kota ini beberapa tahun. Gw juga mau cerita soal ini, tapi nanti yaa di postingan selanjutnya.. gw mau baca-baca dulu sejarahnya gimana. 

Jadi gw sharing tentang Danau Kelimutu dulu yaa.. mumpung masih fresh. Hehe. 


Danau Kelimutu sebenernya sisa kawah dari letusan Gunung Kelimutu. Dan jumlahnya ada 3 danau. Aslinya saat ditemukan, ketiga danau ini berwarna merah putih dan biru. Cuma pas gw dateng, warnanya toska muda, toska lebih tua dikit dan warna gelap (entah coklat / hitam / biru tua). Konon, katanya warna-warna danau berubah-rubah kalau mau ada bencana alam yang luar biasa di Indonesia. Believe it or not sih. 

Lokasinya sekitar 1 setengah jam perjalan dari Kota Ende. Jadilah gw dan Uud jalan dari hotel jam 3.30 pagi. Sampai area parkir sekitar jam 5an, langsung deh hiking ke puncak gunungnya. Karena pas kita dateng pendaran cahaya orange udah mulai keliahatan. 



Medan trakingnya gak lebay kok, tangga-tangga gitu. Dari area parkir sampai ke puncak rasanya cuma ngabisin waktu 30 – 45 menit aja. Itupun juga jalan santai. Intinya mah, jangan nyerah di tengah jalan. Malu sama kakek-kakek yang berhasil naik ke puncak. 

Sayang pas gw dan Uud dateng lagi berawan, jadi matahari gak langsung nongol dari atas pegunungan. Tapi tetep WAW kok. 





Kita di kawasan danau cukup lama, bengang-bengong liatin monyet sambil sarapan Pop Mie dan teh jahe. Makan Pop Mie di Kelimutu, rasanya kayak Pop Mie terenak yang pernah gw makan. Dingiiiin. Gw liat hp, suhu udara di Kelimutu itu 15°C.. suhunya sih kayak Puncak, tapi anginnya itu loohh. Nusuk ke tulang.






Sebenernya gw pingin jalan ke tebing perbatasan antara 2 danau. Kayak traveller-traveller di Instagram. Cuma aja kemarin itu ada dari pihak keaman Hutan Lindung Kelimutu yang jagain. Mungkin pernah ada kecelakaan kali yah, jadi gak boleh naik ke tebing dulu sementara waktu. Tapi emang lumayan sih itu tebing kawahnya. Terjal banget, sudut kemiringannya 70 aja! Salah langkah.. bhay.

Hal-hal yang perlu lo tau sebelum ke Kelimutu Lake ;
  • Siapin jaket, minyak kayu putih, air mineral dan snack. Karena lumayan banget buat anget-angetin badan dan biar gak masuk angin. 
  • Bawa senter. Soalnya sama sekali gak ada penerangan. 
  • Siapin uang receh. Buat jajan di puncak Kelimutu. Teh, kopi, energen.. apapun itu harganya 10 ribu.
  • Pakai sepatu/sendal gunung. Pokoknya senyaman mungkin. dari parkiran sampai ke puncak ada kali tuh 1000 anak tangga.
  • Semua kawah di Kelimutu di pagari, dan bisa dipanjat. Tapi.. tetep mawas diri, jangan terlalu cari langkah extrem cuma buat foto bagus di IG. Licin banget, tekstur tanah di sekitaran kawah itu pasir dan kerikil kecil. 
Dan yang terkahir, buang sampah pada tempatnya!

Kawasan Hutan Lindung Kelimutu bersih banget. Dirawat banget sama pengelolanya. Gak nemuin sampah sama sekali gw. Disana juga tersedia tempat sampah di beberapa spot, kebangetan sih kalo masih ada pengunjung yang buang sampah sembarangan.

Jadi temen-temen, Flores itu pulau yang besar. Sayang ah ke Flores cuma ke Labuan Bajo. Wajib banget ngeliat sunrise di Kelimutu Lake!

Sekian, semoga bermanfaat.
Bye for now ^^


**
All photos and posts are MINE. Do not use them without my permission.
Kalo mau pake foto / artikel gw, permisi dulu sama yang punya ya. Be smart!

No comments:

Post a Comment

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^

< > Home
icavin.etc © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.