January 24, 2012

Nasihat Tante Cantik Buat Ponakan Manis..

pas kmrn ke kantor Des Iskandar, gw banyak ngobrol sm mama Des. gw gak ngerti sbenernya, knp dr sekian banyak sepupu gw.. cm dr gw ke bawah yg manggil tante dengan sebutan mama. mama Des itu kakaknya nyokap gw no.3 dan nyokap gw si bontotnya. awal2 sempet cerita pas awl nyokap bokap gw merit taun 85. kebetulan nyokap bokap gw itu client pertamanya mama Des. senyum2 sendiri liatin ponakannya.. tau2 cerita pas jamannya gw br lahir, kebetulan si mama Des-lah yg kebagian tugas ngemandiin gw sampe tali puser gw copot sekalian ngajarin nyokap. ktnya waktu itu nyokap gw masih takut2 buat mandiin gw. dan skarang beliau takjub! itu smua udah 26 taun yg lalu......

malemnya, qta makan di cafe betawi gading. di perjalanan dr mobil menuju restaurant gw dapet beberapa wejangan tentang kehidupan dr mama des. gmn jadi istri dan cara pandang tentang hidup..


di belakang suami yg sukses ada istri yg hebat.
kt mama Des, "di dlm rumah tangga itu harus bs saling support, saling mengisi dan harus bisa menempatkan diri. cara perpikir jernih dan berkepala dingin posisinya mesti di atas ego, nafsu dan perasaan. selama apa yg di lakuin sm suami ada di dlm koridor agama ada baiknya kita dukung. pd intinya, suami yg sayang sm istrinya itu akan lakuin apapun demi bahagiain istri. naaah, si istri gak boleh aji mumpung. jgn minta suatu yg di luar batas kemampuan suami, harus pinter buat prioritas. inget Ica, mengambil hak orang lain itu salah. apa yg kita tanam, akan kita petik jg buahnya."

nasihat mama Des yg ini kayaknya lebih nanemin soal materi. ini pe-er buat gw n avin untuk didik keluarga kecil qta nanti (insya allah) dengan gak menomorsatukan materi. materi emang penting, tp ada banyak hal yg jauuuuuh lbh penting dari sekedar harta. kadang perasaan cepat puas ada nilai plus-nya jg. gak maksain kehendak salah satu pihak. dan gw yakin, Allah itu Maha Baik. selama ada kemauan n usage.. pasti Allah kasih jalan. soal lama atau cepatnya biarin aja itu jd urusan Allah. gak ada salahnya jd pemimpi. dan kita-pun berhak punya mimpi setinggi langit angkasa.. dl avin pernah ngomong k gw "klo punya mimpi itu harus setinggi langit. kalaupun kmu gagal.. paling gak kmu uda liat bintang" hihihiii..

berbuat baik antar sesama.
"orang itu sifatnya beda2. gak smuanya baik n gak semuanya jahat. tp qta harus berbuat baik sm orang. gak boleh sombong. omongan jg mesti di jaga. jgn ngeremehin orang. klo gak suka diem aja. apapun itu, yg baik ato yg jelek pasti ada balesannya. dan balesannya bisa dateng kpn aja.. malah bisa jd Allah kasih balesan ke anak-cucu Ica nantinya"

seneng rasanya kalo yg orang inget tentang kita adalah kebaikan yg kita punya. sekecil apapun itu. soal gmn caranya berbuat baik sama orang gak perlu lah ya gw jabarin. masing2 orang punya cara masing buat membantu sekitarnya. tp yg mw gw garis bawahin itu jangan terlalu baik sama orang! yess it is!! jaman sekarang, orang tuh di kasih hati minta jantung. sooo, lebih baik membantu orang secukupnya aja gak lewatin batas. salah2 nanti malah ngorbanin hubungan baik. stupid aja hubungan baik rusak gr2 hal sepele....ya kann??

memberi maaf.
"mau orang itu minta maaf ato enggak, maafin aja. dengan kita memaafkan bisa ngilangin sifat benci ke orang yg bersangkutan. nyimpen sifat benci itu gak baik buat pikiran dan badan caa. kesel boleh.. wajar kok. tp jgn lama2. anggep aja Ica habis di kasih pelajaran sm allah, tp melalui orang itu. kuncinya ikhlas n berpikir positif.."

udah pernah gw lalui dengan sukses klo yg ini! justru dengan maafin bawaannya jd tenang. malahan bisa jd, orang yg berbuat salah.. hidup dy yg jd gak tenang. emaang sii, prosesnya lama. dan mungkin akan beda2 tiap orang. yg tau kapan waktunya memaafkan.. yg cm hati kita yg tau. Allah Maha Adil dan Maha Tau.. jd kembaliin aja smuanya sama Yang Punya Jagat!


kurang lebihnya ini inti percakapan gw n mama des waktu itu. mudah2an bs jd inspirasi jg buat yg baca blog gw. cheers.......

No comments:

Post a Comment

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^