August 22, 2014

casa di malvins | Welcome


ihiiy, udah lama banget gak setor mukadimah di mari. jadi ceritanya dari april sampe seminggu sebelum lebaran rumah yg kita tinggalin di renovasi. knp di renovasi? cuma pingin jadiin rumah ini senyaman mungkin dan jadi rumah yg emang 'kita' banget! area yg di renovasi juga gak semuanya.. cuma lantai bawah kecuali area service. dan berhubung ruangan2 yg abis di renovasi masih pada kosong. jadi gw sharingnya nyicil yaak..hihihii.

mulai dr area dean dulu..

salah satu penampakan yg di rubah itu, pager. pager yg lama udah ada dr jaman gw smp. udah karatan parah dan gampang banget buat di loncatin. pas diskusi sama uud, ternyata jempol uud ngacung. setuju doi kita ganti pager. trus kita cari2 lah tuh kira2 pager yg simple, kontemporer dan ngasih kesan 'welcome' ke orang2. pilihannya jatuh ke pager dr semacam wire-mash. dan dengan pede-nya di cat merah di bagian luar. alhamdulillahnya ternyata itu pilihan tepat, hihi..

kan yg punya urusan mesen pager ke tukang besi itu, Uud. ternyata diem2 dy mesen kandang anjing aja loooh. iyuuup, kandang anjing! jadi taman yg seada2nya itu di kurangin lagi 2m x 80cm buat kandang anjing. dan gw tau itu pas pengerjaan instalment di mulai. sumpaaaah, akal2an banget ini laki gw!! (>.<)

kandang anjingnya di buat setema kayak pager yg di pesen. plus di tambah atap di bagian pojok. pas tukang ngebongkar sebagian taman, agak2 sedih juga sebenernya. tp apa mau dikata?! udah terlanjur :( kandangnya ini ci uud well prepared banget. lantai di cor dan di siapin saluran pembungan yg langsung ke got.

tadinya di taman yg gak seberapanya gw ada pohon palem, pohon suji, jeruk kip, jasmin, tanduk rusa dan sabrina. posisinya aur2an. skalian aja gw minta tukang taneman langganan nyokap buat mampir. tanah di gemburiin lagi, pohon palem dan pohon suji di buang dan pohon jeruk kip di pindah ke pot. rumput juga akhirnya di ganti, krn udah banyak yg mati gara2 sebagian ketumpuk sama puing2 n jarang di siram.. hihi, my bad!

pohon jasmin akhirnya di tata di bagian depan, mepet sama pager. pohon sabrina di tanem di samping kandang anjing, maksudnya buat ngeminimalisin cipratan ujan ke dlm kandang. trus tanduk rusa di tempel di dinding. biar ada warna2nya dikit, gw beli pohon kamboja bali bunga merah. trus trus trus.. skrng udah berbunga? belon! tingginya aja masih 80cm sis. haha, abisan tanaman skrng mahal2 banget dah... pusing gw.

proses pasang pager ini makan waktu seminggu aja loh sampe bener2 beres. 
gak napa deh lama, yg penting hepi liat hasilnya ^^ 

 
ki : taman seimprit di depan rumah di bikin se-clear mungkin.
ka : bel ayam jago *fav!*. 

----------
ngakalin rumah yg lebarnya gak seberapa emng mesti pinter2 nyiasatin. dr soal pager, warna dinding, warna kusen, material yg di pake, pergola, lampu dll.. salah2 bisa makin keliatan kecil. n jangan salah, tiap produk arsitektur pasti punya efek psikologis buat yg ngeliat..

pager.pager yg ketutup (di buat tembok masif / pake material yg padet / dilapisi lembar fiber) ngasih kesan kalo yg punya rumah adalah orang yg tertutup, punya rahasia dan cinderung orang yg was-was. kalo pager yg kebuka itu punya efek psikologis yg berseberangan. tp emang sih, kalo ngomongin soal pager di jaman skrng lebih kearah antisipasi keamanan.

tapi jangan juga bikin pager yg seperti 'memaksakan', nanti keliatan banget 'kasih tak sampai'-nya. misal rumah dgn lebar 8m kebawah trus pagernya ada sebagian di tembok masif setinggi orang. yg ada itu rumahnya jd gak kliatan. pas pesen tinggi pager, jangan lupa kira2in sama jarak pager - rumah brp meter dan tinggi rumah brp meter. salah2 nanti proporsi rumah secara keseluruhan jd aneh..

carport.buat tipe rumah yg gak lebar2 banget, pilih ubin/batu buat di lantainya yg bewarna cerah. karna bisa kasih kesan lebar dan bersih. gw pribadi gak gt suka sama pergola tp kalo emang ternyata perlu banget bikin pergola, cari material yg enteng dan gak tebal! krn jangan sampe malah kasih kesan rumah berat di depan.

warna.kalau rumah yg kecil, pilih cat dinding yg warna terang. kalo mau ada warna gonjreng macem hijau / orange / merah / biru / dst, usahain si gonjreng maksimal 30% dr keseluhan. yg bagian ini kayaknya yg paling susah. jangan lupa bilang bismillah. klo udah terlanjur dan ternyata gak suka, bisa bisa tiap masuk rumah bete terus selama setaun. gile ajeee, cat dinding eksterior sekarang mahal maakk!


hehe, pelajaran arsitekturnya cukup dl yaa, nanti jd kepanjangan postingan gw. klo emng ada yg mau ditanya / sharing email gw aja.. nanti gw bantu kasih masukan dr segi arsitektur. yuk ah, akin cabut dulu ciiynt..

ciaoou bellaaa..

4 comments:

  1. Pertamax dulu, baru baca, ini pasti rumah, gw pasti lama bacanya! <3

    ReplyDelete
  2. 1. pagernyaaaaa, napsiiirrr! ih beneran ya, ada efek psikologisnya. Mertoku minta pahernya ditutup sedikit biar ga ngeblak, gw malah ngga mau hahahahaha :)) *ketahuan* :P
    2. pintunyaaaaaaaaaaaaaaaaaa.. aaa..a...a.... kenapa bajus skaliiii
    3. yg bikin ngences ituuu penempatan selangnya, pingin deh bikin kaya gitu, ntar gw tanya ke Aryo deh hahaahahahahah, rumah seuplik ini bisa digituin ngga? :P
    4. Akika tersanjung "kalo mau ada warna gonjreng macem hijau" :D

    hahahahaaha, udah ah Ca, bisabisa kepanjangan, gw malah posting bukannya komen :))) lol

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. emang skrng pagernya macem mana mak? ngeblak sengeblak ngeblaknya ngeblak??
      2. hehe, udah dr sononya pintunya begitu. gw cuma ganti warna doang.. sebelomnya oren!
      3. bisa atuuh. langsung cuus ke padjajaran aja fen, melipir ke acehardware. gw beli dsana. klo gak salah harganya gak nyampe 100rebu..
      4. hahahaaa, pas gw nulis jg kebayang2 cat tembok kotaksabun ^^

      huahahahaa, iye mak.. jangan panjang2 ah, nanti yg baca keburu kabur.. :)) LOL

      Delete

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^

< > Home
icavin.etc © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.