November 16, 2016

trip | Pulau Penyu - Bali


sekalinya di tengokin.. yang nengokin segambreng.. 
😂 😘

minggu lalu, nyokap dan tante-om plus 2 orang sepupu gw liburan ke Bali. mereka disini 4hari. dan tujuan pertama adalah Pulau Penyu. gw sendiri belum pernah kesana. selain karna gak ada yg ngajak, juga karna harga transport menuju Pulau Penyu lumayan fantastis.. intinya sik, kesel aja kalo gak sesuai ekspetasi.

jadi, dari airport kita langsung cuss ke arah Tanjung Benoa. gw gak ngeh supirnya berenti dimananya Tanjung Benoa. semacam tempat yg punya parkiran luas, ada restonya dan ada hall besar buat turis ngereserve permainan / speed boat. 

sampe sana, dari turun mobil kita udah di samperin sama semacam sales yg nawarin macam2 kegiatan yg bisa kita lakuin disana. bentukannya kayak menu. udah berikut dengan harga. tips dari gw, klo kesana mending udah browsing2 dulu. maksudnya jangan sampe ng-blank, salesnya persuasif dan posesif soalnya. 


speedboat yang kita pakai

untuk ke Pulau Penyu, setelah tawar2an --sebenernya harga pas, cuma entah gimana tante gw berhasil tawar menawar sama salesnya-- akhirnya sepakat 100ribu seorang buat sewa speedboat ke Pulau Penyu. kata salesnya, nanti kita akan di bawa ke area di mana terumbu karang keliatan dr atas dan bisa kasih makan ikan2 disana. abis itu baru ke Pulau Penyu. 

biaya masuk ke Penyu Farm gak mahal. cuma 10ribu perorang. trus nantinya akan ada guide yg nemenin plus kasih penjelasan detail tentang penyu. 




atas ; penyu berumur 1 bulan  |  bawah ; penyu berumur 1 tahun

jadi sebenernya Pulau Penyu itu bukan pulau kecil di Bali, semacam Pulau Nusa Penida gitu. tapi cuma gundukan pasir yang di kelilingin sama rawa, yang kalau laut lagi pasang dataran ini bakalan ketutup sama air laut. 

kenapa bisa ada penangkaran penyu di Bali?

ceritanya, dulu di tahun 1990-an penyu itu di nyatakan hampir punah di Pulau Bali. penyebab kepunahannya, karena orang Bali ternyata suka makan daging penyu. dan pas ada upacara keagamaan, penyu jadi salah satu hewan wajib untuk di kurbankan. gara-gara itu, akhirnya pemerintah bikin aturan melarang penangkapan / kegiatan jual-beli penyu dengan alasan apapun. 

jadilah di bikin penangkaran penyu / turtle farm di daerah Tanjung Benoa sana. sejak adanya turtle farm ini, populasi penyu di Bali semakin banyak. pas musim kawin, telur-telur yg ada di selamatkan ditetaskan. 

anak penyu yang umurnya 1 bulan, sekitar 50% nya di lepas ke laut. dan sisanya di pelihara. karena, menurut penelitian hanya sebagian kecil anak penyu kecil yg selamat dari ancaman predator. terus setelah 1 tahun, sisa dari 50% tadi setengahnya di lepaskan ke laut. setengahnya lagi di pelihara untuk dijadikan indukan. 


dalamnya turtle farm 

selain penyu berumur 1 bulan dan 1 tahun, ada juga penyu2 yang umurnya puluhan tahun. menurut guide-nya umur penyu yang paling tua disini adalah umur 75 tahun. selain boleh pegang, foto bareng kita juga bisa kasih makan penyu2nya. makanan penyu cuma rumput laut. dan penyu itu super jinak sodara2.. jadi gak perlu takut deket2 sama mereka.

selain penyu, disini juga ada species lain yang gw sendiri gak tau maksudnya apa di taruh disini. biar turisnya gak bosen kali yah ngeliatin penyu doang?! ada beberapa jenis burung, kelelawar, iguana dan ular. agak2 gak nyambung siiiih... hihihiii


salah satu dari beberapa jenis burung di turtle farm

btw, Pulau Penyu sampe sekarang masih masuk list 'wajib kunjung' turis2. jadi pas kemarin gw kesana speedboat penuh banget parkir di tepi pantainya turtle farm. jadi kalo kesana jangan pakai sepatu dan celana panjang yg susah di lipet sampe sedengkul. ato seenggaknya bawa celana ganti. 


beginilah parkiran kapal2nya


sekian, semoga bermanfaat ^^
bhay!


**fotonya pake niat. jangan di comot**


No comments:

Post a Comment

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^