March 14, 2017

Mau Tinggal Lama di Bali?

Sebelumnya, baca dulu :


Setelah gw posting soal tinggal di Bali, ternyata banyak yang kasih respon. Dari yang sekedar komen sampe yang nanya via email. Postingan yang ini anggep aja kelanjutan postingan pertama. Gw bakal ngejawab beberapa pertanyaan yang paling banyak di tanya..


BERAPA SIH RATA-RATA HARGA KOSAN DI BALI?

Gw di Bali, tinggal di tempat yang sama dari pertama kali dateng (hampir 3tahunan yang lalu) sampai sekarang gak pernah pindah. Jadi gw gak update soal harga kosan atau rumah disini. Maksudnya, sila browsing sendiri ibu-ibu.. bapak-bapak.. dan adek-adek semua. Banyak kok website yang ngasih informasi soal ini. 

Kalo kemaren, pas gw ke Bali.. kita cari-cari info di rumah123. Tapi pada akhirnya tempat tinggal yang kita tinggali sekarang ini dapetnya dari jalan sendiri muterin beberapa area. 


SOAL ID GIMANA YA?

Gak gimana-gimana kok. Gw tetep berKTP Jakarta. KK gw-pun tetep KK rumah di Jakarta. Cuma aja, kita yang pendatang sebaiknya punya KIPEM. Ini tuh semacam kartu domisili sementara gitu. Bikinnya di kantor perwakilan masing-masing banjar. 

Banjar itu apa? Di Bali gak ada RT/RW. Adanya banjar. Rasanya sih fungsi dan tugasnya sama aja dengan RT/RW di Jakarta atau daerah lain, cuma sebutannya yang beda. KIPEM kalo gak salah di perpanjangnya setiap 3/4 bulan sekali. Biayanya juga gak mahal kok, gak sampai seratusan ribu. 

Gw dan Uud, kita juga punya KIPEM kok.. cuma aja udah lama gak diperpanjang.. hihihi. Btw,  buat pendatang.. KIPEM jadi salah satu syarat buat buka rekening baru di Bank. 


SAYA BUKAN ORANG BALI, NGELAMAR KERJA DISANA GIMANA YA? APA BISA?

Kalo mau ngelamar kerja disini, ya ngelamar aja. Orang Bali soal kerjaan cukup fair rasanya. Dan di Bali kan kebanyakan bidang pariwisata. Selama background lo gak jauh dari perhotelan dkk, mungkin peluangnya lebih banyak. Dan soal lo orang Bali atau bukannya mah, gak ngaruh. Gak masalah suku dan ras lo apa.. dalam kerja, dimanapun kita kerja.. bukannya yang pegawai yang terbaik itu yang punya semangat juang yang tinggi ya?!

Kalau pertanyaan ini disangkutin ke soal ID. Asal identitas jelas dan gak palsu gak bakal jadi masalah.


KEBANYAKAN WARGA BALI PAKAI MOTOR.. MOBIL.. ATAU JALAN KAKI?

Kalo ini mah tergantung masing-masing orang dan kebutuhannya. Yang punya mobil ya pake mobil. Punya motor ya dipake motornya. Yang gak ada mobil dan motor tinggal ngeGojek atau ngUber. Masing-masing tetep ada plus dan minusnya kok. 

Plusnya pakai mobil. Gak kepanasan.. di Bali, panasnya terik luarr biasa. Disaat daerah lain kena banjir, disini udah 31˚ - 32˚ aja. Tapi kalo sekalinya hujan, apalagi akhir - awal tahun.. hujannya plus angin kenceng. Konon katanya tuh angin dari Australia. Minusnya, susah cari parkir. Karena disini banyak jalan kecil / gang. Dan gak semua resto ato cafe yang nyediain lahan parkir luas. Apalagi yang lokasinya di Kuta, Seminyak, Ubud. Wassalam deh..

Plusnya pakai motor, ini gw alami kalo ke Ubud. Buat orang yang penasaranan, gw saranin kalo ke Ubud mending naek motor. Kan banyak jalan-jalan kecil tuh. Iseng aja di belokin. Lo gak kan pernah tau kalo lo bakal nemu cafe kece di tengah sawah.


ORANG BALI ITU KARAKTERNYA KAYAK GIMANA YA?

Hmmm.. menurut gw, orang Bali itu adalah orang Indonesia yang punya rasa toleransi paling tinggi. Gw yang disini jadi minoritas ngerasain banget gimana upaya-upaya warga Bali buat tetep bisa berdampingan walau beda agama. Selain soal agama, hubungan antar sesama manusianya juga gak ada keluhan yang gimana-gimana kok. 

Rasanya orang Bali nyantai-nyantai aja deh. Gak ribet kayak kebanyakan orang di Jakarta, yang kenapa dikit dikomenin.. pake baju nyentrik di mol diliatin.. cewek pulang malem digangguin.. disini mah gak ada gitu-gituan. Gw malah ngerasa aman jalan malem sendirian di Bali. 

Tapi mah emang yang namanya hidup bermasyarakat itu intinya jangan ganggu kalo gak mau diganggu balik.. bener kan?!


LIFESTYLE DI BALI SAMA GAK KAYAK DI JAKARTA?

Kalo menurut gw sih gak jauh-jauh amat kok. Bali kan termasuk salah satu propinsi besar di Indonesia. Mol, ada.. walaupun gak sekece di Jakarta. Resto, banyak pilihan.. mau Indonesia, Amerika, Mexico, Italy, Korea, Jepang, India, Cina, Thailand, Arab.. apa lagi?? You named it! Semuanya ada. Wwalayan.. dari yang gede macem kerfur, sampe alfamart.. sampe swalayan jepang.. swalayan korea.. itu juga ada. 

Kalo patokannya ke Jakarta.. bisa di bilang yang ada di Jakarta, di Bali juga ada. maksudnya.. lo gak akan ngalamin kesusahan yang gimana banget ngerantau ke Bali. Malahan sekarang gw kalo di suruh balik ke Jakarta mendadak pusing. Nyahahahaaa..


***
Beradaptasi di tempat baru emang susah-susah gampang. Balik lagi ke pribadi masing-masing orangnya gimana. Tips dari gw, perbanyaklah link. Making new friends. Membuka diri sama berbagai macam tipe orang. 

Kalo gw, pas sampe Bali dengan modal SKSD akhirnya gw punya temen. Yang awalnya dari cuma punya hobby sama, akhirnya bener-bener jadi temen yang bisa di ajak gila bareng. Dan malahan ternyata temen-temen gw ini kebanyakan adalah orang-orang perantau juga. Yang keluarganya besarnya tinggal di daerah asal. Akhirnya kedekatan kitapun seperti keluarga. 

Yang kedua, belajarlah bertoleransi. Toleransi sama diri sendiri aja dulu, baru abis itu ke orang lain. Kenapa gw bilang tolerasi sama diri sendiri lebih penting?! Kebanyakan orang yang merantau rata2-rata suka 'kaget' sama lingkungan baru. Yang biasa di tempat asal 'begini', ternyata di tempat baru 'begitu'.

Kalau mau ngerantau dengan tenang.. kuncinya, yang gak ada jangan di ada-adain.. yang kecil jangan di gede-gedein. Dimana bumi dipijak.. disitu langit dijunjung. Dimanapun kita tinggal, jangan egois maunya sendiri. Anggep aja perantauan lo ini sebagai tempat lo belajar jadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya..

Goodluck buat temen-temen yang akan ataupun yang baru berpikir untuk mengadu nasib di Bali.. lo gak akan pernah tau kalo lo gak coba..

Kalo ada pertanyaan lagi, feel free to ask yaa :)

No comments:

Post a Comment

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^

< > Home
icavin.etc © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.