March 2, 2018

Etika Di Bandara dan Pesawat

Bandara itu salah satu bangunan favorite gw. Bahkan, Tugas Akhir gwpun bikin airport. Selain karena ketertarikan gw sama dinamika-nya, yang bikin gw seneng itu.. di bandara lo bisa lihat macam-macam orang. Yang lagi seneng karena mau traveling, ato yang lagi sedih ditinggal LDR. Yang sendal jepitan doang.. yang niat pake segala-gala. Yang bawa ransel doang, yang berkoper-koper. Dan terakhir, yang tau etika sama yang gak tau etika!

Yang terakhir ini yang bikin gemes. 

Gw yang dalam beberapa bulan terakhir ini sekian kali traveling pakai pesawat, dalam sekian kali itu lah pasti adaaaa aja momen-momen yang ngerusak mood jalan-jalan. Dan masih terjadi di airport manapun di Indonesia. Bahkan Jakarta sekalipun. 

1. Security Check
Saat kita mau check in, pasti kita ngelaluin step ini dulu. Yang boleh masuk adalah calon penumpang hari itu. Yang kemudian lanjut ke pemeriksaan barang. Semua barang, cabin ataupun bagasi harus dicheck.
  • Siapkan e-ticket. Kalau travelingnya rombongan, plis kumpulin dulu rombongannya lanjut masuk bareng-bareng. Jangan misah. Biar yang megang e-ticket satu, tapi suka dihitung jumlah rombongannya. 
  • Jangan nyerobot. Gw sering nih, pada main nyelak gitu aja. Biarpun orang di depan lo bawaan bagasinya banyak, ya udah sabar aja. Pilihan lainnya lo bisa pindah ke checking machine sebelah.
  • Jangan rusuh kalau disuruh bongkar koper. Kalau ada barang yang mencurigakan petugas bakal minta kita buat ngebuka. Waktu itu gw pernah diminta untuk buka koper gara-gara gw bawa susu kefir seliter. Buat temen-temen yang perempuan, misal koper kalian perlu dilihat petugas.. dan kalian merasa gak nyaman karena lokasi underwear yang terpampang nyata.. jangan ragu buat minta petugas cewek aja yang periksa. Alasan kalian bukan alasan yang mengada-ada kok.
  • Ambil lagi troli yang lo bawa.
2. Check In
Adalah pendaftaran ulang calon penumpang yang udah punya tiket. Tapi mah zaman now, kita bisa check in via web maskapai.. jadi lebih hemat waktu. Sebelum check in, perhatikan dulu loket maskapainya. Kemudian perhatikan juga misal ada perbedaan 'kasta' antrian. Kalau di Garuda Indonesia ada Economy, Business, Corporate dan Priority. Atau kalau yang udah check in via web tinggal masuk ke antrian baggage drop
  • Jangan nyerobot. Antri aja udah sesuai sama urutan kedatangan. Seengaknya perorang, butuh waktu paling gak 3-5 menitan kalau gak banyak bagasi. 
  • Hitung dulu berat bagasinya di rumah. Jadi gak pusing sendiri pas check in. Dan kalaupun ternyata emang gak bisa diakalin lagi, siapin uang tunai buat bayar ke loket.  
  • Lihat ke lantai, disitu ada garis batas antri. Kalo nemu ini, stop! Gw sering nih ngalamin ini. gw lagi check in, tau-tau ada orang bener-bener disebelah gw buat ngantri. Kalo ada kejadian kayak gini, biasanya petugas gak berani buat negor. Gw juga males negor. Paling gw jutekin. Naah, kalo Uud.. siap-siap dijudesin plus "Ngapain? Tuh batas antrinya disitu!".  
  • Balikin troli ke tempatnya. Sumpah deh, jangan ditinggal gitu aja. Kenapa sih ngarep biar orang lain (petugas) yang ngambil? Orang tinggal jalan doang kok. 
3. Screening Gate
Ini adalah pemeriksaan akhir. Yang boleh masuk sini calon penumpang yang sudah check in. Untuk bisa masuk sini, dicheck dulu boarding pass dan kartu identitasnya. Dan tentunya emang lebih detail yang diperiksa.
  • Jangan nyerobot. Bener dah, selow aja. 
  • Patuhi aturan kalau mau cepet. Khusus bagasi cabin, ada beberapa aturan. Hp, jam tangan, kamera, laptop atau apapun yang mengandung logam dikeluarin dari tas.. taruh di baki yang disediain. Gak boleh ada benda tajam dan korek. Buat yang bawa botol minum, kosongin dulu botolnya. Dan dilarang bawa cairan lebih dari 100ml. Jadi jangan ngomel kalo barangnya diambil atau disuruh bolak balik buka ini-itu sama petugas. 
4. Boarding
Boarding kalau istilah gampangnya adalah proses masuknya penumpang ke dalam pesawat sampai duduk manis di dalam pesawat. Biasanya diumumin setengah jam (tergantung ukuran pesawat) sebelum jadwal pesawat take off. Pengecekan disini cuma boarding pass dan kartu identitas.
  • Jangan nyerobot. Karena semua yang antri sama-sama masuk kedalam pesawat yang sama dengan lo. Dan lo gak mungkin ditinggal.

Trus lanjut ketika udah di dalam pesawat. 

1. Duduk di kursi sendiri. 
Jangan belaga bego duduk di kursi orang lain dengan berharap orang lain itu bakalan kasih kursinya ke lo. Pindah tempat duduk diperbolehkan kalau memang tersedia kursi kosong, dan dilakukan saat pesawat udah take off. Buat yang gak paham soal penempatan kursi, lebih baik tanya ke pramugari dari pada salah duduk.

2. Keluar-masukin sendiri bawaannya ke kompartemen.
Jangan manja! Karena sebenernya mah lo kuat-kuat aja kok masukin bawaan lo sendiri. Kan bawaan yang masuk cabin gak boleh lebih dari 7 kg. Buat perempuan, yang biasa duduk sambil melukin tas.. taruh aja tasnya di bawah kursi. Kelar take off bisa dipeluk lagi. Kalau gw, biasanya tas laptop atau kamera gw taruh di bawah kursi. Biar gak repot kalo mau dipakai.

3. Be nice.
Sama siapapun yang ada didalam pesawat, dengan penumpang lainnya maupun pramugari. Jangan lupa, pramugari itu yang akan ngelayani lo selama penerbangan. Misal terjadi apa-apa di pesawat, mereka yang akan mengutamakan hidup lo dibanding hidup mereka sendiri. Dan, jangan disangka jadi pramugari itu enak. kalau sama penumpang lainnya, coba untuk say hi atau kontak mata dan kasih senyum. Kan dia yang bakal duduk disamping lo selama penerbangan. Dan lagi, misal mau ke toilet kan jadi enak permisinya. 

Ngomong-ngomong soal toilet, misal penumpang sebelah mau ke toilet.. lebih baik kasih jalan dengan lo bener-bener keluar dari barisan kursi. Jangan berdiri setengah atau angkat kaki. 

Buat yang bawa anak, jangan lupa bawa alat perang sendiri biar anaknya gak rewel. Misal anaknya emang rewel.. jangan didiemin aja. Please do something! Soalnya gw pernah tuuh, anaknya nangis gak mau diem. Pramugari udah bolak-balik nyoba bantu biar anaknya diem. Beberapa penumpang lainnya udah kasih tau kalo anaknya mungkin laper.. tapi ibunya kekeh buat gak nyusuin (mungkin malu). Karena udah banyak yang protes akhirnya si Ibu nyusiun anaknya. Baru deh diem. 

Satu lagi, koridor pesawat bukan tempat main. Jadi jangan ngebiarin anak lo buat jalan-jalan sendiri di sepanjang koridor. 

4. Jaga kebersihan.
Kebersihan diri sendiri dan kebersihan area tempat duduk lo. Kalo diri sendiri sebenernya lebih ke bau badan aja sih. Asli gengges! Kalo tempat duduk, misal lo abis makan ya bersihin lagi sampah makanan lo. Sekali lagi, kita udah gak hidup di jaman yang ngarepin orang lain buat ngeberesin apa yang lo lakuin.

Yang terakhir, 

5. MATIIN DAN NYALAIN HP KALO UDAH DISURUH.
Nah kan dicapslock. Abisan gemes gw, kok pada gak tahan amat lepas dari hp beberapa jam. Masih sering kok gw ngelihat orang yang musti banget ditegor bolak balik dulu biar hpnya dimatiin atau aeroplane mode. Trus sering juga, pesawat belom juga parkir tau-tau denger notifikasi hp disana-sini. 

Gini loh sodara-sodara, kalo lo cuma mau kasih tau ke orang lain lo udah sampe.. kan bisa pas lo udah di bangunan terminal. Kenapa pingin banget update status detik itu juga sih? Orang lain yang lo hubungi juga paham keleeeus kalo lo udah atau masih di dalam pesawat. Jangan norak ah!


Soal aturan-aturan di atas, hampir tiap pointnya pasti ada tulisan 'Jangan Nyerobot'. Karena ini tuh emang ganggu banget. Pernah saking keselnya, gw judesin aja tuh bapak-bapak yang nyelak pas mau boarding.. "Pak, antri!" dan entengnya si Bapak ngomong "Eehh.. iya mba." sambil cengangas cengenges. Berati kan emang orang-orang yang suka nyerobot ini tau aturan, cuma emang pada konslet aja. 

Tapi, dari semua aturan dan etika yang gw jabarin.. ada satu hal yang paling penting. Ya itu ON TIME! Karena dengan lo on time akan sangat memudahkan lo juga. Saat masih di rumah, coba diperhitungkan dulu antara jadwal boarding sama lama perjalanan menuju bandara. Belum lagi nanti lo bakalan check in dan periksa ini itu. Jangan kayak Uud, selama tahun 2017 kemarin.. 7 kali di tinggal pesawat. Yup, ditinggal pesawat! Sumpah deh, yang begini jangan ditiru. Hayati lelah.

Sekian, dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^

< > Home
icavin.etc © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.