February 13, 2015

tips | Mau Jadi Anak Rantau

selama sebulan ini, gw nyicil packing buat ke Bali. yup.. gw packing sendiri. kalo ada yg bantuin, bukannya cepet selesai malah bikin pusing. tp dengan gw peking sendiri gw jadi tau mana barang2 yg perlu / gak perlu yg ada di rumah. naaah, maksud hati sih mau kasih tips packing besar (pindahan rumah) ala gw.. smoga bermanfaat :)


1. BIKIN RENCANA / LIST
bahan2 yg di perlukan ;
  • denah salon rumah
  • meteran
  • kertas kosong
  • bolpen aneka warna 
semisal pindahan-nya pindahan permanen, mungkin gak perlu bikin planning mana perabot yg di bawa, mana yg enggak. tp kalo kasus gw yg gak permanen dan kebeneran rumah yg akan di tempati nanti di Bali gak sebesar rumah yg di Jakarta. ada sebagian perabot yg di tinggal.

yg gw lakukan adalah diam di setiap ruangan di rumah sambil mikir n ngebayangin. misal ; ruang makan. gw duduk di kursi makan. dan mulai mikir gw mau ruang makan yg kayak gmn di Bali. gw liatin benda2 yg ada di ruang makan sambil bayangin akan di taruh sebelah mana nantinya.

"gw perlu kulkas, nanti di taruhnya dsana (bayangin lokasi) >centang<. rak merah.. kayaknya kalo di bawa nanti bakalan sempit deh >coret<. kalo rak2 piring, gw perlu. kayaknya nanti bisa di taruh di sini >centang<. dispenser, bawa >centang<. meja makan.. okelah, udah trademarknya ini rumah. dan gak bakalan muat juga... kamu disini aja ya mejaa T.T >coret<"

biar kalimat di atas ngomongnya di dalem hati, tapi oret2 di denahnya jangan lupa. bikin denahnya kalo bisa pake ukuran presisi. jd kita bisa ngira2.. misal, ruang makan seluas 3x3 dengan adanya kulkas, dispenser, lemari2, meja makan (di ukur juga) muat apa enggak. kalo emang ternyata muat, tanya lagi di dalem hati, sempit apa enggak..


2. PENYORTIRAN
bahan2 yg di perlukan ;
  • beberapa dus/plastik besar 
ambil contoh lemari pakaian. kalau gw kemarin, gw bawa 3 baskom besar.. trus gw jejerin di lantai. masing2 kasih label 'Bali' , 'Jakarta' , 'kasih orang'. tiap pakaian yg gw ambil gw masukin ke salah satu baskom td. kalau udah selesai tinggal di beresin lg n masukin ke koper (bali), dus (jakarta), plastik (kasih orang).

buat perempuan, pasti pusing deh nyortir pakaian. menurut gw sih.. mesti dipikir mateng. karna jangan sampe malah menuh2in tempat nantinya. ilangin perasaan ketakutan 'gw gak punya baju'. karna toh pada akhirnya, kebanyakan orang akan selalu pakai pakaian yg itu2 lg. alias yg udah nyaman di pake. bener kan??

sebelumnya, kenali dulu tempat yg bakalan di tinggalin. gw misal, Bali. panas, jadi jangan bawa baju yg tebel2. cukup bawa 1-2 sweater/jaket jaga2 kalau sakit ato pas main ke ubud. pantai, jadi heels2 setinggi menara Eiffel gak usah di bawa. banyakin bawa sendal2/flats. misal takut bakalan ada undangan2, bawa sendal kondangan yg tahan banting. karna kebanyakan acara2 di bali itu outdoor. dan sterusnya..


3. EKSEKUSI
bahan2 yg di perlukan ;
  • kardus2 besar 
  • spidol papan tulis 
ini bagian yg terakhir. intinya mah tinggal masuk2in aja barang2 hasil sortir 'Bali' kedalam kardus. cumaaa, ada beberapa hal yg mesti di lakuin dulu. kalo gw kmrn, beberapa barang ada yg gw plastikin dan gw lilit pake bubble wrap buat yg pecah belah. gw ngebagi kardus2 berdasarkan ruangan. semua yg berbau dapur gw masukin dlm kardus yg sama, barang2 yg ada di kamar gw masukin dlm 1 kardus, dst.

udah selesai, tinggal di tulis di kardusnya. tulis nomor ato tulis nama ruangan. jangan lupa tulis "jangan di banting" buat kasdus yg pecah belah. selesai deh.. hihihii


ngerjain peking2an besar buat pindahan emang malesin. mood mesti ON terus. tips dr gw, coba bikin jadwal sendiri dr jauh2 hari. hari ini pekingin ini, besok pekingin itu, dst. biar yg di pekingin sedikit2, yg penting beres.

oiya, satu lg yg penting, NIAT...! :)) :)) :))

No comments:

Post a Comment

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^