April 6, 2015

trip | Nyepi di Bali

gw mau berbagi pengalaman soal ngelewatin Nyepi di Bali. tp sebelumnya, gw mau ngajak yg baca blog gw buat ngebuka dl pikirannya. karna bukan berarti gw tulis soal ini bearti gw ikut ngerayain. tp lebih ke mau ngasih liat indahnya bertoleransi sama perbedaan.


oke then, lets go..!

udah dr 2 minggu sebelum Nyepi, gw n Uud sepakat buat lewatin nyepi di rumah aja. kenapa? karna pingin tau aja. penasaran. tp mungkin Uud banyak ngobrol kali yah sama temen2 kantornya soal Nyepi bakalan kayak gmn situasinya. akhirnya "oke Nde, kita nginep di hotel ajah" hahahhaa.. udah jiper duluan. sengaja kita pilih hotel di daerah Kuta. karna banyak sumber yg bilang kalo biasanya perayaan di Kuta lebih meriah di banding daerah2 lainnya.

Nyepi atau tahun baru saka adalah salah satu hari besarnya umat Hindu. di hari Nyepi itu seluruh umat Hindu berdiam diri di dalam rumah. ada beberapa temen yg bilang, kalo saat Nyepi itu umat Hindu seperti berpikir, meresapi dan memohon kepada Tuhannya agar umat manusia dan alamnya kembali suci. mungkin kalau di Islam selayaknya kita umat muslim di bulan Ramadhan *mungkiin.. :)

seminggu menjelang Nyepi, wilayah Bali suka mendadak macet. macetnya karna ada iring2an umat Hindu yg mau berdoa di Pura. ato ada ogoh2 yg di taruh di pinggir jalan. tp macetnya Bali mah gak ada apa2nya di banding Jakarta. hahahaa, maklum.. mentalnya masih mental anak Jakarta. selain suka mendadak macet, minggu terakhir menjelang Nyepi jg bikin swalayan rame serame2nya. orang2 pada belanja makanan buat stok pas Nyepi.

tahun ini Nyepi jatuhnya hari sabtu, jd gw n Uud nginep di hotel dr jumat siang. Nyepi itu di mulai dr fajr ketemu fajr. bener bener 24jam tanpa listrik, tanpa bising, tanpa cahaya. dan gw jg baru tau ATM pun ikutan offline dr jumat jam 12siang. fyi, Bali adalah satu2nya didunia daerah yg berhasil tidak memperbolehkan pesawat melintas di atas langit Bali. klo menurut gw sih, ini hebat!

malam sebelum Nyepi tiap wilayah di Bali bikin perayaan ogoh2. semacam perayaan malam taun baru kayaknya. menurut kepercayaan umat Hindu, ogoh2 itu adalah dewa jahat yg membawa malapetaka. biasanya tiap wilayah bikin 1 ogoh2 besar (buat di angkut sama orang dewasa) n yg ukuran kecil (buat di angkut sama anak2). sehabis di iring2in kemudian si ogoh2 ini di bakar, dengan maksud besok tahun baru gak ada lagi pengaruh jahat.. yaaa, kurang lebih begitu..

proses pembuatan ogoh2 ini sampe berbulan2. bahannya sih dr styrofoam doang, tp hasilnya luaarr biasa. kagum bgt gw sama seniman2 Bali. mereka bikinnya sangat detail. so no wonder klo dana yg abis buat bikin 1 ogoh2 bisa sampe ratusan juta..

nongkrong di pinggir jalan nunggu acara ogoh-ogoh di mulai

 


acara ogoh-ogoh yg kemaren gw datengin lokasinya di depan Pura Desa Adat Kuta. ada sekitar 14an ogoh2 perwakilan dr beberapa wilayah kuta. tiap wilayah pamerin hasil karya ogoh2 mereka disertai sama tari2an. kemungkinan dalam 1 tampilan ngabisin wakti 30 - 60 menit. gw n Uud, setelah penampilan ke3 langsung melipir aja ke samping. ke tempat si ogoh2 ini antri buat tampil.

habis itu langsung cuss balik ke hotel.

di hotel, pas nyepi kita masih di perbolehkan ngapa2in.. asal gak berisik. kalo sampe berisik bakalan di tegor sama pihak hotel. tp hotel mendadak panas. karna smua akses di tutup sama terpal yg lapisin lagi sama kain hitam. menjelang magrib, pihak hotel langsung taruh beberapa lilin di skitaran area akses hotel. sperti koridor n tangga. listrik di matiin dan di ganti sama genset. jd lampu yg boleh nyala cuma di dalem kamar aja.

oh iya... selain pesawat gak boleh melintas di langit bali n ATM offline, TV kabel jg di matiin. siapa yg matiin?? ya dr pihak TV kabelnya..! sebagai gantinya pihak hotel nyetelin DVD nonstop 24jam. trus klo filmnya gak suka? yaaa.. manyun aja deh sana.. hahahaaa

ada 2 hal yg paling menyenangkan ngelewatin liburan nyepi di Bali. di malam nyepi lo bakalan liat bintang bertebaran. so far, yaa kmrn itulah dlm seumur hidup gw liat bintang melimpah ruah di langit. nyalanya pun nyala. gak pake samar2. bener2 jelas. yg 1 nya lg.. besok paginya lo bisa ngehirup udara paling bersih sedunia. secara gitu, gak ada polusi sama sekali dlm 24 jam.

pernah liat Pantai Kuta bersih sebersih bersihnya?? gw pernah. 
kapan? sehari setelah nyepi.

abis subuhan, gw n Uud langsung jalan ke Pantai Kuta. yg biasanya ogah2an ke tuh pantai karna rame n kotor, jadi buyar smua memori jelek gw sama Pantai Kuta. cakep bangeets.. suer! gak ada sampah sekalipun. beberapa temen yg gw kasih liat foto diatas jg pada bilang "boong lo? ini Kuta?"

buat yg suka traveling kebudayaan, cobain deh skali skali lewatin libur Nyepi di Bali. klo menurut gw sih seru yaaa. dan ada banyak hotel2 yg kasih paket murah Nyepi. berikut tips dr gw klo mau Nyepi di Bali ;
  • siapin cash seperlunya
  • pas belanja makanan secukupnya aja.. jangan seakan takut gak bisa makan pas Nyepi 
  • kendaraan yg di sewa cukup motor aja. kalo mobil bisa gak nyampe2.. karna banyak jalan yg di tutup sama pecalang
  • walau gak merayakan Nyepi, tp hormatilah mereka yg merayakan 
poin yg terakhir penting! kita kan tamu di Bali.. jd hormatilah si tuan rumah. toh si tuan rumahnya pun udah banyak kasih kelonggaran buat kita yg gak ikut merayakan. soal perbedaan ini nanti gw posting di post selanjutnya yaaaa.. bikin draftnya dulu.. hihihii

ya sudah, sekian cerita gw tentang liburan Nyepi di Bali.. see u agaaiin ^^

4 comments:

  1. Kalok pas siang gitu cafe en resto di Bali masih buka ngga Mbak, pas Nyepi? Kebayang para turis yang harus menimbun makanan kalok sekiranya ngga boleh. Hihihi :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak boleh ada aktifitas sama sekali mba.. rata2 bule yg ke bali pas nyepi kan tinggal di hotel mba, mrk bisa makan dr hotel.. :)

      Delete
  2. Pengen juga ngerasain suasana nyepi di Bali. Apalagi pas bagian bintang yang bersinar itu :)

    ReplyDelete
  3. Tahun baru Saka 28 Maret 2017 lalu, kami merasakan Nyepi di Bali. Pengalaman yang sangat sangat luar biasa buat kami. Kami sengaja ingin merasakan suasana Nyepi tersebut, meskipun belum berani ekstrim dengan menyewa villa ataupun tinggal di hotel yang tidak ada aktivitasnya. Tapi setidaknya, sudah cukup sebagai permulaan bagi kami merasakan Nyepi yang se-Sepi sepinya. Mudah mudahan tahun depan 2018, masih ada kesempatan buat kami merasakan Nyepi lagi... cobalah ... Nyepi di Bali is the situation you must try before you die ... :D Salam.

    ReplyDelete

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^