March 3, 2016

Gak Semua Tentang Bali Itu.... Indah

inget dulu, pas gw sounding ke keluarga & temen-temen klo gw dan Uud bakalan pindah ke Bali. hampir semuanya pada komen "aaahh, enaaaaak banget. liburan tiap hari". hihihii, ya ya ya.. ada benernya juga siik. gw selalu sukses bikin iri temen2 path, di saat mereka pada posting tentang macetnya Jakarta, tau2 nyelip dengan sopannya foto sunsetan di Kerobokan.. hahahahaaa

buat yang ke Bali buat liburan mungkin Bali emang begitu indahnya. tapi buat yg menetap di Bali... well, Bali gak seindah itu kawan.. dari yang gw rasain setaun tinggal di Bali, ada beberapa tp bikin emosi yang bikin gw ngusap dada dan ngucap "mending Jakarta kemana2"


warga Bali dalam bermasyarakat.

umumnya tipikal orang Bali itu adalah orang2 yg baik, murah senyum, ramah, dll. tp yg paling gw suka itu, mereka adalah orang2 yg gak suka ikut campur urusan orang -ini yg bikin gw betah tinggal di Bali-. kalo lo liat laki2 bali berbadan besar dan tatoan, jangan takut. mereka itu badan rambo berhati rinto.. hihiii


nah, cumaaaaann...

ada aja beberapa orang yg masih suka aji mumpung. secara, gw berjilbab dengan muka kayak jam gadang. ketebak banget lah klo gw adalah pendatang. selama gw tinggal di Bali udah berkali2 gw jadi korban 'palak'. ada aja orang yang datang ke rumah minta sumbangan paksaan dengan mengatas namakan Banjar. fyi, yg di minta bukan sekedar ceban-noban loooh..!

Banjar itu, pembagian wilayah administratif di Pulau Bali. rasanya semacam kecamatan gt kalo di daerah lain. naah, di dalam banjar ini ada organisasi kepengurusannya. ada Banjar Dinas, yg ngurus administrasi kayak KTP, KK, dll. ada juga Banjar Adat, yg ngurus keadatan.. misal upacara2 agama, pernikahan, kematian, dll.

pas pertama jadi korban, gw langsung ngadu ke Uud. waktu itu Uud bilang "udaaah, sabar aja Nde. kita kan tinggal di tanahnya mereka.." pas kena palak lagi, akhirnya kita bilang ke bapak yg punya rumah dan sekuriti komplek. saran mereka sama, kalo misal ada yg dateng minta duit lagi.. coba mintain surat jalannya dari Banjar.

tp percuma. secara mereka datengnya siang bolong pas hari kerja. dimana cuma ada gw di rumah. mau gw ngomong apa, tetep ngelak. dan gak bakal mau pergi sebelum di kasih uang. kan gw jadi ngerii..



warga Bali dalam berkendara.


jalanan di Bali itu lebarnya cuma muat 1 mobil (kecuali jalan protokol). jadi kalo ada motor di depan lo jalannya lama, dan jalur berlawanan arah ramai kendaraan.. yg bisa lo lakuin, sabar! sering banget gw nemuin pengendara yg jalan lambat di jalur kanan.. nyetir di ruas jalur yg nanggung.. dr kanan ke kiri, kiri ke kanan gak pake sen, dll.

tp yg paling bikin gw bingung, orang2 sini itu males injek rem.. sering gw, mesti nunggu semenitan cuma buat puter balik doang. padahal masih jauuh, tp mobil gw udah di kasih lampu dim. drpada2, akhirnya gw nunggu yg nge-dim lewat. atoo, yg paling bahaya itu pas mobil ato motor tau2 keluar dr persimpangan. idung mobilnya di keluarin dulu, baru dese ngerem.

kesimpulan gw, rasanya toleransi kebanyakan pengendara kendaraan motor di Jakarta masih jauuuh lebih baik dari Bali! iyaaaaaakk, gw tau di Jakarta banyak juga alien di jalanan.. tp ini beda. sungguh!


tapi biar begitu... klo di tanya betah gak di Bali? jawabannya ; "betaaaaaahhh!!" cuma ini yg bikin gw kesel sama Bali, selebihnya... aku cintaaaaa!

4 comments:

  1. hualah itu serem yaa yg datang kerumahhh iih..

    aku pernah lihat yotube isinya tentang bule bikin penelitian soal tukar uang di bali, banyak kurangnya karena ditipu sama orang bali , duuududuh ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyees... sampe skrng yg begitu masih ada Qiah.

      mindsetnya, kalo bule dateng ke Bali.. pasti banyak duit. kadang klo pas ke pasar seni gt, gw suka kasihan sama tu bule2 yg di kasih harga mahal luar biasa di banding orng lokal.. tapii, ya mau gimana?!

      Delete
  2. di daerah wisata trunyan dan pura besakih juga kurang ramah warganya, apa2 di palakin. awalnya cuma bilang seikhlasnya tau2 di akhir ada tarif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wooow... udah pernah ke Trunyan mba? gw aja belon pernah.. wajib kunjung kah mba?

      klo gw, pas kemaren di besakih. pas di loket pembayaran pertama.. terang2an gw udah bilang sm mereka kalo gw sering denger review2 tengan warga Besakih yg suka mintain uang. trus gw bilang, "saya udah bayar segini, saya gak mau lagi ada bayaran2 lagi ya.." dengan nada saklek. merekanya diem aja..

      pas balik, ternyata di tagih lagi uang sama pemandunya.. akhirnya tu pemandu kena omel sm Uud.. hahahaaa..

      Delete

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^