March 15, 2016

trip | Nyepi (lagi) di Bali

gak berasa, sekarang udah yg ke-2 kalinya gw dan Uud Nyepi-an di Bali. tahun lalu.. berhubung masih new comer, jadi kita nginep di hotel di daerah Kuta -- ceritanya ada di sini --, buat tahun ini gw dan Uud setuju buat nyoba ngelaluin Nyepi di rumah.

sehari sebelum Nyepi, gw ke kerfur buat beli cemilan dan plastik sampah hitam extra besar. hari itu, restaurant2 udah mulai tutup, ATM udah offline dari jam 12siang dan toko2 sebagian ada yg buka setengah hari, ada juga yg tutup dari pagi. malamnya, gw dan Uud vespaan keliling lapangan Renon, pingin tau aja pawai ogoh2 di daerah rumah kayak gmn. tp ternyata ogoh-ogohnya gak sekece yg di Kuta. jadilah kita melipir lagi ke daerah Kuta.

perjalanan dr daerah rumah ke Kuta kurang lebih setengah jam kurang. dan kemarin itu jalan udah gelap, lampu di median jalan udah pada di matiin. jalanan, sepi sesepi2nya jalan. motor dan mobil yg lewat cuma sebiji-duabiji. yg supernya adalah, di jalan protokol yg biasanya rame itu lo bisa denger suara jangkrik. yess, jangkrik!!

berhubung tahun lalu udah liat acara pawai ogoh-ogohnya seperti apa, jadi kemarin kita skip dan langsung jalan2 ke area antrian ogoh-ogoh yang mau tampil. dan ternyata, gak seheboh tahun lalu ogoh-ogohnya. yg keren menurut gw cuma 1 ato 2 ogoh-ogoh aja.

 
ki : perjalanan menuju Kuta
ka : ogoh-ogoh di Kuta yg paling keren tahun ini

puas ngeliat ogoh-ogoh gw dan Uud balik ke rumah. di antara 3 paviliun, cuma paviliun gw dan Uud aja yg berpenghuni. sisanya milih tinggal di hotel dan pulang kampung ke daerah asal pas Nyepi. untuk lampu taman.. berhubung beda sirkuit, jadi udah di matiin sama yg punya rumah dari hari sebelumnya..

Nyepi di mulai dari jam 06.00 sampe jam 06.00 besokannya. subuh ketemu subuh. pagi itu kita bangun tidur rasanya sunyiiiiii banget. paling yang kedengeran suara ayam, burung dan sapi. bahkan tetangga sebelah rumah potong kuku aja sampe kedengeran! sumpah.. gak boong! hahaha..

dan entah kenapa yg biasanya mendung, langit cerah banget. gak ada awan sama sekali. gw dan Uud yang gak Nyepi-an, kita tetep beraktifitas kayak biasa cuma gak pake berisik. tetep bebenah, tetep masak, tetep nyiram taman walau ngumpet2 sama pecalang.

pagi pas Nyepi, pas juga sama Gerhana Matahari di Indonesia. kebeneran, paviliun gw dan Uud ngadepnya ke timur. buka pintu utama, matahari di depan mata. gw tungguin, kok yaaa gak gelap2.. padahal sinarnya bikin silau mata. tp kalo di rasa2ni, ini sinar mataharinya kenapa gak ada panas2nya acan?! dari situlah gw baru tau klo ternyata gerhana itu gak bisa di liat kasat mata. bahahahaaa..

pas gw ambil kacamata, kalo anglenya pas.. keliatan sik bentuk bulan sabitnya.. hihihii

siangnya, gw dan Uud gak ngapa2in. cuma nonton tipi (ternyata gak smua TVcable di hentikan siarannya dari pusat) sambil leyeh2 plus ngemil. sorenya, kita grabak-grubuk buat nutupin jendela2 pake plastik sampah item. konon katanya, mata para pecalang cukup jeli kalo liat secuil cahaya nyempil dr jendela. di tambah lagi, ternyata udah ada Perda-nya juga kalo Nyepi ya kudu ikut aturan, kalo enggak ntar kena denda. lah, kan kita makin jiper..

malemnya, smua lampu di rumah mati kecuali lampu kamar tidur itupun gak smua lampu di nyalain. pokoknya kita udah gak ngapa2in lagi selain youtube-an. inget tahun lalu, liat bintang di malam Nyepi ruameeee banget. jadilah gw dan Uud nongkrong dipinggir teras ngeliatin langit. romantisnya, kita duduk berduan bermandikan jutaan bintang. lalu kemudian berubah jadi horor, karena bahkan lo gak bisa liat wujud suami lo saking gelapnya..

stelah utak-atik kamera.. stelah ngumpet2 sama pecalang.. ini buktinya!

pas lagi moto langit, inget ada bintang gw dan Uud di atas sana. yg sampe detik ini kita gak pernah kesampean ngeliat wujudnya kayak apa di Bosscha. trus gw tanya, "Ud.. bintang Nde yg mana?" trus dy nunjuk asal ke langit.. "trus kalo bintangnya Uud?" dy nunjuk gw.. hihihiiii.

balik ke paviliun, langsung ngamar dan matiin lampu. wuuuussz.. gelap dan sunyi! macam hidup di goa.


pagi setelah Nyepi adalah pagi terbersih di dunia meiibii , karna sehari sebelumnya gak ada polusi sama sekali. jadilah dengan niat yg sangat tinggi gw dan Uud liat sunrise di Pantai Sanur. yang biasanya sepi, hari itu tumben2an udah banyak orang. banyak yg jalan pagi di jogging track, sekedar duduk2 aja di pantai, berendem ato malah ada yg semedian ala yoga pose. pokoknya inhale - exhale.. inhale - exhale. sedoot terus oksigen sebelum terkontaminasi lagi.


udahannya, kita jalan ke daerah Seminyak buat cari sarapan. ternyata belom pada buka. kepalang tanggung, akhirnya kita jalan-jalan di pantai sekitaran Seminyak - Canggu. dan ternyata ruameeee banget. yg bikin heran itu, yg menuhin pantai orang lokal smua. kan jarang2an pantai ombak tinggi di penuhin sama warga asli Bali. dan mereka cuma duduk2 aja.

siangnya, kita jalan ke daerah Sesetan, Denpasar. ada Festival Omed-omedan di selenggarain disana. Omed-Omedan ituu, tradisi yg di lakukan setelah Nyepi sama warga Bali yg tinggal di Sesetan. isinya, ritual pengikat keakraban muda-mudi di daerah Sesetan. pengikat keakrabannya berupa peluk dan cium. pesertanya, muda-mudi setempat yg umurnya 17-30 tahun dan belum menikah.


----- videonya lg proses pengeditan, ntar gw update lagi ^^ -----


setelah nyempil2, akhirnya gw dan Uud berhasil nembus ratusan manusia dan ada di posisi paling depan buat nonton acara. Uud megang gopro, gw moto pake hape. kemaren itu emang ramenya ngalahin ngonton konser. padet sepadet padetnya orang. gw yg keasyikan sendiri, tiba2 ajah ngebatin "laaah, kok tas gw enteng bener..?!" reflek langsung liat tas, ternyata tas gw resletingnya udah kebuka lebar. dompet gw raib sodara2!!

duuuuh, makyooosss! berasa kaki ketanem sama bumi. mendadak lemes mikir mesti ngurus ulang segala KTP dan kawan2nya. di tambah lagi dompetnya yg handmade dan nunggu POnya buka sampe beribu2 tahun. bener2 deh, gondok banget gw! langsung aja gw dan Uud ke Polsek Denpasa Selatan buat laporan kehilangan. kata polisinya "waduuuh, ada maling donk disana?!" hahahaa, trademark-nya orang Bali emang baik2. gak doyan ngambil barang orang. cuma aja, yang namanya festival kan terbuka buat umum. siapa aja, umur berapa aja boleh nonton. kebeneran pula, daerah Sesetan udah banyak pendatangnya.

sampe rumah, badan gw lemes kayak belom makan seharian. Uud ngeliatnya cengngengesan, "udaaah, ikhlasin Nde.." gwnya nanggepin dengan senyum kecut..

sekitar jam 10an malem, ada nomer gak dikenal telpon ke Hp. pas gw hallo, "hallo.. dengan risa rahmanda? mbaa, ini ibu saya baru pulang dari Sesetan. beliau nemuin dompet mba tergeletak gitu aja di jalan.. bla bla bla" pas denger ini, gw langsung loncat. badan mendadak seger. Ya Allah, emang yeee.. klo emang udah jodoh dan rejeki, pasti bakalan balik lagi ke kita.

alhamdulillah..

***
walaupun gw gak merayakan Nyepi, tp gw bisa ngerasain hikmah / manfaatnya *di luar konteks agama*. buat penganut agama Hindu, Nyepi ato Silence Day adalah momen berdiam diri.. meresapi dan berintrospeksi. buat kita yg gak merayakan, rasanya kayak kembali alam.. mengistirahatkan badan dan otak. semacam refreshing.

dan kalo di pandang secara global.. kan pernah tuh beberapa kali, banyak kota besar di dunia serentak matin listrik sejam karna adanya isu pemanasan global.. intinya kampanye menyelamatkan bumi. yang istilahnya earth hour. itu aja cuma sejam, yg beberapa tahun lalu (untuk Indonesia aja) bisa ngehemat listrik sebesar 214 megawatt, yg kalo di rupiahin jumlahnya 800jt. naaah, lo banyangin klo sampe 24jam?! gimana gak seger lagi tuh bumi? berapa duit coba penghematannya?

sehari meminimalkan penggunaan listrik dengan seminimal-minimalnya gak susah kok.. suer ^^

No comments:

Post a Comment

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^