April 5, 2016

trip | to Gili - NTB


jadi ceritanya, Uud sedari Senin ada kerjaan keliling Flores selama seminggu. naaaah, dari pada di manyunin bininya pas pulang.. jadilah long weekend kemaren gw di sogok Uud jalan-jalan ke Gili Air dan Gili Trawangan, Lombok. hihihi..

Kepulauan Gili itu ada 3. kalo menurut lokasinya yg terdekat ke Pulau Lombok urutannya; Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan. yang paling rame itu, Gili Trawangan. konon di Gili Trawangan ini dulu 'bebas merdeka'. makannya bule2 pada doyan kesini. walau sekarang udah gak merdeka lagi, tapi tetep bule2 pada demen kesini. kalo dari segi pantainya.. yaaa, layaknya pantai di Lombok. pasir putih, landai dan warna laut dengan gradasi tosca-biru. dan emang siiii, pantai2 di Bali mah masih kalah.. hihihii

kita nyebrang pake speed boat dari Serangan Bai jam 1 siang. lama penyembrangan Bali - Gili Air sekitar 2jam-an lebih. sebenernya biaya penyebrangan rata2 dr Bali ke Gili antara 400rb - 800rb (tergantung jenis kapal) perorang untuk sekali trip. cuma kebeneran kemarin itu ada travel speed boat yang lagi promo gara2 pindah pelabuhan dari Padang Bai ke Serangan Bai.. jadi kita dapet harga 300rb.

speed boatnya 2 tingkat. yang lantai atasnya gak pake atap, kalo yang ini sik bule2 yang doyan.. gw mah ogah! lantai bawah bisa muat sekitar 60an orang. ada AC, tapiii.. ya gitu, gak berasa sama sekali gara2 kebanyakan orang. mana hari itu Bali - Lombok panasnya super panass, sampe Gili Air lepek selepek2nya badan.


Gili Air 

sampe Gili Air, kita langsung jalan ke arah resort tempat kita nginep. di Gili sama sekali gak ada aspal. jalan2nya dari pasir padet. gak ada sama sekali kendaraan yang pakai bensin. cuma ada codomo (delman), sepeda, motor / sepeda listrik.



salah satu mata pencarian di Pulau Gili adalah penyewaan sepeda. 1 penyedia sepeda bisa punya puluhan sepeda buat di sewain. mungkin karna kemaren long weekend gw dan Uud susah banget ngedapetin sepeda. sampe ada yg bilang "saya punya 60sepeda pak, smuanya udah kesewa.." luar biasaaa...! harga sewanya 50rb per 24jam. biasanya di bayar full dulu di muka sebelum kita sewa. 

pas kebeneran kita dapet sepeda, kita di suruh tunggu dulu sebentar di depan kiosnya. trus liat beberapa orang ngerumunin sepedah yg bawa kontainer. ternyata si ibu jualan gado2. karna beda sama yg biasa kita makan, jd kita ikutan pesen gado2nya Gili.. enak dan puedeeesss. makannya di atas opak, ada sayuran, lontong dan mie.

kita nginepnya di Manta Dive Resort. posisinya persis di tepi pantai. kalo dari pelabuhan kira2 butuh 20 menitan jalan kaki. resort ini sebenernya lebih diperuntukan buat para penyelam. ada instrukturnya kalo mau belajar, peralatan diving lengkap dan kolam renang dalem buat belajar juga ada. 


-- gak gw review yaa penginapannya.. gak keinget buat foto2 juga soalnya.. so sorry :) 
tapi cukup rekomen kok.. info lebih lanjut silahkan browsing sendiri.. hehehe --


gw? yaaakkk, lagi2 gw melewatkan kesempatan gw buat diving. padahal kemaren2 baru aja ngepost tentang 'melawan takut'.. tapi ternyata ketakutan gw ini tak terlawankan sodara2. sebelumnya gw sempet isi form untuk besokan paginya gw dan Uud diving. tapiiiii... saat itu, laut makin di pandang makin menyeramkan!

hari pertama gw dan Uud di Gili Air, kita sepedahan! keliling pulau dari ujung ke ujung. gw yang udah bertaun2 gak pernah naek sepedah, berasa banget ngos2annya. ngelewatin tanjakan yang gak seberapa aja rasanya mau pengsan! hahaha. tapi kebayar sama suasana dan pemandangan yg kita lewatin..



sunset di Gili Air gak se-so sweet sunset di Bali. karena posisinya yang paling timur, jadi sunsetnya ketutup sama Pulau Gili lainnya. tapi lumayan laaah, dapet dikit2 gradasi kuning - orangenya. malam di Gili Air cukup menyenangkan, buat yang gak suka hingar bingar pasti betah. btw, di Gili Air udah banyak kok restoran2 pinggir pantainya.. dan masakannya-pun gak maen2. soal rasa juga boleh di adu :))

abis subuh Uud iseng jalan keluar hotel. ternyata hotel tempat kita nginep menghadap ke timur. yg biasanya liat matahari terbit dari laut, sekarang lihatnya dari bukit. dan kitapun sarapan di resto depan hotel. 


selesai sarapan, Uud tetep misuh2 gegara kepingin banget diving. laaah, padahal mah sok atuh klo mau diving.. Uudnya diving gw stay aja di pulau, ngapain kek! tp emang dasar dynya aja yg gak mau jauh2 dari bininya.. hahahaaa.

akhirnya kita putusin buat kanoan. kebeneran pas kemaren sepedaan liat ada counter kano. kano-nya transparan pulak. harga sewa perjamnya 150rb. kebeneran, di Gili Air itu ada beberapa area pantainya yg biasa jd lokasi snorkling turis2. cuma sayang, area yg kita pake buat kano-an udah banyak yg mati terumbu karangnya. cuma ada bbrp spot yg terumbunya masih bagus. 

pas lagi ngedayung2 tau2 lewat speedboat-nya Manta Dive. lagi2 Uud misuh2 di atas kano. pas liat tuh speedboat lewat rasanya semacam lagi di percundangi sama orang2 di dalam speedboat. hahahaa.. ketauan banget cupunya. beraninya liat dr atas doang :))

selesai kanoan kita langsung check out. jalan2 lagi nyusurin pulau pake sepeda sambil tunggu jadwal nyebrang ke Gili Trawangan. btw, sepedaan di Gili jangan takut nyasar. selaen karna pulaunya yg cuma sekiprit.. GPS juga berfungsi disini. 


nyebrang dari Gili Air ke Gili Trawangan sekita 40 menitan. pakai kapal motor besar. sekali angkut bisa muat 50an orang. sekali trip perorangnya 40rb. cuma ya gitu kondisi kapalnya ala kadarnya. angin2an, tempat duduk kurang nyaman dan empil2an..



Gili Trawangan

pas nyampe Gili Trawangan, gw ngebatin "kok gini?" hahaha.. asli shock! padet sepadet-padetnya orang. jauuuuh banget klo di bandingin sama suasana di Gili Air kemarin. orang yang lalu-lalang melimpah, kanan kiri isinya restoran2 plus resort. padet lah pokoknya.. 


sampe pelabuhan kita langsung cari tempat penyewaan sepeda. bisa gempor kalo jalan kaki dari pelabuhan ke hotel. dan ternyata susit juga nyari sepeda kemaren itu. sekalinya ada, gak nyaman di kayuhnya. sekalinya ketemu, harga sewanya mehong. tapi, akhirnya dapet juga, awalnya dikasih harga 70rb, tawar-tawar.. cuma dapet 60rb per 24jam..

tapi ternyata sepedahan di Gili Trawangan gak seenak di Gili Air. jalanan di Gili Trawangan bukan dari pasir padat.. tapi beton (di daerah kota) dan dari konblok. mana konbloknya pada udah gak rata lagi.. buat gw yang gak biasa naek sepeda, rasanya nyiksa banget! pant*t sakit choooy! jadilah sampe hotel rasanya males mau kemana2 lagi..

baca :
hotel | Ombak Sunset Hotel & Villas

malamnya, gw dan Uud makan malam di pasar malam deket pelabuhan. karena tau gw sebel banget sepedaan di Gili Trawangan, Uud sepiknya.. "deket kok Nde, beneran deh. kamu harus coba makan disana.. enak banget. pasti kamu suka.." jadilah tiap ketemu resto ato cafe gw selalu tanya, "itu bukan tempatnya?" .. "kenapa gak makan disitu aja?" .. "emang gak enak makanannya?" dan Uud slalu jawab, "bentar lagi sampee.."

sampe pasar malam.. mata gw emang berbinar2. liat ikan, udang, lobster pada kinclong2 amat minta digigit. hihihihii. jadi pasar malam Gili Trawangan ini selalu buka tiap hari selepas magrib. yang dijual cuma makanan aja. macam kumpulan warung tendaan gitu tapi menu2 warteg.. plus seafood bakar2an.



besokannya, gw udah gak semangat lagi buat sepedaan. mikir sakitnya bikin males. akhirnya abis sarapan, kita jalan2 aja di pantai sekitaran hotel. pantainya cakep sii, cuma ntah kenapa gw ngerasa masih enak di pandang pantai di Gili Air di banding Gili Trawangan. akhirnya kita milih leyeh2 aja di villa sembari tunggu check out.

sebelumnya, Uud udah booking kapal buat nyebrang ke Bali. berangkat jam 12 siang. jadilah kita checkout 1jam sebelumnya. gak di sangka2 ternyata antrian codomo-nya puannjjaaaanggg banget. malah jadi deg2an kalo bakalan di tinggal kapal. karena ada bantuan telpon dari hotel ke pihak travel penyebrangan, kapal di undur penyebrangannya 20menit.


sampe akhirnya kita dapet codomo, sampe2 jam 12.03.. langsung ngibrit ke tempat travelnya. pas sampe di depan pelabuhan, "kapalnya baru aja jalan pak.." Uud kesel! yg sana bilangnya gini.. yg sini bilangnya gitu. dan Uud jg nyium aroma 'akal2an' dari agen travelnya. setelah adu argumen.. akhirnya pihak agen, bantu nyariin kapal baru sebagai gantinya..

dapetlah kita kapal pengganti yang nyebrang jam 14.30 dengan biaya tambahan 700rb berdua. itu juga udah di tombokin sama travel agen sebelumnya sebagai kopensasi dan permintaan maaf. selama nungguin kapal pengganti, gw diem2 aja.. gak ngungkit2 soal keterlambatan kita tadi siang. secaraaaa, naek codomo kan ide brilian gw! dari pada kena manyun kan yeeeeee.. hihihii


" Uud..... makasi ya sogokannya! 
sogokan selanjutnya.. kemana lagi kitaaahhh..?? ^^ "


No comments:

Post a Comment

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^