August 18, 2016

thought | Nikah Muda

*photo by. the photograph wedding for Icavin's wedding

baru2 ini salah satu group wasap gw digegerin sama berita anak salah satu ustad kondang indonesia yg menikah di umur 17 tahun. lah terus kenapa? yaaa, gak napa2.. gak musingin juga kok. nyahahaaa.. menurut gw, mereka yg berani memutuskan buat nikah muda karna cinta, dengan kesadaran penuh, tanpa paksaan dan tanpa kecelakaan.. adalah orang2 yg hebat!

karena..


mereka udah paham apa arti cinta.
wow! gak mudah loh mengerti arti cinta. cinta itu bukan perkara dari mata, turun ke hati. kalo di ilmu psikologi, cinta di bagi 3 ;

cinta pragmatis
sebuah hubungan antara 2 orang yg di dalamnya terjadi keseimbangan antara suka-duka dan adanya timbal baliknya.

cinta altruistik
contohnya itu seperti cinta orang tua kepada anaknya. mau sebandel apa juga itu anak, orang tuanya selalu sayang sama anaknya. tp ada juga yg kasih contoh; masih cinta sama pasangannya walaupun gak hidup bahagia.. tp siik, ini mah emang bego ajeeh -_-

cinta nafsu
klo ini mah cinta yg gak pake otak! dan faktanya adalah, love and s*x are not the same thing!

kalo gw memaknai cinta, hhmm.. cinta itu pengorbanan. saat lo udah bisa ngilangin ego lo dan mau berkorban demi ngebahagiain pasangan lo.. that is it, lo udah cinta bearti..

mampir ke-sini deh, ini tentang seorang laki2 ngungkapin rasa cintanya lewat ilustrasi. 
dan ini kisah nyata!


mereka siap menjadi dewasa lebih cepat. 
ini karna, menurut gw orang yg berumur 17 tahun umumnya belum dewasa. jangankan 17 tahun, 21 tahun pun menurut gw belum masuk kategori dewasa. kalo di terjemahin ke bahasa Inggris, istilahnya mereka itu masih 'young adults'.

bagi perempuan, punya suami yg dewasa itu hukumnya WAJIB. gimana enggak? kan dese kepala keluarga. kalo pimpinan rumah tangganya kelakuan kayak bocah mau dibawa kemana coba??

dewasa itu,
  • bertanggung jawab
  • mandiri
  • menghadapi masalah
  • gak ragu saat ambil keputusan
  • punya tujuan hidup
  • menerima kekurangan diri sendiri dan orang lain
  • bisa membuat prioritas
  • gak putus asa 
dan buat si perempuannya itu sendiri, well.. entah kenapa emang sepertinya perempuan itu di lahirkan dengan kadar kedewasaan yg lebih tinggi di banding laki2. tapi, saat lo mutusin buat nikah.. kadar kedewasaan lo harus berkali2 lipat dari sebelumnya. 

kalo sampe ada orang kayak gitu di umur 17 tahun? gw acungin jempol!


mereka gak takut hidup susah.
dan lagi2, ujung2nya duit. sebenernya sih kalo soal rejeki, gwpun percaya kalo menikah justru akan memperkaya kita. lah iya, kan rejekinya jadi dobel. dan gw juga yakin mereka2 yg memutuskan untuk menikah muda udah paham bener kalo nikah itu gak murah. dikata seperangkat kasur dan divan itu harganya seperak-duaperak apa?!

masalahnya, gak semua rejeki dari Allah itu datengnya cuma2. ada yg datengnya pake acara berkesusahan dulu. naaaaah, klo yg ini balik lagi ke urusan 'dewasa' diatas. jangan aja ribut pingin nikah muda tp abis nikah tetep minta duit jajan sama nyokap bokap.


***
entah kenapa, klo gw liat2 nikah itu sekarang jadi semacam ajang pamer eksistensi diri. cepet2an kayak balapan. gak masalah ah menurut gw kita nikah di umur berapapun kalo emang udah siap lahir batin. tinggal masalah waktu kapan di temuin sama salon suami. bedanya dengan mereka yg nikah muda, ketemu jodohnya lebih cepet. udah itu aja.

selalu tanemin dalam diri, kalo nikah itu cuma sekali seumur hidup. gak usah buru2. belom tentu orang yg lo pacarin bakalan jadi suami lo.. belom tentu juga orang yg ngelamar lo sekarang yg bakalan jadi suami lo.

trus, tau dari mana klo dy itu jodoh lo? saat tiba2 alam semesta mendukung pernikahan lo.. dan sekali lagi gw tulis, cinta itu bisa di logikain. kalo cinta udah gak logis, itu namanya bukan cinta!


peace and love,
bhay!

1 comment:

  1. Setujuuuu 😁 hai ca salam kenal.
    Skrng itu org mutusin nikah uda gampang bgt. Beda sama jaman sy dulu, musti mikirin biaya biar ga nyusahin ortu, nabung, kerja keras, bahagiain ortu dulu pake gaji kerja walaupun ga seberapa.
    Mastiin beneran dia ga jodohnya, mikirin biaya nanti kalo punya anak gmn. Panjanggg...
    Tp kalo sekarang selama ortunya kondang aka banyak uang, br punya ktp juga uda bisa nikah.. Kan ada ortu, nanti kalo punya anak, rezeki pasti ada aja kalo ga ada kan ads ortu 😁😁

    ReplyDelete

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^