September 19, 2016

Dad.. A Daughter's First Love


Di sebuah obrolan random sama temen gw berminggu-minggu yang lalu. Ada satu kalimat menarik yang keluar dari mulut temen gw, "Mba Ica.. Mas Malvin pasti sedikit banyaknya mirip deh sama bokap lo.." awalnya respon gw, "Haaa.. mirip apanyaahhh..?!" Tapi setelah di pikir-pikir.. astagaaaaaa mirip!!

Bukan.. bukan mukanya. Tapi sifat dan kelakuannya.

MEREKA, SI PEMIKIR.
Di rumah bokap gw adalah satunya laki-laki yang realistis. Adek-adek gw belum masuk itungan karena masih masuk ke dalam kategori 'dewasa nanggung'. Mungkin karena itu gw lebih nyambung kalo ngebahas yang berat ke bokap. Kalo Uud, kurang lebihnya sama.

MEREKA, SI YANG GENGSINYA SETINGGI LANGIT.
Nah, yang ini niih.. Masha Allah deh. Nyerah gw.. percis! Apalagi kalo salah, ngelesnya sampai ke ujung dunia gak mau ngaku. Misal pas kita lagi di Jakarta, sering kali Bokap dan Uud semacam bersekutu saling belain sambil cengengesan kalo salah. Klo udah gini gw dan Nyokap cuma bisa tarik napas dalem-dalem.. hihihii

Somehow ini sih yang bikin rumah rame, dari yang awalnya kesel.. lama-lama "Auk ah.. seraaahh!". Hahaahaa.. dan konon, hampir semua cowok berdarah Minang begitu.

MEREKA, SI PERFECTIONIST.
Bedanya, kalo bokap gw perfectionist-nya di segala bidang. Gak tolerirnya dari kerjaan tukang yang berantakan sampe soal kemeja yang kena luntur. Pokoknya selama di matanya Bokap gw gak oke, ganti! Kalo Uud harus perfectnya cuma di kerjaan.. yang lainnya dia mah bodo amatan kayaknya.

MEREKA, SI WORKAHOLIC. 
Ini pasti karena Bokap dan Uud sama-sama orang yang cinta, enjoy, dan tanggung jawab sama kerjaannya. Gw terlahir sebagai anaknya arsitek -lalu kemudian gw jd arsitek-. Yang terbiasa ngeliat dan ngerasain bokap gw pulang malem terus sampe berhari-hari ato berminggu-minggu. Lalu 27 tahun kemudian gw jadi istrinya seorang marketer.

Beda haluan tapi punya jam kerja yang parahnya sama. Lebih parah malahan. Selama kita tinggal di Bali, pulang kantornya Uud jam 7 malam bisa dihitung pakai jari. Harusnya sih gw gak kaget lagi.. ooh wait, bukan kaget. Kesel lebih tepatnya.. tapi yaaa gimana?!


**
Menurut gw, figur ayah itu penting banget buat anak perempuan, laki-laki juga. Tapi buat anak perempuan, ayah itu laki-laki pertama yang dikenal sama si anak. Dari apa yang gw liat di sekitar, perlakuan seorang ayah bisa ngebentuk karakter dari si anak. Kalo dia dapetin cinta, penghargaan dan pujian yg cukup dari ayahnya.. dia bakal jadi anak perempuan yang bisa mencintai dan menghargai dirinya sendiri. Tapi kalo ternyata yang didapat bukan itu, bisa jadi si anak itu jadi orang yang gak percayaan ato bahkan trauma sama laki-laki.

Fyi, menurut penelitian.. anak yang gak dapet kasih sayang ayahnya mengalami hambatan emosi 3x lipat dibanding anak yang gak dapet kasih sayang ibunya. Ngeri kaaann?!

Misal, one day.. kalo gw dan Uud di kasih Allah SWT anak perempuan.. gw akan minta Uud buat;

Selalu ungkapin rasa sayang, pujian dan kasih penghargaan (tapi jangan lebay).
Berhubung gw perempuan, gw tau kira-kira apa yang bakal dibutuhin. Dan ungkapin sayang ato cinta itu gak cukup hanya dengan bahasa tubuh. Ngungkapin pake mulut itu perlu. Terus jangan juga saat ngelakuin kesalahan diomelin, tapi pas ngelakuin hal yang benar didiemin. Memuji orang yang kita sayang gak boleh pake gengsi. Dan gak berarti juga dengan memuji bikin kita yang dipuji tinggi hati kan?!

Kalo kasih penghargaan, mungkin gw bakal terapin yang biasa Bokap gw lakuin ke anak-anaknya deh. Ngasih sesuatu yg diminta. Gak asal ngasih juga, musti ada yang dicapai dulu. Jadi barang tersebut punya value tersendiri buat si anak..

Tunjukin bagaimana seorang gentleman bersikap.
Ini penting. Dan harus banget ayahnya sendiri yang kasih contoh. Soalnya demi masa depan si anak perempuan itu sendiri. Karena banyak laki-laki di luar sana yang kelakuannya kayak bocah tapi umur udah bangkotan. Biar gak salah pilih gitu maksudnya.. hehe.

Dan gimana seorang gentleman bersikap? Beberapa contohnya; bisa menghargai orang yang disayang, pasang badan buat ngelindungi orang yang disayang, berkomitmen, berani ambil keputusan, bertanggung jawab.. trus apa lagi yaa..?

( baca : nikah muda , stop KDRT )


Buat gw, Bokap itu.. he is the King and i'm the princess and thank God i'm the only one princess in the kingdom.. hahahahaa.

Love u Pap..

6 comments:

  1. so sweet! Kak Ica is so lucky bisa punya banyak waktu sama ayah.. aku juga setuju sih sosok ayah penting banget buat anak perempuan, sayangnya I wasn't that lucky. Tapi aku tetap bangga sama ayahku, dan semoga pasanganku nanti bisa melengkapi apa yang kurang-kurang dari ayahku :)

    I Feel Incomplete Without My Dad

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin.. insha allah di kasih jodoh yg terbaik ya mba.. :)

      Delete
  2. bokap kita punya satu kesamaaan mba, yaitu sama sama punay gengsi selangit wkakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyahahahaaa.. udah trademark kayaknya yaaa..

      Delete

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^

< > Home
icavin.etc © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.