August 19, 2018

Asian Games 2018 - Ku Bangga!


Hayooo siapa yang masih gagal move on sama Opening Ceremony Asian Games semalam? Akupun!! Gak nyangka gw pembukaan Asian Games yang kemarin sebegitu kecenya. Semalem gw nontonnya streaming di Youtube. Dibeberapa bagian sih gw gak dapet hype-nya gegara sinyal wifi yang timbul tenggelam dan situasi coffee shop yang berisik.

Nonton dari awal sampai habis, ada beberapa hal yang bikin gw perasaan campur aduk.. bahkan sampai sekarang.


PAK JOKOWI

Iya beliau.. Sang Presiden! Paling jago emang si Bapak bikin kita senyum-senyum lihat tingkah-lakunya yang suka di luar dugaan. Mau loh beliau dibikin film pendek sebagai tanda kedatangannya di Stadion GBK. Kita yang nonton mana kepikiran sih beliau masuk stadion pakai motor (ya walaupun bukan Pak Jokowi asli, kalau yang asli mah masuk area VVIP ngos-ngosan kalii), mana sebelumnya pakai acara ngepot dan terbang pulak.. hihihii.



Dan tiba-tiba si Bapak jogetan!!

Menurut gw penampilan Via Vallen kemarin kurang waw. Secara dia kan nyanyiin official theme song, rasanya masih kurang rame. Panggung yang segitu besarnya cuma ada Via seorang tanpa ada penari latar yang nimbrung.. berasa sepi. Gw yang awalnya ngebatin, "Lah kok gini doang tampilannya.." terus tiba-tiba kamera pindah dan nyorot Pak Jokowi yang asik joget. Ketika itulah tampilan Via yang kurang spekta gak berarti apa-apa.


INDONESIA RAYA DAN DOA UNTUK LOMBOK

Lagu Indonesia Raya dinyanyikan tanpa iringan musik, Tulus di suara satu.. dan backsound-nya adalah ribuan masyarakat Indonesia yang ada di Stadion GBK. Gila sih ini. Yakin gw, pasti lagu Indonesia Raya kedengeran sampai berkilo-kilo jauhnya. 

Sesaat selesai Tulus nyanyi, lalu ada kembang api.. dan masyarakat pada teriak bersautan sambil tepuk tangan. Tiba-tiba dalam sekian detik kita diminta diam, berdoa untuk saudara-saudara kita yang tertimpa musibah di Lombok. Dan ketika itu pula yang tadinya gemuruh.. tiba-tiba semuanya hening. Bener-bener hening.



Siapa yang gak merinding, terharu dan berlinang air mata coba?


SAMBUTAN MERIAH UNTUK PALESTINA

Gw lupa negara yang masuk sebelum Palestina apa, cuma pas tantenya bilang "Palestine." Teriakan masyarakat di Stadion GBK langsung waw gitu. Volume suaranya beda jauh sama sambutan buat negara yang sebelumnya tampil. Walaupun atlet yang ikut iring-iringan gak banyak.. tapi sorakannya luar biasa banget. Dan lama. 


Video ini kurang representative, 
tapi kalo gak percaya coba deh nonton rerun-nya OC kemarin.

Dukungan masyakarat Indonesia yang waw buat Palestina gak cuma pas opening ceremony aja. Di beberapa hari sebelumnya, pas tanding bola untuk kualifikasi juga ada kejadian yang bikin hati makyus. Yang kalah Indonesia.. tapi yang diteriakin semangat malah Palestina. 

Dari yang gw baca-baca, selama tanding.. suporter Indonesia kasih semangat buat tim U23 semacam bikin ciut tim U23 Palestina gitu. Secara ye kaan.. tau sendiri suporter bolanya kita kayak gimana. Tapi ketika akhirnya Indonesia kalah. Gak disangka-sangka suporternya Indonesia malah teriak "Palestina.. Palestina" pas pemain U23 Palestina nyamperin basecampnya suporter Indonesia. 



1500 PENARI RATOEH JAROE

Selama ini kita kenalnya Tari Saman, ternyata salah. Kalau Tari Saman, penarinya laki-laki.. berjumlah ganjil dan kostum yang dipakai adalah pakaian tradisional Gayo. Sedangkan kalau Tari Ratoeh Jaroe, penarinya perempuan, berjumlah genap dan kostum yang dikenakan adalah pakaian polos dengan dipadu songket tradisional Aceh.

Nah cuma, gw gak gitu paham soal perbedaan gerakan tariannya. Ada yang tau mungkin?


Siapapun dia.. pasti ngerasain takjub yang luar biasa pas nonton ini. Iya kan??

Adek-adek yang nari, semuanya masih pelajar SMA ternyata. 1500an penari dari belasan SMA di Jakarta. Yang konon katanya mereka latihan udah dari berbulan-bulan yang lalu. Latihan jalan terus, sekolah-pun gak ditinggal. Salut gw.. *jempol ngacung.

Ada hal lain yang bikin takjub selain kekompakan penarinya.. kostumnya! Sebenernya kostum penarinya itu berlapis-lapis saudara sekalian. Setiap pakaian, ada lapisan warna putih, ungu, orange/merah, hijau. Jadi, si adek-adek penari.. sambil nari, sambil ganti lapisan baju. Menurut gw ini sih WAW banget. Masalahnya yang dinariin bukan tarian yang gampang.. temponya pun juga bukan tempo yang lambat. Gila deh pokoknya.


UNIFY KOREA

Biar ini bukan pertama kalinya Korea Utara dan Korea Selatan bergabung di ajang perhelatan olahraga, tapi kok ya perasaan jadi ikut hepi ngeliat atlet-atlet Unify Korea masuk Stadion GBK sambil bergadengan tangan.


Gw gak nemu videonya di youtube. Nanti kalo ketemu, gw update.


KONTINGEN INDONESIA

Yang paling ditunggu-tunggu akhirnya masuk stadion juga. Pas para atlet masuk, masyarakat Indonesia yang ada di Stadion GBK teriaknya makin menjadi. Padahal mah dari awal udah teriak-teriak, semacam suara gak ada habisnya. Iring-iringan atlet Indonesia tuh iringan yang paling panjang, paling lama.. dan selama itu juga teriakan "Indonesia.. Indonesia" terus-terusan bersautan.



Menurut gw Opening Ceremony Asian Games 2018 semacam pesta rakyat buat kita. Karena semua yang nonton hepi, semuanya terharu dan semua bangga. Isu-isu politik yang sempat hangat langsung hilang saat itu juga.

Tim suksesnya Asian Games 2018 juara banget! Gak salah emang ngangkat Wisnutama sebagai Creative Director. Tapi tapii.. dari yang gw baca di Insta Stories-nya salah satu masyarakat yang datang langsung ke Stadion GBK, sebenarnya apa yang dilihat langsung secara visual gak sekeren kita yang nonton di TV. Posisi tempat duduk sangat menentukan. 

Di beberapa sisi tempat duduk penonton gak bisa ngelihat iring-iringan atlet yang masuk ke stadion karena ketutupan ribuan penari. Begitu juga si tante announcer, dirasa kurang informatif. Sedangkan kita yang nonton di tv, ada buanyaaak banget kamera yang nyorot dari berbagai penjuru Stadion GBK. Udah gitu setiap stasiun tv juga punya announcer sendiri. Jadi lebih informatif.

Cumaaaaaa, euforia yang dirasakan langsung.. itu yang priceless!


Akhir kata, mari kita sukseskan Asian Games 2018 dengan jadi tuan rumah yang baik dan ramah. Semoga selama 2 minggu ini gak ada isu negatif yang tau-tau nongol dari pihak gak bertanggung jawab.

Adek-adek atlet sekalian, selamat bertanding.
Do your best. 

No comments:

Post a Comment

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^

< > Home
icavin.etc © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.