August 27, 2018

Jarimu harimaumu..!! - part.2 -

Sebelumnya baca dulu ;
Jarimu harimaumu..!! - part.1 -


Soal jempol yang salah asuhan ini kok ya perasaan gak habis-habis. Bahkan makin menjadi. Makin serem gitu maksudnya. Jadi kenapa gw angkat topik ini lagi di blog?!

Gara-garanya, gw kan jadi terus pantau berita tentang bencana gempa di Lombok. Gak di TV, di portal berita sampai youtube. Dan kali itu gw baca sampai ke komen-komennya. Tiba-tiba kebacalah komen di salah satu video tentang evakuasi wisatawan di Gili. 

Dia bilang,
“Indonesia tuh sama kayak Jepang. Gempa terus. Tau gak kenapa Jepang sering gempa? Soalnya mereka sering bikin JAV. Gak beda jauhlah sama disini.. maksiat terus.”

Kan gw bingung ya, JAV apaan. Ya udah aja gw browsing. Setelah gw tau, spontan gw ngomong “Si bangkee.. gak ada hubungannya woy!”. Jadi, JAV adalah kependekan dari Japan Adult Video. Alias bokep. Gimana gak emosi coba baca komen kayak gitu?

Setelah itu gw bikin highlight soal netizen yang gak punya otak ini. Pertanyaan gw, “Netizen yang model gini enaknya diapain?”. Pikir gw kan bakalan banyak yang kasih respon dengan kata-kata 'tenggelamkan' dkk. Lah ternyata malah jadi bahasan serius. 


Sebelumnya, kita coba kilik-kilik dulu.. kenapa sih nejiten bisa sejahat itu jempolnya?

1 Netizennya gak ada kerjaan.
Yang pasti kalau dia sibuk, dia gak bakalan punya waktu buat mikir tentang topik yang gak ada hubungan sama diri dia saat itu. Boro-boro nontonin youtube, megang hape aja dia susah.

2 Netizennya gagal paham sama makna kebebasan berpendapat.
Mentang-mentang sekarang eranya bebas bicara, jadi kebablasan! Ngerasa yang dia tulis adalah bentuk dari kebebasan berpendapat. Padahal semestinya gak sebebas itu. Ya emang sih, ada pasalnya. Gak cuma di UUD 1945, bahkan dijamin di salah satu pasal yang ada di Deklarasi Hak Asasi Manusia PBB. 

Cuma, orang yang gak pinter.. gak paham kalau segala sesuatu pasti ada batasannya. Dipikir kebebasan berpendapat gak ada batasannya apa? Ada! Yang sebenarnya, menurut gw gak perlu sampai dibuat aturan tertulisnya. Karena kita sebagai manusia gak cuma dikasih akal sama Allah. Kita juga dikasih hati. 

Jadi bisa dibilang batasannya itu ya hak orang lain juga. Jangan sok-sok-an mengatasnamakan hak asasi manusia kalau ternyata gak mikirin hak asasi orang lain. Intinya sih, jangan marah kalau sampai kita komen asal-asalan kemudian dituntut sama orang yang dia komenin. Apapun yang disampaikan harus bisa dipertanggung jawabkan.

3 Netizennya gak ‘sekolah’.
Nah ini niih, yang akhirnya jadi bahan obrolan di highlight IG waktu itu. Kenapa jadi bawa-bawa sekolah? Karena sekolah adalah tempat belajar. Yang dimana, orang yang bodoh.. selesai sekolah dia jadi pinter. Yang tadinya gak tau, jadi tau.

Ya emang sih tempat belajar bukan cuma di sekolah. Tapi, menurut gw sekolah juga punya peranan penting dalam membentuk pribadi seseorang. Inget dulu kita belajar PMP / PPKN.. yang dibahas bertahun-tahun itu lagi.. itu lagi. Soal tenggang rasa, perbedaan, hak asasi, berjiwa besar, dll yang berhubungan sama konsep hidup bermasyarakat. Dan selalu diingatkan kalau kita, manusia adalah mahkluk sosial. 

Anak muda jaman sekarang, yang istilahnya Gen-Z.. semacam gak paham norma-norma bermasyarakat yang diajarkan di sekolah. Tetep ada pelajarannya kok, cuma aja kemasannya beda sama jaman kita dulu. Menurut temen gw yang punya anak umur sekolah, pelajaran sekarang gak terlalu dalam. Jadi semacam mempelajari kulitnya doang gitu. Sedangkan kita, sampai muntah kali tuh pahamin makna tenggang rasa.

Udah isi kepalanya gak disekolahin, hatinya-pun ikut gak disekolahin. Maksudnya gak paham sama ajaran agama. Pasti deh, semua agama ngajarin umatnya tentang menjalani hidup yang baik dan benar. Biar seorang punya hati nurani, dia musti tau dulu apa yang agamanya ajarin ke dia. 

Sebenernya sih.. kasihan. 

Gak pukul rata cuma Gen-Z aja yang ‘bertingkah’ jempolnya. Sebenernya siapapun, tua-muda yang gak punya manners. Cuma aja, memang kebanyakan mereka yang rata-rata berumur remaja sampai 25 lah yang banyak cincong jempolnya. 


Di posting sebelumnya - Temen Tapi Eneg - , gw tulis kalau temen yang eneg-in di dunia maya bakal jadi orang yang eneg-in juga di dunia nyata. Tapi beda dengan netizen-netizen ini. Rata-rata netizen yang ngeselin ini jadi orang yang gak banyak tingkah di dunia nyata. Karena umumnya mereka orang yang rendah diri. Bukan merendah yaa.. beda.

Dengan kata lain, mereka yang di dunia maya ganas.. di dunia nyata lembek.

Yang sebenernya siih, mereka-mereka ini gak usah kita dipusingin. Ya ngapain juga ngeladenin jagoan kandang?! Ye kann?? Cuma gak bisa dipungkiri, mata ini kadang gak kuat ngeliatnya. Apalagi kalau kita tau mana yang bener.


Gimana? Gedeg gak lo bacanya?

Gw sebagai orang minang.. pas baca ini antara kesel dan terhibur sebenernya. Kesel, karena ya kaliii India?! Masa iya pas upacara kenegaraan istri presiden pakai pakaian kebangsaan negara lain?! Logikanya dimana coba? Terhibur, karena ni orang, si Putra Pelangi sungguh ngelawak. Lagu-laguan pake profile pic bendera Merah Putih berserta Burung Garudanya.. tapi gak paham sama negaranya sendiri. Penasaran gw sama penampakan ni orang kayak gimana.

Begini ya netijen-netijen yang budiman.. buat apa beli smartphone kalo yang pakai gak smart? 


Sekian dan terima kasih.
Lah terus kesimpulan dari tulisan gw ini apa? Mboh, gw sendiri bingung netizen yang bertingkah ini musti digimanain..

No comments:

Post a Comment

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^

< > Home
icavin.etc © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.