December 14, 2016

thought | Jarimu Harimaumu..!!


yang kalo bahasa gw-nya, "jadi orang pinteran dikit napa sih?!"


awalnya, gw maju mundur niih mau ngepost ini. males aja kalo jadi panjang urusan. tapi akhirnya gw pajang juga. abisan makin kesini makin gemes sama berita2 yang menurut gw gak penting, trus gara2 oknum yang doyan ngeshare tanpa berpikir jauh dan positif, akhirnya jadi gede. 

tentang 4.11
disini gw gak membahas soal apa yg dilakuin Pak Ahok. tapi soal apa2 yang terjadi saat dan paska aksi damai kemaren itu. dari berita tentang Presiden Jokowi yang dianggep mendukung si oknum gara2 lebih milih dateng ke Soekarno Hatta dari pada berhadapan langsung sama yg sedang beraksi damai. udah gitu, malemnya terjadi kerusuhan dibeberapa area Jakarta yang mayoritas penduduknya etnis Cina. langsung segala FB, Path, IG penuh sama persoalan2 diatas dan kebanyakan berita2 gak penting tapi isinya negatif. berkali2 orang ngerepost ato repath. 

yg dimana kalo menurut gw..

satu, soal Pak Jokowi. kan udah digantiin sama Pak JK, masih nuntut juga Pak Jokowi buat dateng? dan kalo menurut Pak Jokowi ke Soetta lebih penting, bisa jadi kan emang udah janjian. udah di agenda-in jauh2 hari sama berbagai pihak yang terkait di proses pembangunan Soetta3. dikata Pak Jokowi punya-nya yang lagi beraksi damai apah?! nope! Pak Jokowi itu punyanya Indonesia. punyanya 200an juta orang. 

dua, soal Cina. bingung gw, ada apa dengan orang keturunan Cina sih? karena mereka kaya2? laaah, itu mah emang faktor beda rejeki aja keleeeuus. tau gak kenapa orang Cina pada kaya2? karena kebanyakan dari mereka bukan orang pemalas. trus apa karena mayoritas keturunan Cina non-muslim? gw tanya balik, salah emang klo kita beda agama? gara2 satu orang yang salah ucap, apa iya langsung ngecap semua orang Cina itu sama?! btw, mereka itu cuma darahnya aja yang dari Cina.. tapi mah biar gimana, selama mereka berpaspor Indonesia, berarti MEREKA ORANG INDONESIA!!



taglinenya bagus, "tidak bosan kah kita dengan konflik?"


tentang 2.12
alhamdulillah, aksi damai 2.12 bener2 damai. Path, FB dan IG penuh sama pujian2.. tiba2, muncul-lah persoalan Sari Roti. Pak Jokowi yang pas 4.11 dihujatnya kayak apaan tau, tiba2 dipuji dengan segala kebanggaan. jadi bulan lalu, banyak orang yang isi sosmednya ngejelek2in Pak Jokowi.. tiba2 ngasih pujian. ade ape ngana? plin-plan bener! 

trus Sari Roti. pas gw denger berita ini, ketawa gw. kalo bahasa gak lulus sensornya, "duileh.. cetek bener orang2." jadi gara2 pihak Sari Roti ngumumin kalo gak mendukung aksi damai, langsung di boikot gt?! gw kasih tau yaaa, itu bukan alasan yang pantes dijadiin alesan sodara2. istilah mendukung kalo bahasa marketingnya itu berhubungan sama sponsorship. jadi maksudnya perusahaan Sari Roti gak ngesponsorin aksi damai kemaren. gitoloh maksudnyaaaaa!! 

dan kalo sampe keboikot itu Sari Roti. hmmm, yang kalian lakukan itu........................... jahat!


tentang lain-lainnya
kalo ini yg ngehits hari ini. soal peluk2an antara sodara angkat. again, gw gak ngebahas soal hukumnya apa di mata Islam soal peluk2an ini. tapi yg mau gw tulis adalah tentang beberapa orang yang yang menurut gw gak kompeten komenin soal ini. bilang haram lah, gak tau ajaran agama lah, dsb. gini loh soob, emang situ sama pacar gak gak peluk2an apah?! tangannya udah kemana aja wooy?! 

intinya adalah.. selama lo gak suci2 amat, gimana kalo diem aja?! 


***
kenapa kebanyakan orang seneng ribut di sosmed, beberapa alasannya bisa klik disini

menurut gw, apa yg ditulis ato apa yg direpost di sosmed itu bisa jadi tolak ukur soal kecerdasan emosional seseorang. yang bahasa bekennya, EQ. yang artinya Emotional Quotient, kemampuan seseorang dalam menerima, menilai, mengelola dan mengontrol emosi (perasaan) terhadap informasi yang di terima.

naah, yang seneng jadi one click killer ini lah yang masuk kategori ber-EQ rendah. upps.. sorry to say. bukan gw yg ngomong looh, science yang bilang.. hehe

dari artikel2 yang gw baca, ada beberapa cara buat meningkatkan EQ ;

kenali dan kelola emosi diri sendiri.  jangan malu buat ngakuin kekurangan diri kita. kalo emang pada dasarnya kita penakut atopun pemarah.. ya udah ngaku aja. kalo malu, diperbaiki. cari tau gimana cara biar rasa penakut ato sifat pemarah kita berkurang. 

kalo kata belajarpsikologi.com , punya emosi negatif yang berlebihan gak bisa dibilang baik ato buruk. karena emosi adalah sinyal untuk kita ngelakuin tindakan buat ngatasin penyebab munculnya perasaan tersebut. jadi emosi itu adalah awal. bukan hasil akhir dari sebuah kejadian. 

semakin tinggi EQ lo, semakin mudah jalan lo mengarungi hidup. kemampuan kita mengelola emosi itu semacam pengadilan diri yang paling penting dalam manajemen diri. inget, kita yang mengendalikan emosi.. bukan sebaliknya..

jauhi energi negatif. energi negatif itu bisa dari macem2. dan MENULAR! misal, lo dicurhatin si A kalo si B ini-anu-inu.. tanpa lo sadari lo akan ngeluarin argumen yang sama dan lo akan ikut2an sebel sama si B. padahal si B gak buat jahat ke lo. termasuk, orang2 yg one click killer.. menurut gw mereka adalah penyebar energi negatif. 

banyak2 dan rajinlah mencari tau lebih dalam segala hal. gak susah kok, tinggal tanya mbah google. semakin banyak artikel yang dibaca makin lo bisa tarik benang merahnya. dan saat lo tanya mbah google, buka link2 dari web yang kompeten dibidangnya.

ketemu banyak orang. dengan lo ketemu dengan orang baru, lo akan punya pengalaman tersendiri terhadap orang tersebut. lo akan bisa nilai orang itu berenergi positif ato negatif. lo akan bisa mengenali emosi dari orang itu, dan kemungkinan lo akan bisa ngelola emosi orang tersebut. 

ngenalin emosi orang lain, tanpa lo sadari lo akan menurunkan ego lo. karena lo akan belajar soal konsep 'mengerti dulu sebelum dimengerti'. 

sooo, be smart ya gaiiis..


*kalo ada yang gak sependapat, silakan komen. tp sekali lagi.. jangan jadi one click killer yaa :)

2 comments:

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^