May 27, 2012

thought | UU Pernikahan Republik Indonesia

tau2 beberapa hari yg lalu gw sampe ke blog mbak dian. ada salah satu postingan yg isinya tentang pembahasan UU pernikahan. penasaran sama isi lengkapnya, langsung gw googling! pas gw liat.. total ada 14 bab. jadiiii, UU Pernikahan Republik Indonesia itu umurnya udah 37tahun! yg tanda tangan masih Presiden Soeharto. gw copy aja yaah, bunyi bab 1-nya..


BAB I 
DASAR PERKAWINAN


Pasal 1 
Perkawinan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga atau rumah tangga yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. 


Pasal 2 
(1) Perkawinan adalah sah apabila dilakukan menurut hukum masing-masing agama dan kepercayaannya itu. 
(2) Tiap-tiap perkawinan dicatat menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku. 


Pasal 3 
(1) Pada asasnya seorang pria hanya boleh memiliki seorang isteri. Seorang wanita hanya boleh memiliki seorang suami. 
(2) Pengadilan, dapat memberi izin kepada seorang suami untuk beristeri lebih dari seorang apabila dikendaki oleh pihak-pihak yang bersangkutan. 


Pasal 4 
(1) Dalam hal seorang suami akan beristri lebih dari seorang, sebagaimana tersebut dalam pasal 3 ayat 2 Undang-undang ini, maka ia wajib mengajukan permohonan ke Pengadilan di daerah tempat tinggalnya. 
(2) Pengadilan dimaksud dalam ayat 1 pasal ini hanya memberi izin kepada suami yang akan beristri lebih dari seorang apabila: 
a. istri tidak dapat menjalankan kewajibannya sebagai isteri; 
b. istri mendapat cacat badan atau penyakit yang tidak dapat disembuhkan; 
c. istri tidak dapat melahirkan keturunan. 


Pasal 5 
(1) Untuk dapat mengajukan permohonan ke Pengadilan sebagaimana dimaksud dalam pasal 4 ayat 1 Undang-undang ini harus memenuhi syarat-syarat berikut: 
a. adanya persetujuan dari isteri/isteri-isteri; 
b. adanya kepastian bahwa suami mampu menjamin keperluan-keperluan hidup isteriisteri dan anak-anak mereka. 
c. adanya jaminan bahwa suami akan berlaku adil terhadap isteri-isteri dan anak-anak mereka. 

hhmmm.. gw cuma pingin nyoba sharing pendapat gw tentang UU Pernikahan ini.. yg setuju sm gw silahkan ngacung jempolnya. yg enggak, hihii..kesempurnaan hanya milik Allah kaaan :p 

sebenernya yg gatel pingin gw ngocehin itu yg pasal 3-5. tentang aturan seorang laki2 yang yg mau beristri lebih dr satu. rasanya aturan2 yg dibuat acuannya Al-Quran deh. krn memang di jelaskan hal yg sama di Al-Qquran. 

pengadilan akan memeberi izin suami untuk menikah lagi...bila,

istri tdk menjalankan kewajibannya sebagai istri. rasanya cukup fair. apa lg klo di peratiin jaman skrng emansipasi terhadap perempuan.. jd terlalu emansipasi! its okey sbenernya.. cm aja, masalahnya banyak istri2 yg terbuai. ngerasa bisa cari duit sendiri.. malahan bisa2 gajinya lbh tinggi dr suami. ujung2nya jd sok deh! jd lupa kodrat..

istri mendapat cacat / penyakit yang tidak dapat disembuhkan. gelo.. klo ada suami kayak gini mah serunya di tampol rame2!! gw sendiri jg belum pernah nemuin versi kisah nyatanya. 

istri tidak dapat melahirkan keturunan. cm pingin nanya aja.. "emang yg cuma bisa mandul perempuan doang yah?" kok rasanya gak adil aja klo kalimat ini cuma nulis 'istri'

hmm.. gw pribadi, kalau sampe Avin ngasih pertanyaan stupid macem "aku boleh punya istri lg gak?" gw bakal bilang "bunuh gw sekarang....bunuuuh!" hahaha.. ogah amatan gw di madu. emang sii, pernah bbrp kali denger 'bagi istri yg mengizinkan suaminya menikah lagi karna Allah SWT, maka baginya aroma surga sudah tercium' tapi buat gw.. gak ngaruuuh! gw menganut paham kalau pengertian keluarga adalah 1 ayah, 1 ibu dan anak2..

lagian.. gemes aja gw sama laki2 di luar sana yg istrinya banyak. "situ okeee punya istri banyak? sok iye bener.. cih!" untungnya jg di tulis klo mau punya istri lagi mesti bersikap adil. naaaah.. pertanyaannya.. 'bisa??'

hadeeeh, ngeri euy klo sampe ngalamin yg begini2. yuuuk, temen2 smua.. yg udah merid atopun yg lagi persiapan merid. sama2 berdoa, "semoga pernikahan kita smua adalah pernikahan yg di ridhoi dan di berkahi Allah SWT.. amieen"

3 comments:

  1. Ica! Salam kenal, aku tia... bride-wannabe juga bulan September besok >,<

    good luck yahh!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. halooo tia..

      whaaa..september jg?! hmm..pasti kita punya perasaan yg sama skrng. sama2 pingin ngudahin semua kerempongan ini!! hihihiii :p

      goodluck jg buat-muu :)

      Delete
  2. setuju! :)) btw sukses ya acara weddingnya,, udah bentar lagi kan,, ayo-ayo semangatttt

    ReplyDelete

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^