November 25, 2014

thought | Ayo.. Jadi Orangtua yg Asyiik!

weekend kemarin, temen gw.. Anne dateng ke seminar parenting di daerah bintaro. lalu dy sharing di notes group. pas gw baca, dalem hati slalu ngomong "oh iya..bener juga ya" di hampir tiap poin-nya. menurut gw sih ini penting buat calon orangtua n yg udah jd orangtua.. n gak ada kata terlambat. btw, gw jg udah ijin sama Anne kok buat masukin ke blog gw..

----------------------------
Program Kelas Pengasuhan Anak 22-23 nov 2014


by. Bpk Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhari 
 Director of Auladi-Parenting School, Bintaro.



kenapa kita harus belajar tentang pengasuhan anak?
Allah memerintahkan kita u/ terus belajar
Zaman ; zaman udah berubah, dulu akses informasi terbatas.. skrng informasi bisa di dpt dimn saja
Agar anak bahagia

kenapa orangtua sering emosi menghadapi anak?
-- karna orang tua yg bersangkutan gak punya ilmu

kenapa anak berperilaku buruk?
-- krn beda pola asuh

kenapa anak menjadi beban?
-- karena kita gak bersama anak. hanya di dekat anak.


PR buat kita sebagai orangtua/calon orangtua ;
Insha Allah mulai hari ini saya bersungguh-sungguh menjadi orang tua betulan, bukan orang tua kebetulan. orangtua kebetulan maksudnya, mengemban tanggung jawab menjadi orang tua yaaa krn emng kebeneran aja sama Allah di kasih anak. ibarat kata, yg penting gw udah nyekolahin, udah kasih makan, dll.

Insha Allah mulai hari ini saya akan membebaskan hidup anak saya demi kebahagiaan mereka sepanjang tdk merugikan orang lain (membahayakan diri / melanggar hukum). masih banyak roang tua jaman skrng yg memaksakan kehendaknya ke anak. contoh simple, saat berargumen masih ada aja kok orangtua yg bilang "nurut apa kata mama (papa), nanti kamu pasti bahagia". udah saatnya lah orangtua mengganti kalimat "mama tau apa yg terbaik buat kamu" jadi "kamu yg tau apa yg terbaik buat kamu"

Insha Allah mulai hari ini saya bersungguh-sungguh sekuat tenaga u/ mendampingi anak saya setiap hari. gak 24jam juga, cuma.. seenggaknya dl 1 hari ada at least 1/2jam duduk bareng, ngobrol2, berhahahihi. secapek2nya orangtua kerja, si anak punya hak kok buat minta perhatian orangtuanya..

Insha Allah mulai hari ini saya mengutamakan kebenaran, bukan usia. dan pantang bagi saya u/ membanding2kan anak saya dengan orang lain, walau saudaranya sekalipun. naaaah, yg ini pasti kebanyakan orang pernah ngalamin hal ini. dibanding2in. termasuk gw! misalnyapun ngebanding2in buat tujuan positif -motivasi biar rajin belajar- tetep aja salah mnrt gw. ada banyak cara kok ngemotivasiin anak biar lebih baik.

Insha Allah mulai hari ini saya tidak akan mengatakan kalimat negatif tentang anak saya di depan anak saya dan orang lain. misal, si anak lg cranky gak mau makan. trus kita bilang ke anak "kamu nakal yaa..." ati2 ibuk2 bapak2, tanpa kita sadari itu menjadi label. kalau kita melabeli anak kita, anak nakal. nanti dy akan menjadi nakal. kalau kata si pembicara, isilah toples sesuai dgn labelnya. masak iya, urusan gak mau makan di bilang nakal..?!

Insha Allah mulai hari ini saya tidak akan pernah berbohong, ingkar janji pd anak.. sebaik apapun tujuannya. jangan sampe si anak sampai gak percaya sama orangtuanya sendiri.

Insha Allah mulai hari ini saya akan sedikit berbicara n banyak bertindak saat anak saya berlebihan. yaitu membuat batasan n konsekwensi yg jelas. misal, si anak lg rewel minta sesuatu, kalau memang itu useless..jangan di belikan. kalau sampe nangis, cuekin aja. nanti kalau dy sudah tenang baru di beri pengertian. ada baiknya kok kita memberi suatu buat anak kita yg sewajarnya. biar si anak.. ya jadi anak. kita gak boleh lembek jd orangtua, jangan dikit2 dibeliin apapun yg mrk mau. salah2 nanti si anak bakalan kesusahan sendiri. inget, kita gak bakalan selamanya ada di samping mrk..

Insha Allah mulai hari ini saya akan mengungkapkan perasaan positif yg saya rasakan pd anak saya di depannya. misal, saat anak yg biasanya susah makan.. tiba2 hari ini makannya lahap sampai habis. lalu kita bilang ke si anak, "anak mama pinter sekali makannya. semuanya habis.." yup..sesimple itu..

Insha Allah mulai hari ini saya akan melatih diri saya menjadi tempat curhat yg terbaik yg dipilih oleh anak saya. caranya ; mengajak anak bicara soal sepele sebelum yg serius. mengajak anak berbicara pd saat tdk bermasalah sebelum yg bermasalah. gak pernah memasukan nasehat sebelum mengeluarkan isi pikiran n perasaan anak. n memberikan nasehat saat sudah tenang.

----------------------------

dr smua poin di atas, poin terakhir yg menurut gw paling harus dirubah sama orangtua2 jaman skrng. banyak orangtua yg gak mau denger apa yg ada di benak anaknya. orangtua taunya benar ato salah. titik. anaknya jd gak terbiasa mengutarakan pendapat n bisa jd malah gak bisa mengutarakan pendapatnya. salah2 smuanya di pendem. salah2 bisa jd bom waktu buat si anak..

bbrp bulan lalu, pas gw lagi makan siang di daerah tebet. tau2 ada suara teriakan bapak2 "DIIAAAAMM..!!" kaget gw, lagi makan enak2 juga. pas gw nengok ternyata si bapak itu lg neriakin anaknya (skitar 5-7thn) di depan mobilnya -lagi parkir-. anaknya masih gak berenti nangis juga. akhirnya su bapak naik ke mobil, tinggalin anaknya sendirian di liatin orang segitu banyaknya. gak lama ada anak perempuan kluar dr mobil n nenangin itu bocah.

itu bapak hari itu di sumpah serapah orang2 se-tebet kali. pas mata gw keliling liatin orang2 skitar, alisnya lg pd naik sebelah n bibirnya berubah pose jd bibir nyinyir. kalau udah gini, kita gak apa2 toh?! tp sebenernya gw kasian sama itu orang, seumur hidupnya gak bakalan pernah deket pasti sama anaknya..

maunya.. niatnya.. nanti kalo udah punya anak, gw mau jd orangtua yg asik! ngemol bareng, ngecafe bareng, dll. makannya gw salin isi seminar ini ke blog. buat self-reminder gw n uud jg. gw banyak pakai kalimat 'orangtua jaman sekarang' yg sebenernya gw adalah produk orangtua jaman skarang. gw gak bilang kalau didikan orangtua gw salah. tp nanti, pas gw udah dikasih kpercayaan sama Allah buat punya keturunan, insha allah gw mau ngedidik dengan cara gw yg mudah2an tetep megang prinsip2 di atas..


mudah2an postingan gw kali ini bermanfaat yaaa..
ciaao bella ^^

1 comment:

  1. info yang bermanfaat bu, salam perkenalan ya ^_^

    ReplyDelete

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^