July 6, 2013

thought | Isepp Teruuuss...

rokok.

seumur2 gw gak pernah penasaran sama yg namanya ngerokok. keluarga inti gw, gak ada yg ngerokok.. *tp gak tau jg niih adek gw gmn?!* tp sejak kuliah gw emang hidup di lingkungan perokok. gak di kampus, di mol, di angkutan umum dan mungkin gw udah masuk sebagai perokok pasif yg aktif. 

kesel bgt sama orang2 yg ngerokok dengan kebodohannya. gak punya manner. ngerokok di deket ibu hamil..di depan anak kecil.. di tempat berAC.. di angkutan umum, dst. rasanya pingin gw ambil rokok dr mulutnya trus gw sundut ke mukanya.. 

dulu gw pernah najis-najisin perokok. tp skrang.. gw nikah sama seorang perokok di tambah lagi, kerja di perusahaan rokok. lengkap sudah. gw rasa gw kena kutuk perokok2 yg gw najis2in...! hahahahaa..

dr jaman kuliah gw punya beberapa deskripsi perokok.. 
  • bego. 
  • bau.
  • boros. 
yg dr smua itu gak perlu lagi di jelasin kenapa. iya kan?!

si Uud. 

kenapa Uud? karna dy masih jd perokok. emang gak tau pas masih pacaran? tau kok. dr jaman pacara udah gw kasih tau ke uud klo gw gak suka perokok. dulu gw suka kasih reward klo Uud bs tahan ngerokok cuma 3 batang sehari. sampe akhirnya dy janji buat stop dr sejak lamaran. 

gagal. janji di reschedule jadi stop ngerokok sejak nikah. dan ternyata gagal lagi. 

gw gak pernah nge-gep-in pas Uud ngerokok. krn emang dy sengaja.. ibarat kata, klo sakit gak mau ngajak2 gituu. tp gw sering nerima barang bukti klo dy abis ngerokok. temuin rokok di mobil, di motor, di tas sepeda, dan yg paling2 adalah gw temuin di depan pager. 

jadi pas kita mau pergi, gw tutup pager..gak sengaja liat bungkus rokoknya Uud. pikir gw, mana mungkin ada pemulung rokoknya Marlboro Menthol?! lingkungan rumah gw jg udah pada manula.. klo yg menthol2 mah gak masuk ke mulut mereka. pas gw kasih liat barbuknya.. dy cuma cengengesan -__-

gw masih toleransi klo Uud ngerokok karna stress di kantor. walaupun gak masuk akal buat gw.. tp ya sudahlaah. naaaaah, klo ngerokok abis olah raga?? ini mah bener2 deh. abis buang racun.. dimasukin racun lagi. gw sempet bilang "klo ketauan lagi Uud ngerokok abis sepedahan.. gak boleh lagi yaa sepedahan" dy protes. "kok gt, yg di larang bukan aktifitasnya (sepedahannya) tapi orangnya.." trus gw bilang "kn orangnya gak mau di larang.." trus orangnya kabur...


***
mungkin gw agak keras kali yah menanggapi rokok. apa lg suami sendiri yg ngerokok. efek terburuk yg ada di kepala gw itu..sakit di organ2 vital yg ujungnya bs mokat. yaaaa emang, soal mati kita gak ada yg tau. tp apa salahnya kita menantisipasi dr awal? kesehatan itu numero uno sodara2. udah di kasih gratis jadi orang sehat...malah milih sakit, yg bayarnya mahal..

berarti tambah lagi deskripsi gw : 
gak bersyukur sama Allah. 


dan pagi ini, gw berjanji sama diri sendiri.. klo gw gak bakal lagi ngelarang2 uud ngerokok. capek. toh gw yakin kok klo dy tau efek2 buruk dr rokok. yaaaa, cuma aja blm ngerasain..

love you Uud, tp Nde tetep menanti....

---

buat yg ngerokok (kecuali Uud), jgn tersinggung yaa :)
posting ini hanya suara hati perokok pasif yg ingin di dengar dan di pertimbangkan aja kok..


7 comments:

  1. dulu gw pernah najis-najisin perokok. tp skrang....gw nikah sama perokok di tambah lagi, kerja di perusahaan rokok. lengkap sudah. gw rasa gw kena kutuk perokok2 yg gw najisin...! hahahahaaa *ngook

    Ini semacam ketulah sama omongan sendiri yaa Cha! Hahaha..

    Dulu, gue juga bilang gini, "Gue gak akan mau punya suami pilot atau pelaut." Nyatanya, suamiku adalah pelaut. Eng ing eng! *mingkem*

    Btw, bahas soal perokok. Memang susah Cha.. Mereka juga sudah tahu konsekuensinya dari merokok apaan. So, sampe berbusa mulut kita koar2 kasitau juga masuk kiri keluar kanan saja. Mending hajar doa saja. Supaya Allah yg menyadarkan dan membuka pintu hati para perokok :)

    ReplyDelete
  2. setuju din, hajar doa!
    drpd ngomong macem2 (karna kesel)..ngeri yg enggak2 bakal kesampean..

    ReplyDelete
  3. Suami gw jg sama kok Ca.
    Gw udah tau banget ga bakal bisa dilarang dri jaman pacaranpun ga pernah larang. Kl dilarang pasti maling dan buat gw lebih sakit hati nge-gap nya drpd "tau-in" dia ngerokok.

    Tapi ya commit:
    1. Ga boleh ngerokok di dalam rumah
    2. Ga boleh grepe2 kl bau rokok
    3. Ga boleh deket2 anak kl bau rokok
    4. Intinya : Gw ga boleh cium bau rokok dia
    Alhasil, gara2 ginian, suami gw rajin banget mandi (aslik, bisa 4 kali sehari, tiap abis ngerokok pasti mandi hahahhaa). Daannn kl mau cium gw, bisa gw suruh 3 kali bolak balik gosok gigi + mouthwash HAHAHA

    Anyway, makin kesini, makin tua, laki gw 32 thn btw, dia makin sadar kesehatan. Makin jaga makan, termasuk ngontrol konsumsi rokoknya. Jadi yah eventually pasti berhenti kok. Mudah2an bukan pas masuk liang kubur ya *knockknockonwood*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, pesis! gak boleh deket2 klo bau rokok.

      nanyak jg yeee, yg senasib sama gw. yuk ah, kirim Al-Fatehah buat suami2 kita..biar setannya ilang...trus brenti ngerokok! hehehee

      Delete
  4. Huhuhu I feel you Caaaa.
    Dulu gw paling benci rokok karena bokap gw perokok berat. You know what, gw ketulah banget karena gw sempet jadi perokok sekitar setahunan - meskipun akhirnya berhenti.
    Dan orang yang pernah ngerokok (kayak gw) itu justru lebih sensitif sama bau rokok. Jadi sekarang kalo suami gw abis ngerokok, wajib sikat gigi, cuci kaki tangan, kalo perlu mandi dan keramas sekalian, ganti baju, baru deh boleh deket-deket.
    Semoga para suami ini cepat sadar yaa *AMIN*

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiiien. mudah2an cepet di kasih hidayah! hihiii

      btw, gw br tau klo lo udah hamil...congrats yaa ndied. insya allah sehat terus buat lo n baby di perut :) :) trus, lo hamil..suami gmn? msh tetep ngerokok jg kah?

      Delete
    2. Iya makasih caaa, kudoakan lekas menyusul yaa
      *injek kakinya dari jauh

      Gw hamil? Suami nggak terketuk tuh hatinya, masih ngerokok ajeh. zzz. Cuma agak berkurang frekuensinya (mungkin karena bulan puasa juga ya, jadi dia kan cuma ngerokok abis buka). Dia memang nggak pernah ngerokok kalau ada gw juga, selalu jauh2.

      Udah banyak yang bawelin sih, terutama nyokap dan tante2 gw hehehe. Liat aja nanti kalau anaknya udah lahir, dia nggak bakal gw bolehin pegang anak kalo belum mandi + keramas abis ngerokok. Lama2 juga kapok sendiri dia. *semoga*

      Delete

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^