January 14, 2016

tips | Mau Tinggal Lama di Bali?

beberapa waktu lalu, seorang temen bilang kalo kemungkinan dia dan istrinya akan pindah ke Bali. dan gw dengan sotoynya.. walau baru setaun kurang beberapa minggu jadi orang Bali pingin share hal penting yg musti diperatiin dan dipertimbangin klo emang mau long stay di Bali..


tinggal dimana?

yg pertama, tentuin dulu.. BUGDETnya! urusan tinggal di Bali, macem di Jakarta. lokasi menentukan harga. klo lo mau tinggal di daerah femes macam Kuta dkk, lo bakal di kasih harga yg fantastik sama yg punya rumah. bisa jadi biaya ngontrak rumah staun bisa dapet 1 mobil kece. kalo mau yg sedeng, didaerah Jimbaran ato di Denpasar yg harga sewanya gak terlalu bikin sakit kepala.

buat pemilihan lokasi, soal jarak klo menurut gw sih jangan terlalu dipusingin. kenapa? karena ini Bali, bukan Jakarta! apalagi yg mentalnya masih mental Jakarta, kemana2 rasanya deket2 aja karena gak macet, buat gw nyetir di Bali itu.. jauh di jarak dekat di waktu. kalo macetpun, gak seyahud Jakarta yang waktu tempuh Sudirman - Bekasi kayak Jakarta - Bandung - Jakarta dan cuma dibulan2 tertentu aja. 

tp soal ada apa didaerah yg bersangkutanlah yg mesti dipikirin. misal ; lokasi masjid, sekolah, rumah sakit, swalayan, tempat makan dll. 

yg kedua, maunya tinggal di RUMAH apa KOSAN? terus maunya rumah ato kosan yg gimana? fasilitas lengkap banget, lengkap aja apa yg enggak lengkap. ga dikit kok kosan disini yg nyediain kolam renang dan gym. tp klo milih kosan, jangan lupa pertimbangin kebutuhan parkirnya. gak dikit juga kosan yg kasih space parkir gak sebanding sama jumlah pintu. 

pas milih tempat tinggal, jangan asal cup. liat juga gimana pencahayaan dan penghawaannya.  klo bisa cari yg bukaannya cukup, jd cahaya matahari bisa masuk dan ada sirkulasi udara alami yg mengalir.. 

----------
kalo gw dan Uud, waktu itu awalnya cari di daerah Jimbaran. karna Jimbaran emang udah jadi tempat pemukiman. fasilitas lengkap. dr rumah sakit sampe sekolah, ada semua. ada banyak cluster (lama dan baru) atopun komplek pemukiman biasa. cuma aja harganya gak sesuai sama gw dan Uud. rata2 harga sewa tahunan di daerah Jimbaran 35jt-100jt. 

di tambah lagi, beberapa rumah yg kita datengin kurang nyaman buat ditinggalin. kalo kata gw, rumah maksa. maksain kebutuhan di banding kenyaman yg make. di rumah ada grey area, sirkulasi udara gak ngalir dan besaran tiap areanya kecil2. 

sampe akhirnya temen kantornya Uud nyaranin buat cari didaerah Renon, Denpasar. klo kata temen gw, Renon itu Sanur Wannabe.. hahaha. gak pernah macet, pinggirnya bypass, ke pantai cuma 5menit kalo naek mobil, ke Ubud gak sampe 1jam, dan fasilitas lengkap. setelah Uud cari2, akhirnya dapetlah yg bakalan nyaman buat di tinggalin. bisa dibilang kita tinggal di mini cluster dengan 3 paviliun.

sebagai muslim, awalnya gw cari yg gak ada patung2 ato pura kecil untuk tempat ibadat. tp yg begitu jarang banget disini. di carport, tetep ada tempat ibadat di 2 tempat dan ada patung di jalan masuk menuju rumah. setiap 2x seminggu yg punya rumah dateng buat sembahyangin puranya. 

 
ki : pura kecil di sudut gerbang 
ka : patung di jalan masuk menuju paviliun


naik apa?

soal transports, Bali gak ribet kok. taksi banyak, tp sayang banyak yg gak pake argo dan gak ada potokan harga. klo emang yg gak paham bisa jd korban palak. tp kalo emang mau tinggal lama di Bali sih jangan nain taksi. bangkrut! angkutan umum lain juga ada di Bali. pilihannya nain bus, angkot ato kura2 shuttle. 

kalo naek bus, mereka beroperasi cuma di jalan2 besar aja. bentuknya kayak transjakarta tapi kecilan dikit. tarifnya 3500 deh kalo gak salah. misal mau yg gratis naek angkot. tp angkot cuma ada di Denpasar deh kayaknya..  

kalo make kendaraan pribadi kayak mobil dan motor di Bali antara iya iya enggak enggak. klo pake mobil, gak kepanasan.. tp susah dapet parkir di daerah2 tertentu. klo naek motor, body belang tp mau kemana2 dan parkir dimana2 gampang. btw, di Bali udah ada Gojek dan Uber juga, jd pilihan transportasi makin banyak..

----------
kalo gw n Uud kebeneran mobil ikutan di boyong ke Bali buat transportasinya gw disini. gegara nyetir sendiri, gw jadi apal jalan. tp yg bikin hepi, kalo di Jakarta isi bensin seminggu sekali.. kalo disini cukup 2minggu sekali. malah kadang lebih.

cumaaaa, bawa mobil sendiri ato pakai mobil plat non-DK, surat2 mobilnys kudu lengkap. soalnya kalo udah razia, pasti slalu disuruh minggir. dan gosipnya lagi, disini ada aturan batas tilang ke sekian kali mobil yg bersangkutan dideportasi dari Bali.. kalo gak mau di deportasi, mesti mutasi ke DK..    


makan apa?


dulu pas mau kesini hal yg pertama di tanyain bokap adalah "trus nanti makannya gmn?" lah, makan tinggal makan bukan?! hahahaha.. jaman dulu mungkin emang susah buat cari makan yg 'aman' tp skrang udah gampang kok. udah banyak restoran yg berlabel halal ato yang dijual sama muslim. cuma bedanya, masih banyak warung makan disini yg jual masakan halal tapi tetep jual bir.

harga makan di luar, bervariasi. dari yg murah banget sampe yg mahal banget. tp kalo mau yg murah lo cukup keluarin duit 15rb sampe 20rb udah kenyang banget. pilihan lainnya masak sendiri. tentu aja jauh lebih murah, lebih sehat dan lebih yakin kalo kita masak sendiri. kalo masih gak yakin juga, di Bali ada beberapa swalayan jual daging mentah (ayam, kambing ato sapi) kok yg bersersertifikat MUI untuk proses pemotongannya. 

----------
gw sejak pindah ke Bali jarang banget masak ayam. waktu itu pernah sekali2nya bikin ayam balado. tp ternyata Uud komplen. bukan karna masakan gwnya, tapi lebih ke ayamnya yg terlalu besar (dagingnya jd gak manis) walaupun bukan boiler. jadi sejak itu yg gw masak gak jauh dr ikan - udang, ikan - udang. nyari bahan2 ato bumbu2 masakan jg gak susah kok. rasanya sih mau masak apa aja, bahannya tersedia.

1 yg susah di Bali. di bali gw sama sekali gak pernah makan Martabak Manis yg enak. klo mau makan yg enak lagi2 mesti import dulu dari Jakarta.  dan menurut survey gw ; kalo di Jakarta mungkin karna keberagaman masakan dan lidah.. enak banget artinya enak banget.. dan enak artinya enak.. nah kalo di Bali, enak banget artinya enak.. enak artinya biasa aja. 


jadi gimana? berminat tinggal di Bali?

15 comments:

  1. aku maunya liburan yg lama di bali tp gak bokek bokek.....



    *you wish sely..hahhaa

    ReplyDelete
  2. haii mba ica.. tinggal di renon mana nya? rumah ku juga di renon.. di tukad unda :)

    @nyomie

    ReplyDelete
    Replies
    1. hii mba..

      tinggal di Bali juga? gw di tukad badung mba.. aaaah, deket donk niih kita ^^

      Delete
  3. Mba mau tanya mba tinggal di kos atau rumah? Dan di renon Kisaran harga brp per tahun? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tinggal di semacam kosan, tp pavilion gt bentukannya mas. kalau harga saya kurang tau mas kisarannya..

      Delete
  4. Gmn dengan kerja disana?..akhir tahun ini aku mau pindah ke bali mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kerja, sila mas browsing lebih lanjut yaa.. soalnya saya jg gak kerja disini (ngikut suami). tapi seharusnya sih banyak yaa pilihannya..

      Delete
  5. Kos direnon tempatnya mbak brapa ya perbulan. Awal desember aku kerja barista di coffeshop daerah seminyak. Jauh gak ya mbak? Mohon infonya, trims :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya bentuk kosannya pavilion dgn ruangan kayak apt 1kamar gt mas, dan tahunan. di sekitar renon banyak kok kosan studio.. tp saya gak tau biaya sewanya berapa.

      seminyak ke renon palingan sekitar 30-45 menitan mas. lumayan jauh.. dan ada bbrp spot padet menuju seminyak..

      Delete
  6. Okelah mbak, mkasi ya infonya. Membantu sekali :)

    ReplyDelete
  7. Hello mba. Aku berencana tinggal di bali. Boleh ga aku ganggu untuk tny tny ttng bali. Kalo ada line boleh ku minta? Thankyou

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi jugaaa..

      bolehh, tp via email aja yaaa.. :)
      ica.rhmnd@gmail.com

      Delete

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^