January 31, 2016

eat - bali | Warteg ala Bali (part.1)

menurut gw, Bali rasanya jadi salah satu tempat surganya makanan selain Jakarta. mau ala Indonesia, gaya eropa-amerika.. you named it! smuanya ada. inget taun lalu, pas gw mau pindah ke Bali. hampir semua nanya “trus nanti sana makannya gmn?!” jawabannya.. dont worry be happy sodara-sodaraa :))

sebenernya gak ada ‘warteg’ di Bali. sebutan warteg di sini di ganti jadi warung makan “xx”. cuma aja cara mesennya sama kayak di warteg, lauk2 dipajang di etalase, kita yg mau makan tinggal tunjuk. kebanyakan yg jd pengusaha warteg ala2 di Bali adalah orang2 pendatang dr luar Bali. kalaupun ada yg asli Bali, kebanyakan sapi-pink yg jadi menu utamanya.

gw punya list warung makan di Bali, gak banyak sii.. tapi enak dan cukup ngebantu halo tiba2 kangen sama cita rasa Indonesia ;


Nasi Pedas Bu Andika.

kalo ini mah femesnya udah seIndonesia. lokasinya di Kuta. tinggal lurus aja kalo dari bandara. bukanya jg 24jam. yg namanya Bu Andika kayak apa orangnya, gw jg gak paham.. soalnya yang ngelayanin cowok smua.

lauk2nya, sebenernya mirip2 aja kayak kebanyakan warung makan Indonesia di Bali. cuma emang sambelnya yang pedesnya paling nampol. menu favorit gw kalo di Nasi Pedas Bu Andika itu usus ayam crispynya. kadang klo mesen bisa minta ber-ons2. gw sekarang hampir gak pernah lagi makan di tempat. pasti selalu minta bungkus. karna rasanya beda. pedesnya jd lebih merata. gimana gak manteb, nasi panas di ungkep sama sambel (+minyak)..?! 

perporsi, rata2 sekitar Rp 15.000 - Rp 40.000 tergantung dr menu yg di pilih. banyak yg bilang “aaaah, bosen gw Bu Andika..” tp kenyataannya, gak pernah gak rame.. apa lagi pas musim liburan.. kayaknya ke Bali kalo enggak kesini gak afdol..   




Warung KKN.

kalo ini warung makan di dekat rumah gw. tiap jam makan siang parkirannya bisa sampe kemana2. lokasinya di daerah Sanur. kalo dr Kuta kearah bypass.. pas lampu merah yg ada McDnya belok kiri.. aaaah, Warung KKN ini di sebelah kiri. 

lauk yg di sediain yaaaaa, relatif lah yaa. sama2 aja, cuma lebih ngewarteg di banding Bu Andika. kalo dari segi rasa, buat kita yg biasa tinggal di Jakarta.. emang lebih pas di lidah seenggaknya lidah gw :)). harga perporsinya juga mirip2 aja sama warteg lainnya, Rp. 15.000 - Rp. 30.000 tergantung menu yg kita pesen.

klo yg ini yang jual ibu2 jilbaban smua, jd makannya gak pake deg2an.  




sebenernya ada beberapa lagi list warteg-an yg sebelumnya pernah gw datengin ato pingin gw datengin. nanti akan gw update lagi setelah gw foto yaaa :) 

4 comments:

  1. salam kenal mba ica, kmren pas kebali aku pertama kali nyobain nasi peda bu andhika, sambelnya mantaaap bener yaaa....

    you have a nice blog :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi egiyantina, salam knal juga. hehehe.. iyah, pedesnya mayan bikin bibir dower.

      btw, thanks b4 yaa.. enjoy my blog :)

      Delete
  2. Hai Ica... suka baca blognya dr dulu tp baru komen skrg... hahaa..
    gw termasuk yang lumayan sering bolak balik Bali,
    nah kalo gw gatau kenapa nasi bu andika ini ga favorit, tapi yg favorit bgt kalo skrg kesana malah Nasi Ayam Bu OKKY, pasti pernah nyobain juga donk...
    dan enaknya skrg di Bali bisa gojek, pas kmrn tahun baruan disana, karna lg macet galian di sunset road jadi ajah belinya digojekin...

    semoga betah yah di Bali, soalnya kalo suami aku dulu ga betah tinggal di Bali, katanya Bali mah udah buat liburan ajah gausah dijadiin tempat tinggal.. :)

    ReplyDelete
  3. hai Yuni..

    ooh, nasi ayam bu okky. pernah dooonks. tp jarang2an kalo kesana. soalnya menunya cuma 1. bosen kadang2..

    alhamdulillah betah kok disini. gw dan suami malah ngerasa kualitas hidup jadi meningkat di banding di jakarta. malah berencana one day akan bener2 tinggal di Bali.. hihihiii

    ReplyDelete

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^