December 5, 2016

book | Dilan, Milea - The Series by Pidi Baiq

Akhirnya tamat sudah kisah Dilan - Milea. 3 novel-nya udah gw baca semua. Baca 3 novel itu, mood jadi naek turun. Yang pertama bikin hepi, yang kedua bikin kesel dan yang ketiga bikin "hhmmm.. ya ya ya yaa.." hahaha. 



DILAN, DIA DILANKU TAHUN 1990
Gw beli novel Dilan#1 gara-gara temen gw bilang kalo ni novel bikin baper. Padahal tiap ke Gramed selalu liat dan selalu gw cuekin. Abisan kirain macam novel-novel abege lebay norak gitu isinya.

Ternyata enggak!

Alkisah, sebuah SMA di Bandung puluhan tahun yang lalu. Ada cewek benama Milea yang ditaksir sama cowok bandel bernama Dilan. Kata Dilan, "Milea, kamu cantik. Tapi aku belum mencintaimu. Gak tau kalo sore. Tunggu aja..". Trus tau-tau besokannya Milea dapet surat dari Dilan, isinya "Pemberitahuan : Sejak sore kemarin, aku sudah mencintaimu - Dilan."

Dan ceritapun berlanjut tentang gimana anak-anak SMA tahun 90-an bergaul. Dari soal tawuran, urusan geng motor, berantem sama temen sendiri, masuk ruang BP, dll. Oh iya, sama cerita cinta-cintaannya Dilan dan Milea. Termasuk gimana keluarga merespon hubungan mereka.

"Jangan ketawa. Nanti laki-laki itu suka padamu. Ketawamu bagus." -Dilan

Kalo dipikir-pikir siiih.. novel Dilan#1 ini layaknya kebanyakan novel cinta-cintaan remaja gitu. Cuma cara si Penulis mengemas bikin nih novel naik derajatnya.. hahahaha. Gw yang di tahun 1990 masih umur 5 tahun jadi bisa terhanyut dan ngebayangin kira-kira tahun 90an di Bandung seperti apa.

Kalo kata gw, novel Dilan#1 bener-bener hidup. Hahaha, sotoy! Tapi bener. Maksudnya si Penulis bisa banget bikin karakter-karakternya (walau banyak) nempel di kepala. Yang bikin gw suka ketawa, disini Penulis banyak nulis percakapan pake bahasa Sunda. Saat itu gw langsung ngebayangin Mariam Belina ngomong Sunda. Sering kali percakapan-percakapannya gw baca keras-keras sambil ngira-ngira gimana intonasinya.. hihihii.

Gw kelarin novel ini langsung pas sekali buka halaman satu. Dibabat habis. Gw suka sama semua pemilihan kata-katanya si Penulis. Gak ngegombal. Ibaratnya, bukan kata-kata cinta romantis tapi sebenernya romantis.

Gw ngerekomendasiin novel ini buat dibeli. Kenapa? Karna cerita cintanya sederhana. Semacam ngasih tau ke kita juga kalo cinta itu gak harus mahal. Terkesan gak kekinian, tapi justru yang dirinduin. Kalo yang baca cowok, bisa buat nambah ilmu gimana pdkt-in cewek gimana. Kalo cewek, pasti ujung-ujungnya pingin di pdkt-in lagi deh, hihihiii..


DILAN, DIA DILANKU TAHUN 1991
Nah, kalo yang Dilan#2 gw pingin belinya maju - mundur. Beberapa temen dan banyak juga yang bilang kalo Dilan#2 gak seru. Si Milea jadi cengeng dan marah-marah mulu. Tapi, akhirnya gw beli juga.. abisan kan kentang yah?!

Dan ternyata bener! Butuh waktu sebulanan buat gw namatin Dilan#2.

Plot ceritanya tentang gimana kehidupan Dilan-Milea sehabis resmi pacaran bertandatangan materai. Cuma yang ini penuh drama. Masing-masing dari mereka si pemeran utama akhirnya ngeluarin sisi-sisi yang gak pernah ada sebelumnya. Mungkin karena di Dilan#1 kan masih edisi PDKT, jadi yang ditampilin yang lucu-lucu, yang manis-manis dan apapun yang bikin kita senyum-senyum bacanya.

Tapi ada kalimat dari Dilan yang gw suka ;

"Kalau kamu ninggalin aku, itu hak kamu. Asal jangan aku yang ninggalin kamu. Aku takut kamu kecewa." - Dilan

Suka gemes sendiri gw pas baca. Gemes sama Milea! Lebay banget habisan. Sumpah. Nanggepin kebandelan Dilan, lebay. Kalo cemas sama Dilan, lebay. Apa lagi kalo kangen sama Dilan, lebaynya ampuun. Udah gitu abis mutusin, kepingin balikan lagi! Dan si Milea berkali-kali mengatasnamakan 'masih remaja' di novel ini. Tapi tetep aja.. perasaan gw jaman SMA gak gini-gini amatan. 

Di novel kedua ini Dilan gak banyak berubah. Masih suka nyeletuk ala-ala Dilan yang nyebelin tapi romantis. Walau intensitasnya jauuh berkurang. Lebih kelihatan Dilan yang setia kawan dan lebih dewasa dibanding Milea pas ngadepin masalah.

Yaa walau gak dewasa-dewasa amat, soalnya Dilan lebih milih diem nanggepin kelebayan Milea.. gak cerita ke Milea. Jadi banyak hal yang terjadi karena miskomunikasi. 

Ceritanya lebih banyak tentang Milea sih sebenernya di novel yang ini. Yang menurut gw kurang sedep ajah. Cenderung boring malah kalo kata gw. Mood suka ilang tiba-tiba. Pingin diskip baca-nya sayang.. gak di skip bawaannya pingin tidur.. 

Pesen gw, kalo yang pingin Dilan-Milea happy ending mending gak usah dibeli yang Dilan#2-nya. Tapi kalo tetep penasaran siih.. ya udah.


MILEA, SUARA DARI DILAN
Gw nunggu banget nih yang Milea. Soalnya Dilan yang bercerita. Secara dia kan tokoh idola, yang berhasil bikin cewek se-Indonesia baper. Pas beli Milea berharap bakalan banyak celotehannya Dilan yang suka gak di duga. 

Ternyata, isinya serius. 

Cerita tentang proses pas detik-detik mau putus, pas putus sama sehabis putus. Rasanya sih novel Milea ini lebih meluruskan benang benang merah antara Dilan - Melia yang sebelumnya kisut. Semua jawaban dari pertanyaan Milea di Dilan#2 ada disini. Kalo baca ini bakalan makin lebih ngertiin Dilan. Intinya mah, sama-sama masih sayang.. sama-sama merindu.. sama-sama mau. Tapi diem aja. nah, karena pada diem, ujung-ujungnya malah jadi saling salah paham deh. 

Ending dari novel Milea mah gak penting. Toh, smuanya juga pada tau kalo gak happy ending. Cuma, gw suka sama proses 'closing' antara Dilan dan Melia. 

"Dan sekarang yang tetap di dalam diriku adalah kenangan, disanalah kamu selalu. Terima kasih Lia, terima kasih dulu kau pernah mau." - Dilan 

Tapi ada satu yang jadi favorit gw. Setelah berlama-lama ngobrolin semua kesalahpahaman sama Melia, Dilan ke kamar tidur dia bikin puisi buat pacarnya, Cika. Yess it is, Dilan punya pacar baru. Yeaaah, Dilan udah move on!

"Cika, Cikawao. Cika, Cikalong Wetan. Cika, Cikadut Atas. Cika, Cikarang Selatan. Cika, Cikajang Garut. Cika, Cikakak Sukabumi. Cika, Cikao Purwakarta. Cika, Cikamuning. Cika, Cikampek Pantura. Cika, Cikande Serang. Cika, Cikapundung Electronic Centre. Cika, Cikapayang Dago. Cika, Cikawung Pandeglang. Cika ada dimana-mana. Cika juga didalam kepalaku. Cika juga di dalam semua perasaan riang-ku" - Dilan

Endingnya bikin penasaran kan?! Jadi pingin tau banget gw cara Dila pdkt sama Cika. 


*
Baca Dilan-Melia itu ada pelajarannya. Pelajaran gimana cara berhubungan baik dengan sesama manusia. Sama pacar, sama temen dan sama keluarga. Tapi berhubung novel-nya tentang cinta, gw ambil kesimpulan, kalo..

Komunikasi itu penting! Ya keleus pacaran diem aja.. hihihi. Tapi beneran penting. Jangankan pas pacaran, udah nikahpun gak boleh intensitas komunikasi jadi menurun. Malah seharusnya makin meningkat. Secara, pasangan yang kita nikahin kan emang yang jadi pilihan kita buat nemenin kita sampe mati. 

Jadi nih yaaa.. temen-temen yang lagi pacaran, yang tunangan, yang udah nikah, yang katanya kakak-adek dan yang akhirnya temenan aja.. kalo ada yang nyangkut di dada, samperin langsung orangnya! Tanya ato kasih tau dia. Lakuin sendiri, jangan pake perantara. Inget, nasi kalo udah jadi bubur.. gak bisa jadi nasi lagi. Daripada nyesel kan. 

Cinta pertama itu selalu terkenang. Hihi, klo ini gw termasuk golongan orang yang sependapat. Bukan cuma Dilan doang yang ngalamin, banyak orang ngalamin hal yang sama. Termasuk gw, Uud dan orang-orang yang di sekitar gw. Kenapa? Yaa karena mereka yang pertama. Naaah, buat yang jadi bukan cinta pertamanya seseorang.. jangan sedih. Cinta pertama itu cuma buat dikenang aja kok. 

Justru bersyukurlah karena lo menjadi orang terakhir buat dia..


**
Balik ke novel, penulisnya.. Pidi Baiq juara! Selain ceritanya yang real, cara mengemas tiap kalimatnya juga kece. Simple, tapi dalem. Bikin gw bingung.. ini sebenernya Dilan dan Melia kisah nyata apa boongan sih?!

Bener-bener rekomen. *kasih jempol*

3 comments:

  1. Wahh seru jugaaa kayaknya, mau tukeran pinjam sama novel me before you gaaa 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Email saya di choti.afifi@gmail.com

      Delete
    2. hi.. maaf baru balas, gak ngeh ada comment masuk..

      aku udah nonton duluan me before you, jadi gak tertarik buat baca novelnya.. maaf ya :)

      Delete

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^

< > Home
icavin.etc © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.