June 6, 2012

the peacock wedding | KUA, Antara Birokrasi & Duit!

alhamdulillah, urusan KUA gw udah beres. belom beres banget siiih.. baru sampe KUA kecamatan tempat gw tinggal. yang ke KUA Pasar Minggu biar orang WO aja yg ngurus. hehee :) 
hmm.. kali ini gw gak ngepost apa2 yg mesti disiapin ato tata cara ngurus surat nikah. tapi tata cara orang2 kelurahan n KUA melayani kita..

jadi, stelah kita ngurus surat ke RT/RW kan langsung dibawa tuh berkasnya ke Kelurahan. waktu itu gw kasih berkas hari jumat.. karna mrk lama ngetiknya ya udah gw tinggal aja. baru sempet gw ambil tadi pagi. disana berkas yang udah mereka ketik gw cek ulang dan gw tanda tangan. baru deh minta tanda tangan Pak Lurah. nunggu tanda tangan dari Pak Lurah yang terhormat ajah makan waktu setengah jam!! maklum yeee.. pak lurah sibuk!

pas nama gw di panggil, berkas udah di tangan.. si mbak minta duit.. "biaya administrasinya 20rb aja", muka gw langsung brubah dan gw pantengin muka tu mbak. dy langsung sok sibuk. pas gw kasih 20rb, dy kasih gw 2 lembaran kertas kecil bukti zakat Rp.2000 di masing2 kertasnya. gw ambil tu kertas, gw baca (msh berdiri depan tuh mbak). udahannya gw pantengin lagi mukanya. si mbak itu usaha banget biar gak kontak mata sm gw. kebetulan mata gw nangkep ada ibu2 yang lagi liatin gw. akhirnya gw liatin tu ibu, kasih pandangan nge-nye-in dy dan gw melengos.

trus gw ke KUA. yg ini lebih dasyat lagiiiii...

di bagian receptionist berkas2 gw di cek. di liat udah lengkap gw di minta masuk ke ruangan yang isinya cm 3 meja dan ada 2 ibu-ibu disitu. akhirnya gw kasih semua berkas ke salah satu ibu itu dan dy minta gw tunggu di ruang tunggu. sekitar 15 menit kemudian gw di panggil. dy balikin berkas n kasih gw 1 lembar hasil ketikannya. 


oknum : "ini berkasnya udah siap semua, mbak tinggal pas foto aja buat di KUA pasar minggu-nya. biasanya orang2 ganti duit administrasinya 100rb..

gw : "haa?? buat 1 lembar gini doang 100rb??" sambil gw angkat tuh kertas 

oknum : "75rb juga boleh.. seikhlasnya aja.." dengan muka lempengnya 

gw : "hooo gt yaa, saya gak megang duit" kali ini gw liatin tuh ibu dr atas sampe bawah dan gw langsung pergi.


asli, gak tau malu banget minta2 duit kayak gitu. naaah kan, ini yg bikin gw males berurusan sama orang pemerintah. matanya pada ijo klo inget duit. bukan soal duitnya, soal cara mereka yg gak gw suka. memanfaatkan keadaan orang lain buat kepentingan sendiri. MAMAM TUH DUIT! MAMAAAAAMM....!!!!

gw gak mau nulis panjang lebar soal PNS dan kematreannya. nambah2in dosa. doa gw buat mereka, iya merekaaa, para pns pemalak itu.. 'semoga anda semua kenyang! dan selamat menikmati indahnya dunia...!!' 

intinya.... saya kesal. bener2 kesaaaaalll.....!!


*****
mungkin di post gw yang ini gw keliatan sangat benci PNS. keliatan gak fair jg buat PNS yang jalannya lurus lempeng karena gw pukul rata. tp ini emang realitanya bukan?! gak sedikit orang yg ngemaklumin perbuatan mereka atas dasar 'mungkin gaji mrk gak cukup untuk hidupin keluarganya' tp buat gw, yg begini ini bukan hal yang pantes buat dimaklumin..

ini bukan soal duit.. tapi soal cara yg gak bener!

ibu2-bapak2.. ingeeet, rejeki udah ada yg ngatur. kasian anak di rumah di kasih makan dari rizki yg gak berkah. ayolaaaah, gengsi dikit napa sih jadi peminta. jangan jadiin kegiatan 'muka tembok minta jatah' sebagai budaya. malu tauuuk! hari gini bisanya ongkang2 kaki minta duit ke orang2......

buat yg baca blog gw, yang kebetulan kerja di lingkungan pemerintahan dan yang kebetulan jg ada di jalan yg benar.. gw minta maaf dan jangan kesinggung sama tulisan gw. yuuuuk mariiiii, saling ingetin juga ke rekan2 PNS lainnya yang masih hobby ngambil jalan tikus buat kembali ke jalan yg benar. ini ngerugiin semua pihak lhooo....

4 comments:

  1. Xixixixi...seneng baca ini, ngrasa pny tmn yg benci sm PNS model gtu...!! mamammmm tuuuhh duit!!
    hahahaha...eik jg kmren gtu bu pas ngurus srt2 kewong... Emg msti dilabrak kali yahh...! -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo mbak..
      hehe, iya mbaaak..asli ngeselin bgt orang2 itu. sama sekali gak malu mereka minta duit. kasian keluarganya di rumah, di kasih makan sama rizky yg gak berkah..huuft :(

      Delete
  2. ini Lah mangapa seleksi PNS selalu diserbu,
    bahkan yg udah kerja 'bagus' pun rela ganti jabatan.


    duit ny terJAMIN hingga KoiT meeennn..!!!
    apalagi pas msh idup.
    beeuuhh...

    jatah beras hingga pensiun
    assseeiiikkk...

    tepar lah semua cara ajaib yg dibilang para pakar 'finansial freedom'.
    udah paling tepat deh jadi PNS.

    wakakaka
    ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo itu sih pilihan si pns2-nya aja. mau jd orang yg kayak gmn. terjamin sampe koit tp gak ada garansinya di akhirat. ato terjamin n bergaransi sampe akhirat..

      btw, knp gak nampilin nama asli? komenin postingan orang tp kok braninya ngumpet. hahahahahaa...

      Delete

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^