June 19, 2012

the peacock wedding | Pelaminan Minang Asli

jadiiiii.... ini lah hasilnya...

jaman duluuuuu, pelaminan itu kayak semacam simbol kedudukan seseorang. kalau di daerah pesisir pantai, cuma kaum bangsawan yg bisa duduk di pelaminan lengkap. bahasa gampangnya, rakyat biasa tanpa gelar gak mungkin bikin acara yg di lengkapin pelaminan. cuma anak perempuan dari keluarga Siti, Bagindo ato Sutan di Pariaman dan anak perempuan dari keluarga Puti atau Sutan di Kota Padang.

sebenernya macem2 pelaminan itu beda2 di masing-masing wilayah. jadi ternyata, pelaminan yg umum di pakai ato yg biasa kita liat itu pelaminan daerah pesisir. ternyata lagiii, budaya wilayah pesisir Sumatra Barat itu ada campur tangan budaya Cina! 

klo gw, bokap Sungayang, nyokap Padang Panjang dan Avin Lintau. masalahnyaaa, gw gak nemu review komplit tentang pelaminan2 di daerah asal-usul gw dan Avin. nanti aja yaa gw review lg, tanya dulu sama dedengkotnya.. :p 

kalau di pesisir, warna2 dominan yg di pakai itu warna hijau, merah dan kuning. dan fyi, warna2 itu ternyata punya arti sendiri2. hijau ngelambangin 'raja muda', merah ngelambangin 'raja berani' dan kuning ngelambangin 'sebenarnya raja'. naah, tiga warna tadi itu dipersatukan dalam tigo sapilin untuk pengikat limpapeh. limpapeh itu klo di Bahasa Indonesia-in artinya tiang utama rumah tangga. gak ngerti kan?? samaa! *sebenernya gw agak2 gak mudeng soal ini :p*

selain warna, bagian2 pelaminan juga ada artinya..

banta gadang. ini tuh lambang kedudukan seseorang. naaah, kalo aslinya kedudukannya mesti bangsawan.


limpapeh. merupakan tiang yang kokoh yg di balut kain sapilin (merah, hijau, kuning). *nyimbolin apa-nya gw gak tau*


tabir. sebagai simbol pelindung yang menaungi rumah tangga pengantin. ada juga review yang bilang kalo tabir itu simbol keberagaman (kejadian kali yaah..) rumah tangga dan simbol bersatunya dua keluarga besar..

tirai. jumlah macem-macem. paling banyak ada 7 lapis dan diperuntukan buat bangsawan. jadi semakin kecil kedudukannya, semakin kecil jg lapisan tirainya. tirai ini jg sebagai simbol bahwa wanita harus mampu menjaga harkat martabatnya dari gangguan dan godaan pihak luar. kalo bahasa gw-nya, perempuan itu gak boleh sembarangan nerima kedatangan ato pemberian orang asing, mesti cek n ricek dulu gituuuuh..

lida-lida naga. si lida-lida ini di gantung di pelaminan bagian atas pengantin. bahan dasarnya kain tp ada tambahan dekoratif sulaman emas atau kaca-kaca. maksudnya siii.. simbol kebahagiaan, kesejahteraan dan mawas diri. 

banta kopek. bantal-bantal yg di susun di atas kasur dudukan. jumlah susunannya beda-beda, tergantung tingkat kebangsawanan yg punya hajat. 


dan pelaminan itu sendiri dipakai buat bermacam-macam acara adat..

sunatan. si anak (pakai baju adat) yg disunat di dudukin di bagian tengah pelaminan, lengkap dengan crano ketan merah-ketan putih. trus di kelilingi sama ninik-mamak-nya yang bergantian nyuapin ketan. *pertanyaan gw knp warna ketannya merah dan putih?*


malam dara. nama femesnya sih malam bainai. si calon pengantin (lengkap baju adat dan sunting) di dudukin di bagian tengan pelaminan, lengkap dengan cirano pacar untuk di pasang di kuku-kukunya. 


pelepasan calon marapulai. marapulai itu artinya calon pengantin pria. jadiiii, kan klo di Padang yang cowoknya di jemput sama keluarga cewek, sebelum dijemput di adain lah tuh acara pelepasan. acaranya suap2an ketan, pemberian nasihat dan doa. acara selesai si cpp duduk anteng aja di pelaminan nunggu di jemput. *gak kebayang klo avin ada acara ginian -__-!*

pernikahan. kalo untuk pernikahan pelaminan yang digunakan itu versi lengkapnya. yaaaa, pokoknya kayak yang biasa di liat di pernikahan minang laah.. hehehee

kematian. maksudnya menunjukan rasa hormat bagi arwah yg berpulang. tapi dekorasi yang di pake cuma kain tabir dan lida-lida berkaca. trus jenazahnya di taruh di tengahnya deh.. *pantesan pas kakek nenek gw (dr nyokap) meninggal rumah di kasih dekorasi sama Mama Des. ternyata emang budayanya gitu tooh*


well, kurang lebih itu yg gw dapet dari review2 gw soal pelaminan minang versi asli. tp gw gak nemu gambarnya niiih. mbah Google payah! nanti yaaa, gw tanya2 dulu sama Bang Dhanny, gw potoin..trus gw upload, biar informasinya gak nanggung. tunggu update-an selanjutnya yaaa ;)

No comments:

Post a Comment

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^