June 27, 2012

the peacock wedding | Suntiang

td siang gw miting-mitung lagi di kantor Mama Des. sebenernya agendanya buat final-in rundown sebelum technical meeting dan final-in pakaian akad - resepsi. tp soal ini nanti ya gw bahasnya. naaaah, di tengah2 meeting, Ka Dyna nanya gw udah beli majalah weddingku apa belom. gw jawab, "belon" dan buru2lah dy balik ke ruang kantor ambil tu majalah buat gw. dan gw, dengan sedikit paksaan dan ekspresi belaga bego berhasil mendaulat klo tuh majalah jd hak milik.. hahahahaa.

jadiii, majalah Weddingku tradisional edisi juni-agustus 2012 taglinenya "pusako ranah minang" hampir seisi majalah ngomongin gono-gininya penikahan minang. dan alhamdulillah Mama Des sekeluarga yg jd narasumber. kebetulan jugaaa, ada pembahasan singkat soal sungting-suntingan plus gambarnya pula. jadi, gw translate aja ke blog gw, hihihiii

sebenernya di Sumatra Barat sendiri ada banyak macam Suntiang. masing2 Suntiang ngewakilin beberapa daerah. Suntiang Kambang/Suntiang Gadang dari daerah pesisir. Suntiang Pinang Saparak dari daerah Solok Salayo. Suntiang Pinang Bararak dari daerah Koto Nan Godang Payakumbuh. Suntiang Mangkuto dari Sungayang --gw gak nyangka daerah asal bokap gw lumayan femes ternyata. dan kalau bokap tau, bisa2 gw di minta pake yg ini niih--. Suntiang Kipeh dari Kurai Limo Jorong. dan Suntiang Sariantan dari Padang Panjang. *gw gak tau pasti masih ada lagi ato enggak, tp yg pasti sampe skrng informasi yg gw dapet cuma segini*

ada juga yg pakai Tikuluak Tanduak. Tanduak Lilik dari Payakumbuh. Tanduak Balenggek dari Sungayang. Tanduak dr Lintau Buo --yg ini gw gak tau namanya, gw tanya mamanya Uud dulu ya-- dan ada juga Tanduak Kecubung dari Magek. trus ada jg yg hias kepalanya cuma kayak kain yg di singkap (Tengkuluk Talakuang) dari Koto Gadang.

gw jg gak ngerti asal muasal kenapa Suntiang Kambang dari pesisir yg seperti di daulat yg mewakili minangkabau untuk skala nasionalnya. kebanyakan suntiang diawali dengan susunan kembang goyang Bungo Sarunai yg terdiri dari 3-5 deret. lalu ada kembang goyang Bungo Gadang yg jg terdiri dari 3-5 deret. trus di deretan paling atas ada kembang goyang Kote-Kote. lalu di bagian dahi-nya ada laca dan juga ralia di bagian telinga.


ini foto uni pas akad tahun lalu. pakai pakaian adat dan Tikuluak Tanduak dr Lintau Buo. 


Suntiang Gadang 


Pinang Saparak 


Tengkuluk Talakuang 

*tiga foto di atas gw ambil dr majalah weddingku, pake hp pulak.. 
jd maap ya klo warnanya beda2 dikit :p* 


dan pertanyaan-nya adalaaaah "emang gw pake sunting?" dengan lantang gw jawab, "ya iya laaaaah.." alasan pertama, karna emang kemauan gw pribadi. rencana hidup gw, menikah cuma sekali *amiien ya allah* jadii.. seumur hidup, gw pake sunting jg sekali. gw lahir, kecil, besar di jakarta.. gak bisa ngomong Minang dan terakhir ke Sumbar 10 tahun yg lalu.. yaaaa, biar rasanya ke-minang-an gw cuma di darah doang, gw bangga kok jd anak daro *ceilaah*. alasan kedua, gw minang tulen.. Uud jg minang tulen. pas akad, gak pake adat2an. resepsi, pelaminan di modif.. pakaian di modif.. kalo sampe suntiang di modif jugaaaaa. bisa di keroyok rame2 gw!!!

kata orang, Suntiang Minang terkenal akan ke-berat-an-nya. tapi gw gak mau mikirin itu. bisa di bilang, gw terima resikonya. coba deh liat foto ke-2 dr atas, keren kan?! ke-wah-annya ngalahin mahkota ratu inggris sekalipun. ihiiiiy... manteb yeee!

5 comments:

  1. aaaiiihhh icha... kau membuat ku bangga berdarah minang... betulllll !! setujuuu!! ga usah dipikirin keberatannya.. karena aslinyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa........ emang beratttttt hehehhehehee......

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaaa..naaah, gak mau aku pikirin.
      pusingnya jd berasa dr sekarang -__-! tp, ngomong2..emang seberat apa chiie??

      Delete
    2. Awalnya si memang ngga kerasa berat..pas jalan dan masih disambut tari persembahan-pun rasanya masih feel fine aja... tapi setelah mulai menyalami kurang lebih dua puluh tamu, baru mulai berasa....kalo kemaren si beratnya bikin pusing..aku si di depan pelaminan sampe keringet dingin..tapi saya sukses bersandiwara :D
      aaaahhh...semoga kamu lancar jayaaa ya icaaaa :D

      Delete
  2. Mbak, saya izin pake foto2 di postingan ini ya untuk blog saya. Foto-fotonya paling mewakili bentuk macam2 suntiang soalnya. :)

    ReplyDelete
  3. wah,
    boleh ini untuk memperdalam pengetahuan.
    saya berdarah minang asli jadi malu karena tidak mengetahuinya.
    Salam...
    :)

    ReplyDelete

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^